021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Inspirasi nama brand clothing

sejarah hak kekayaan intelektual

Inspirasi nama brand clothing kadang kala susah sekali didapatkan. Padahal nama brand salah satu kunci kesuksesan usaha.

Bagaimana usaha clothing line kita bisa sukses jika orang tidak mengenal nama brand atau tidak bisa mengingatnya?.

Nama brand clothing sebaiknya bisa menggambarkan produk pakaian yang kita buat dengan jelas contohnya nama brand Anda adalah Kiddo’s Wear.

Dari nama brand yang Anda pilih tersebut jelas sekali bahwa clothing line berfokus pada pakaian anak dan aksesorisnya.

Inspirasi nama brand clothing unik

Baca : Cara membuat merek

Nama brand clothing sebaiknya juga mampu memberikan gambaran positif pada perusahaan.

Anda tentu tidak ingin orang-orang mengasosiasikan pakaian yang Anda buat dengan hal-hal yang berbau negatif bukan? Inspirasi bisa datang dari mana saja.

Ada yang mendapat ide dari nama tokoh favorit di film, ada yang mendapat inspirasi dari quote favorit, ada yang mendapat inspirasi dari hal-hal yang dilihatnya sepanjang jalan.

Apapun inspirasi nama brand clothing yang Anda dapatkan sebaiknya nama brand tersebut mampu memenuhi kriteria yang disebutkan di paragraf sebelumnya.

Berikut ini beberapa contoh sumber inspirasi nama brand clothing yang mungkin juga bisa menjadi sumber inspirasi Anda:

Tema clothing line

Setiap clothing line sukses selalu berfokus pada satu tema saja misalnya clothing line untuk pakaian olahraga, clothing line anak-anak, clothing line remaja urban, clothing line dewasa metropolitan, dan lain sebagainya.

Dengan memfokuskan pada satu tema, desainer akan lebih mudah merancang pakaian. Perusahaan juga lebih mudah mengorganisir clothing line dan memasarkannya karena target pembeli menjadi jelas.

Misalkan tema clothing line Anda fokus pada baju renang. Baju renang umumnya diasosiasikan dengan kata pantai, laut, air, kolam renang, panas, segar, atau sehat.

Jadi contoh nama brand yang bisa Anda pakai misalnya Breezy Swimsuit, Color Red Swimsuit, Seagreen Swimsuit, dan lain sebagainya.

Slogan clothing line

Biasanya slogan merek dibuat setelah menemukan nama brand yang cocok. Tapi jika inspirasi nama brand tidak kunjung datang, bagaimana kalau caranya dibalik? Jadi Anda membuat slogan perusahaan dulu baru membuat nama brand.

Dari slogan ini kemudian Anda membuat akronim yang cocok dipakai sebagai nama brand. Banyak nama brand dari clothing line perlengkapan olahraga terkemuka yang merupakan akronim dari susunan kata pada slogan perusahaannya.

Inspirasi nama brand clothing

Kamus, majalah, novel, koran

Membuat nama brand yang unik dan menarik mengharuskan Anda untuk memperluas kosa kata bahasa Anda.

Bagaimana Anda bisa membuat nama brand yang bagus jika Anda tidak mengetahui arti di balik nama brand Anda sendiri?.

Inspirasi nama brand clothing bisa diambil dari kamus besar entah itu kamus besar bahasa Indonesia atau kamus besar bahasa asing. Buka juga kamus sinonim untuk semakin menambah kosa kata Anda.

Selain kamus, Anda juga bisa memperluas kosa kata dengan banyak membaca buku, novel, majalah, surat kabar dan juga berita online. Pasti Anda akan menemukan setidaknya satu dua kata yang cocok dengan clothing line Anda.

Brainstorming dengan partner kerja

Sering kali saat satu orang disuruh mencari ide nama, ia tidak berhasil mendapatkan nama yang cocok betapapun kerasnya ia berusaha. Tapi, begitu ia ngobrol dan diskusi dengan orang lain, tiba-tiba saja ide-ide mengalir dengan derasnya.

Hal ini mungkin disebabkan faktor psikologi. Saat sendirian, tekanan untuk bisa menciptakan ide nama begitu besarnya. Orang tersebut akan stress yang malah akan memperparah hambatan inspirasi untuk datang.

Saat ada bantuan orang lain, tekanan dalam pikiran akan mengendur sehingga ide-ide nama akan mengalir dengan lancarnya.

Itulah sebabnya ketika Anda merasa buntu tidak bisa menemukan ide nama brand, cobalah Anda berdiskusi dengan sahabat, keluarga, atau partner kerja.

Mungkin Anda akan menemukan jalan terang dan inspirasi nama brand clothing pun akhirnya datang pada Anda.

Target pembeli

Umumnya inspirasi nama paling mudah didapat begitu Anda menentukan target pembeli clothing line Anda.

Misalnya Young Z untuk pakaian anak-anak hingga remaja berasal dari kata young yang berarti muda, dan Z dari Generasi Z yang merupakan julukan untuk anak-anak yang lahir pada pertengahan tahun 90an hingga tahun 2010.

Salah satu kelebihan menggunakan target pembeli sebagai sumber inspirasi adalah clothing line Anda jadi lebih mudah diidentifikasi.

Orang-orang juga jadi lebih mudah mengasosiasikan brand Anda dengan gaya pakaian tertentu.

Misalkan mereka melihat ada anak remaja memakai pakaian dengan gaya pakaian khas clothing line Anda, mereka langsung bisa menebak bahwa pakaian yang dipakai tersebut merupakan produk perusahaan Anda.

Inspirasi nama brand clothing bagus

Baca : nama kedai dan warung

Tokoh fiksi

Kadang-kadang nama tokoh-tokoh fiksi dalam film, novel, atau komik bisa menjadi sumber inspirasi nama brand clothing yang unik.

Gabungkan nama tokoh fiksi dengan kata sifat maka akan menjadi nama brand clothing line yang eksentrik, unik, dan tidak terpikirkan oleh saingan Anda contohnya Sweet Shizuka untuk nama brand pakaian anak perempuan.

Nama pribadi

Nama pribadi Anda sebagai pencipta clothing line juga bisa menjadi nama brand. Bahkan nama pribadi pada brand mampu memberikan kepribadian, tidak sekedar nama di atas kertas.

Setelah Anda berhasil menemukan inspirasi, jangan lupa cek kembali nama-nama yang sudah Anda dapatkan apakah sudah ada yang memakainya. Pastikan bahwa nama yang Anda tidak menyinggung norma, kebudayaan atau pihak tertentu.

Jangan sampai Anda sudah susah-susah mencari inspirasi nama brand clothing lalu tiba-tiba Anda terlibat masalah hukum karena nama brand yang Anda buat. Apakah Anda masih punya sumber inspirasi nama brand clothing selain yang dicontohkan di atas?

Ide nama brand clothing yang cocok bagi sebuah brand baju mungkin saja terkesan mudah, akan tetapi pengambilan keputusan ketika memilih sebuah nama brand membutuhkan pertimbangan yang benar-benar matang.

Mencari Ide Nama Brand Clothing Terbaik

Seperti halnya nama bagi manusia, nama brand bagi sebuah perusahaan pun sangat penting sebagai identitas sekaligus strategi branding atau produk perusahaan.

Untuk memunculkan ide nama brand clothing terbaik, Anda harus memperhatikan berbagai macam nama brand tertentu yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, berikut ini :

Ide nama brand clothing

Baca : Perpanjangan merek dan pengalihan hak merk

1. Memakai Nama Pendiri

Sebagai pemilik sekaligus pendiri sebuah brand atau perusahaan, Anda dapat memakai nama sendiri, nama istri, nama anak ataupun nama keluarga terdekat Anda sebagai sebuah nama brand.

Namun Anda perlu berhati-hati apabila nama yang Anda gunakan terlalu umum. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan variasi lain untuk membuat nama brand lebih unik.

Apabila nama yang Anda gunakan termasuk nama yang sukar diingat atau bahkan diucapkan orang, sebaiknya pilih nama brand yang lain supaya masyarakat lebih mudah mengingat dan mengenali produk yang Anda jual.

2. Memakai Nama Tempat

Ada beberapa perusahaan dengan brand besar memakai nama tempat untuk dijadikan nama brand produknya sendiri.

Hal tersebut bisa menjadi ciri khas tersendiri baik untuk brand produk tersebut ataupun untuk tempat yang Anda gunakan itu sendiri.

Pemilihan ide nama brand clothing dari nama tempat ini, bisa berasal dari tempat ditemukannya, tempat dikembangkannya, maupun tempat penjualan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Ide nama brand clothing paris

3. Memakai Nama Ilmiah

Anda juga dapat membuat nama yang menarik dari berbagai budaya atau bahasa. Nama tersebut tentu saja sejalan dengan misi dan visi perusahaan Sebab nama brand akan menciptakan sebuah brand image.

Diantara beberapa brand produk yang memakai nama brand ini mempunyai nama yang unik serta sejalan dengan bisnis yang dijalankan oleh brand itu sendiri.

4. Memakai Artificial Names

Brand dengan nama ini sebenarnya tak mempunyai arti khusus. Akan tetapi nama brand atau produk seperti ini umumnya dipilih karena memiliki keunikan tersendiri.

5. Memakai Descriptive Names

Nama brand yang satu ini adalah penjelasan dari aspek kunci atau manfaat produk yang dijual. Seperti perusahaan baju yang menjual aneka macam produk fashion memakai nama brand berupa “Rumah Baju Murah”.

Saat kita atau calon konsumen membaca nama brand ini, tentu akan langsung terbayang produk-produk baju atau clothing yang murah.

Ide nama brand clothing rumahan

Baca : hak kekayaan intelektual

6. Memakai Alpha Numeric

Pemilihan nama brand yang satu ini terkandung unsur angka di dalamnya, baik itu angka berbentuk digit ataupun angka berbentuk tertulis. Anda mungkin kenal beberapa brand yang memakai nama jenis ini.

Tak hanya familiat, pemakaian nama brand ini juga lebih unik walaupun kini sudah banyak perusahaan yang memakainya.

Ide Nama Brand Clothing Inspiratif

Terkadang inspirasi dan usulan nama brand pakaian dapat lebih mudah dicari, akan tetapi ada juga yang sulit mencarinya.

Tak jarang beberapa pendiri usaha terkenal yang memiliki banyak toko, rela membayar jasa konsultan untuk membantu mereka menemukan nama brand usaha yang tepat.

Apalagi bagi Anda yang ingin mendirikan usaha pakaian yang identik menjual kaos-kaos untuk anak muda. Maka brand yang diciptakan haruslah tepat.

Dengan kata lain, tak hanya menarik saja namun juga harus memperhatikan berbagai hal. Seperti nama brand disesuaikan dengan barang atau produk yang ditawarkan, memakai kata-kata yang unik, tetapi juga lebih mudah diingat.

Hal tersebut dikarenakan pangsa pasar yang Anda bidik merupakan kalangan anak muda. Untuk itu, usahakan memilih kata-kata unik yang berbeda dari brand lainnya.

Tak hanya itu saja, Anda juga wajib mempertimbangkan untuk memilih konsep brand yang berkaitan dengan desain, logo, komposisi warna, dan bahan.

Selain menjadi lambing usaha yang ditawarkan, brand juga bisa ditempelkan di setiap produk jualan berbentuk label, walaupun kecil tapi fungsinya sangat besar yakni sebagai pembanding kualitas, media promosi, dan identitas.

Karena itulah harus benar-benar memikirkan pemilihan ide nama brand clothing yang berkualitas.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.