021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

5 Keuntungan Menggeluti Bisnis Pertanian Ala Milenial

bisnis pertanian

Bisnis bagi anak milenial dibidang pertanian

Adanya komoditas seperti usaha pertanian terutama di bidang hidroponik dan kultur jaringan menunjukkkan sedikit peningkatan pertanian di Indonesia.

Namun dibanding dengan perkembangan bidang yang lain pertanian masih cenderung lambat, tentu banyak faktor yang menghambat diantaranya lahan tempat semakin berkurang.

Banyak di beberapa wilayah lahan produktif dijadikan sebagai lahan industri, sehingga lahan pertanian semakin sedikit.

Faktor lain yang menghambat yaitu ditariknya subsidi dan mahalnya pupuk pestisida. Hal tersebut sedikit banyak berpengaruh dengan kondisi pertanian di Indonesia.

Selain itu, jumlah penduduk semakin meningkat dan lahan semakin berkurang seharusnya dapat diimbangi dengan peningkatan pertanian.

Namun pada kenyataanya kondisi pertumbuhan pertanian di Indonesia tidak lebih cepat dengan pertumbuhan penduduk, sehingga hasil pertanian Indonesia mengalami kekurangan pasokan.

Petani anak muda atau kaum milenial memang ada sedikit peningkatan, namun terbatas pada orientasi dibidang pertanian.

Banyak petani yang kebingungan karena anaknya tidak mau menjadi petani, karena harga pupuk dan pestisida yang mahal serta luas lahan yang terbatas jadi dianggap tidak menjanjikan sehingga petani anak muda masih sedikit.

bisnis pertanian1

Kenapa anak muda harus bertani? Karena untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, anak muda harus ikut andil dalam bidang pertanian.

Jika tidak, Indonesia akan mengalami penurunan dan kekurangan pasokan, sehingga untuk memenuhi kebutuhan pangan, Indonesia akan import dari luar negeri.

Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada kemandirian di bidang pertanian dan ketahanan pangan akan melemah, oleh karena itu anak muda harus ikut turun tangan dalam memajukan usaha pertanian.

Peluang usaha dalam bidang pertanian untuk anak muda sebenarnya sangat terbuka lebar, asalkan anak milenial mau ikut andil, kreatif dan inovatif, apalagi jika menggunakan teknologi dibidang pertanian, maka akan sangat membantu perkembangan pertanian.

Misalnya mengembangkan sayuran organik, maka anak muda harus bisa meminimalisir penggunaan bahan kimia seperti pestisida dengan menggunakan teknologi tepat guna, sehingga dapat menghasilkan sayuran yang lebih sehat.

Kemudian jika tidak memiliki lahan yang luas maka anak muda bisa memanfaatkan teknologi hidroponik, keunggulan dari teknologi hidroponik sendiri ini sangat banyak, salah satunya tidak perlu report dalam pemeliharaan tanaman.

Saat ini perkembangan teknologi pertanian sudah mulai menunjukkan peningkatan, namun belum menunjukkan peningkatan yang masif artinya masih sedikit yang menggunakan teknologi tersebut.

Tentunya ini menjadi peluang yang bagus untuk anak-anak muda yang memiliki kemauan dan tekad bertani, memiliki lahan yang cukup, namun tidak ingin repot dalam pemeliharaan pertanian, bisnis ini bisa dijadikan sebagai alternatif.

bisnis pertanian2

Teknologi kultur jaringan pun banyak keunggulannya, yaitu untuk menghasilkan bibit yang unggul, berkualitas dan sehat walaupun dengan waktu yang singkat. Pembibitan dilakukan didalam botol sehingga dapat meminimalisir penggunaan lahan.

Kemudian pemanfaatan teknologi alat-alat mesin pertanian yang efektif dan efisien, untuk saat ini pertanian Indonesia masih di dominasi menggunakan alat tradisional yang bisa dikatakan belum efekif dan efisien.

Anak muda harus mampu berinovasi dalam mengembangkan teknologi pertanian dan mengevaluasi apa saja kekurangan yang dapat diatasi dengan teknologi pertanian saat ini.
Sehingga nantinya pertumbuhan pertanian dapat menjadi lebih baik dan dapat bersaing dengan petani di negara lainnya.

bisnis pertanian3

Peluang bisnis di bidang pertanian

Bisnis tersebut saat ini mulai kembali dilirik karena selain menjanjikan juga dapat menghasilkan keuntungan yang terus berkelanjutan.

Terlebih perkembangan industri saat ini sudah memasuki semua sektor termasuk sektor pertanian, banyak sekali peluang usaha di bidang agro bisnis yang dapat dijadikan sebagai lahan usaha pertanian yang menguntungkan.

Berikut ini ide usaha dalam bidang pertanian yang memiliki prospek keuntungan besar diantaranya:

1. Budidaya sayur dan buah organik

Pola hidup sehat kini mulai menjadi trend, misalnya pemanfaatan buah dan sayuran dalam program diet, makanan kekinian yang terbuat dari bahan sayur dan buah yang dikombinasikan dengan bahan-bahan modern.

Beberapa contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat kini sudah lebih selektif dalam memilih makanan yang sehat untuk konsumsi.

Memulai usaha pertanian ini dapat meraup keuntungan yang sangat menjanjikan, karena permintaan pasar semakin meningkat.

Pasalnya sayur dan buah-buahan organik memiliki nilai jual yang tinggi, Anda bisa menjual secara online maupun di pasar atau supermarket modern.

Walaupun keuntungan harga jual sangat tinggi, namun untuk mengelola pertanian organik Ini membutuhkan ketekunan dan keuletan.

Karena sayur dan buah-buahan ditanam secara alami tanpa pestisida sehingga membuat tanaman harus lebih dijaga agar tidak terserang oleh hama.

2. Pupuk

Permintaan pupuk di pasaran tidak pernah sepi karena pupuk merupakan salah satu kebutuhan utama dalam usaha pertanian, apalagi jika memasuki masa penanaman.

Kementerian Pertanian juga menilai bahwa pupuk merupakan kunci kemajuan pertanian era modern saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupuk dapat menyumbang lebih dari 30% dalam peningkatan produktivitas tanaman.

bisnis pertanian4

3. Alat dan mesin pertanian

Menjadi salah satu distributor atau reseller alat-alat pertanian memiliki peluang yang sangat menjanjikan karena alat-alat mesin pertanian modern di Indonesia penggunanya masih sedikit, hal ini menjadi peluang yang terbuka luas di era sekarang.

Bisnis ini juga tidak kalah menguntungkan, Anda juga bisa menyewakan alat-alat atau mesin pertanian kepada para petani dan pebisnis muda.

4. Bibit tanaman

Penggunaan bibit yang tidak unggul dan tidak memiliki kualitas baik dapat menjadi salah satu penyebab petani gagal panen.

Hal ini bisa menjadi peluang Anda untuk menyediakan aneka bibit tanaman pangan atau varietas hortikultura yang memiliki kualitas yang bagus, dengan begitu petani akan merasa terbantu dengan kualitas bibit yang Anda jual.

5. Wisata agro

Bisnis ini sangat menjanjikan karena memiliki konsep yang baik, dapat dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki budidaya di bidang tanaman hortikultura, tanaman pangan hingga peternakan dan perikanan.

Banyak sekali bisnis agrowisata yang memanfaatkan peluang ini, contohnya agrowisata buah-buahan, pengunjung dapat memetik buah-buah sepuasnya baik untuk disantap atau dibawa pulang.

Selain itu agribisnis di bidang ini juga dijadikan sebagai wadah edukasi masyarakat mengenai tanaman dan buah-buahan.

Agrowisata lainnya yang dapat dijadikan inspirasi seperti menanam padi, memberi makan hewan ternak, menangkap ikan dan lain sebagainya.

6. Tanaman hias

Tanaman hias sangat banyak diminati karena tanaman ini bisa menjadi hiasan di beberapa instansi perkantoran atau perumahan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan indah.

Anda dapat menjual tanaman hias yang masih dalam bentuk bibit maupun sudah di dalam pot, selain untuk dijual tanaman hias juga dapat di sewakan untuk acara-acara tertentu.

bisnis pertanian5

Bisnis pertanian perkotaan

Pertumbuhan penduduk di kota besar semakin bertambah pesat, salah satu penyebabnya karena adanya urbanisasi, hal tersebut membawa konsekuansi bagi ketersediaan pangan yang harus dipenuhi.

Untuk mengatisipasi terputusnya bahan pangan untuk wilayah perkotaan, para ahli merancang model pertanian masa depan yang dapat digunakan di daerah kota.

Model ini dinamakan pertanian perkotaan, bertujuan untuk memperdayakan penduduk perkotaan agar dapat menghasilkan makanan dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan teknologi yang menarik dan efisien.

Pertanian perkotaan ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis yang menguntungkan. Masyarakat dapat memanfaatkan budidaya tanaman perkotaan selain untuk kebutuhan sehari-hari, budidaya ini juga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi.

Tujuan dari pertanian perkotaan yaitu memanfaatkan setiap ruang atau lahan yang dapat digunakan untuk kegiatan pertanian. Budidaya yang dapat dimanfaatkan seperti budidaya hidroponik, aquaponik, verticulture dan wallgarden.

Pertanian perkotaan sebenarnya tidak serumit pertanian dipedesan pada umumnya, karena dengan menggunakan teknologi yang sederhana pertanian perkotaan bisa dilakukan di ruang terbatas dan juga dapat dilakukan oleh siapa saja.

Saat ini pertanian perkotaan terus berkembang tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga namun juga bisa digunakan sebagai bisnis yang sangat menguntungkan.

Kebutuhan pangan tiap tahun meningkat karena adanya pertumbuhan penduduk, untuk itu cara yang digunakan dalam memproduksi tanaman pangan juga harus ditingkatkan.

Berikut ini contoh pengelolaan pertanian perkotaan untuk sayur-sayuran, misalnya dengan lahan 200 meter persegi Anda dapat membuat tiga green house masing-masing seluas 500 meter persegi untuk bertanam sayuran dengan teknologi hidroponik.

Dengan modal 1 miliar Anda bisa mendapatkan omset sekitar 25 juta per bulan, pilih tanaman yang sering dikonsumsi masyarakat seperti kangkung, bayam merah, bayam hijau atau selada.

bisnis pertanian6

Proses produksi dapat dimulai dengan memilih bibit sayuran yang berkualitas kemudian ditanam di rockwoll, setelah itu didiamkan selama 2 minggu, nantinya bibit tersebut dapat tumbuh setinggi 3 atau 4 cm.

Kemudian dipindahkan ke lokasi untuk pembesaran dan ditanam dalam mangkuk kecil yang berisi air dan diletakkan di pipa hidroponik selama 15 hari selanjutnya sayuran siap dipanen.

Setelah dipetik, lakukan penyortiran dan pilih sayuran hasil panen yang bagus dan baik untuk menjaga kualitas sayuran.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menanam menggunakan teknologi hidroponik yaitu menjaga kebersihan air yang digunakan sebagai bahan nutrisi dalam penanaman sayuran hidroponik.

Air yang digunakan tidak boleh mengandung metal berat, agar tanaman yang dihasilkan menjadi sayuran yang sehat, aman dikonsumsi dan mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh manusia.

Kebutuhan pangan di kota besar semakin meningkat selain untuk memenuhi aspek kuantitas masyarakat perkotaan juga memilah dan memilih makanan atau pangan yang berkualitas.  Untuk itu Anda dapat manfaatkan peluang usaha dalam bidang pertanian perkotaan ini.

bisnis pertanian7

Keuntungan bisnis pertanian hidroponik bagi pemula

Hidroponik adalah sistem menanan tanaman dengan memanfaatkan air dan menggantikan tanah sebagai media tanamnya, air digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tanaman.

Berikut ini beberapa keuntungan bisnis pertanian tanaman hidroponik di antaranya :

1. Mudah dikembangkan, hidroponik adalah budidaya tanaman yang mudah dikembangkan karena menggunakan cara yang tidak terlalu rumit, tidak perlu kotor-kotoran ataupun mencangkul tanah.

2. Hemat tempat, hidroponik sendiri dapat dibudidayakan di tempat yang sempit sekalipun, dengan lahan yang tidak luas Anda masih tetap bisa bisnis tanaman hidroponik.

3. Memiliki media yang mudah didapat, Anda dapat manfaatkan benda-benda di sekitar yang sudah tidak terpakai seperti toples, ember dan gelas.

Atau Anda bisa memilih wadah yang transparan untuk lebih memastikan keberadaan lumut dalam tanaman yang dapat mengganggu pertumbuhan.

4. Ketekunan dan ketelatenan, dengan ketekunan dan ketelatenan anda akan mendapatkan berbagai pengalaman dan keuntungan bisnis pertanian yang dapat menunjang kebutuhan serta perekonomian Anda.

Dari penggunaan hidroponik, dengan pemanfaatan tempat yang mudah dan simple akan menambah keinginan anda untuk memulai bisnis pertanian ini.

Keperluan sebagai hiasan juga dapat menjadi salah satu keinginan untuk berbisnis pertanian di bidang tanaman hidroponik, karena hidroponik dapat di tempatkan di mana saja.

5. Hidroponik dapat hidup tanpa pestisida, jika kebutuhan nutrisi tanaman dapat terpenuhi dan dengan menggunakan pengelolaan yang baik maka Anda tidak perlu menggunakan pestisida. Sehingga tidak ada residu pestisida pada pembuangan air nya.

bisnis pertanian8

Cara membuat tanaman hidroponik

Menjadi pebisnis pertanian tanaman hidroponik sangat mudah, namun Anda perlu memperhatikan cara-cara yang tepat agar bisnis berjalan lancar sesuai dengan harapan Anda.

Hal yang paling penting dalam pengeloaan tanaman hidroponik adalah matahari, oksigen, air dan nutrisi. Cara menanam yang tepat juga menjadi salah satu keberhasilan suatu penanaman.

Berbagai tanaman dapat ditanam dengan sistem hidroponik diantaranya bayam, kangkung, selada, pakcoy dan lain sebagainya.

Berikut ini tata cara menanam selada hijau dengan teknik hidroponik. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:

1. Lidi.

2. Benih selada hijau.

3. Wadah.

4. Gergaji besi atau alat pemotong.

5. Rockwool atau media tanam.

6. Netpot.

7. Flanel.

8. Pipa paralon, mini akit apung atau sistem wick.

9. Air.

10. Nutrisi.

Tata cara membuat hidroponik:

1. Potong rockwool berbentuk kotak dadu dengan ukuran 2-3 cm mengunakan gergaji.

2. Lubangi setiap kotak rokwool dengan lidi, dengan cara ditusuk di bagian tengah.

3. Letakkan benih tepat di lubang, caranya ambil lidi dan basahi dengan sedikit air kemudian tempel benih dengan lidi tersebut dan letakkan benih kedalam rockwool, pastikan benih tidak dimasukkan terlalu dalam, agar pertumbuhan tunasnya tidak terhambat.

4. Basahi rockwool, dan tunggu hingga 5 hari.

5. Setelah menunggu hingga tanaman berdaun dua (sekitar 5-6 hari) siapkan laturan nutrisi.

Cara melarutkan nutrisi, biasanya dalam satu kemasan ada 2 nutrisi yaitu stok a dan stok b, larutkan bubuk nutrisi satu persatu dengan takaran air yang sudah ditentukan dalam kemasan kemudian masukkan kedalam botol.

Campur larutan stok a dan stok b, untuk setiap satu liter air masukkan 5 ml stok a dan 5 liter stok b, nutrisi siap dipakai.

6. Setelah tahanam berumur 12 hari atau sudah berdaun 4 maka bibit bisa di pindahkan kedalam pipa, potong rockwool yang sudah berbentuk kotak dan letakkan kedalam netpot yang sudah diberi flanel yang bergungsi sebagai penyerap air.

7. Letakkan net pot ke dalam sistem hidroponik mini akit apung atau sistem wick atau pipa paralon dengan kepekatan nutrisi 600 ppm.

Kepekatan nutrisi dinaikkan menjadi 800 ppm setelah selada berumur 10 hari dalam sistem hidroponik, masa panen selada sekitar 30-40 hari setelah ditanam.

bisnis pertanian9

Bisnis pertanian tanaman cabai

Cabai adalah salah satu komoditas yang sangat penting dan mudah di budidayakan, berbagai varietas cabai seperti cabai keriting dan cabai rawit sangat cocok dengan iklim di Indonesia. Oleh karena itu tanaman satu ini bisa menjadi alternatif untuk bisnis pertanian Anda.

Jika harga cabai di pasar sedang naik maka Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membudidayakan tanaman ini dengan menggunakan lahan yang sempit sekalipun seperti di pekarangan rumah dan kebun.

Masyarakat awam bisa menanam cabai, karena cabai bisa ditanam kapanpun dan dimanapun, cabai bisa ditanam di dataran tinggi, dataran rendah ataupun dataran medium dan juga bisa ditanam di musim hujan maupun musim kemarau.

Jika memiliki lahan yang sempit dan Anda bisa mengatur penanamannya maka Anda bisa memanen cabai setiap hari.

Tata cara menanam cabai

Berikut ini cara menanam cabai hingga cabai siap panen.

1. Rendam benih cabai dalam air panas hal ini berfungsi agar proses perkecambahan berjalan cepat.

2. Siapkan polybag dan masukan benih dengan media tanam yang dapat dibeli di toko tani, masukkan bibit kedalam polybag, tekan perlahan agar benih masuk dalam media tanam.
Selanjutnya siram benih yang sudah ditanam pada pagi atau sore hari.

3. Letakkan polybag pada tempat yang teduh agar proses perkecambahan menjadi efektif, setelah 7 hari maka akan muncul bibit-bibit cabai lakukan perawatan dengan cara menyiram tanaman secara rutin pada pagi dan sore hari.

4. Setelah kurang lebih 20 hari bibit cabai siap dipindahkan ke lahan, tanam cabai pada tanah yang sudah digemburkan.

Kemudain lakukan perawatan secara rutin, lakukan penyemprotan pestisida jika tanaman diserang hama.

5. Kurang lebih setelah 75 hari tanaman cabai akan berbuah dan siap dipanen lakukan teknik pemanenan yang baik agar kualitas cabai tetap terjaga.

Sebaiknya lakukan pemanenan pada pagi hari, petik cabai yang tidak telalu muda atau tidak terlalu tua, kemudian simpan di tempat yang kering dan sejuk.

Bagikan :