021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Pendaftaran Merek Dagang Beserta Syarat dan Biaya 2022

Pendaftarkan merek dagang

Cara pendaftaran merek dagang dengan mudah dan cepat bersama Konsultan HKI terpercaya Patendo. Berikut ini syarat dan biaya yang diperlukan. Pendaftaran merek dagang usaha Anda memang sebuah keharusan yang memberikan banyak keuntungan. Namun sebelum melakukan pendaftaran merek dagang, sebaiknya Anda melakukan penelusuran merek terlebih dulu.

Apa Itu Penelusuran Merek?

Penelusuran merek adalah proses pemeriksaan awal tentang nama maupun logo dagang, baik itu untuk barang maupun jasa. Hal ini sangat penting dan wajib hukumnya, serta harus dilakukan sejak awal, sebelum pemilik merek melakukan pendaftaran merek ke otoritas terkait.

Kenapa cek status pendaftaran merek itu penting? Hal ini nantinya akan menghindarkan bisnis yang sedang Anda jalankan dari sengketa di masa depan. Sebab hingga saat ini, sudah banyak yang melakukan pendaftaran merek.

Anda perlu memastikan bahwa merek yang Anda ajukan, tidak dimiliki orang lain untuk menghindarkan masalah hukum di kemudian hari. Maka dari itu, pastikan bahwa merek yang akan Anda daftarkan belum pernah terdaftar sebelumnya.

Menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek Patendo adalah keputusan yang paling tepat. Pihak konsultan pendaftaran merek akan dengan senang hati membantu proses pendaftaran merek dari awal hingga selesai apabila merek yang Anda ajukan memang belum terdaftar.

Sedangkan jika ternyata Anda harus mencari merek lain, konsultan pendaftaran merek pun akan memberikan saran dan masukan yang membangun. Bahkan sebelum melakukan pendaftaran merek, pihak konsultan juga akan melakukan analisis merek, yang menunjukkan potensi keberhasilan proses pendaftaran merek usaha Anda.

Pendaftaran Merek Melalui Konsultan HKI

Pendaftaran Merek Melalui Konsultan HKI, Mudah dan Efisien

Anda berencana untuk melakukan pendaftaran merek dalam waktu dekat? Jika begitu, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan HKI. Tidak hanya untuk mendaftar saja, Anda akan mendapatkan segudang manfaat dengan menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek HKI.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan jasa konsultan HKI di antaranya adalah:

1. Melakukan Penelusuran Merek Dagang

Sebelum Anda melakukan pendaftaran merek, pastikan merek tersebut belum pernah terdaftar sebelumnya. Apabila Anda menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek HKI, maka serangkaian proses dari penelusuran hingga pendaftaran merek akan dikerjakan semua oleh mereka.

Bahkan Anda akan mendapatkan analisis persentase kemungkinan merek dagang Anda akan diterima atau ditolak. Tidak hanya untuk penelusuran dan pendaftaran merek, konsultan HKI akan memberikan pendapat profesionalnya sebelum melakukan perpanjangan merek dagang.

2. Ahli dalam Bidangnya

Keuntungan lainnya dengan menggunakan jasa konsultan HKI adalah keahlian dalam bidang terkait dengan pendaftaran merek. Terlepas dari bidang yang menaungi merek dagang Anda, konsultan pendaftaran merek HKI akan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai bidang usaha yang akan Anda daftarkan.

Perlu Anda ingat bahwa pendaftaran merek dagang tidak seperti melakukan pendaftaran hal lain dalam kehidupan sehari-hari. Selain ada serangkaian proses yang harus Anda penuhi dan syarat yang lengkap, pendaftaran merek merupakan suatu hal yang berkaitan dengan hukum.

Maka dari itu, pastikan Anda hanya mempercayakan kepada yang sudah ahli, seperti Patendo.
Ada banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek HKI untuk mengecek merek dagang sebelum mendaftarkan usaha Anda. Selain melakukan pengecekan.

Dengan adanya tenaga profesional, tentu Anda bisa menghindari berbagai kesalahan yang tidak perlu, yang berpotensi menghambat proses pendaftaran merek.

Berikut Syarat Pendaftaran Merek Dagang

Syarat yang perlu Anda siapkan untuk pendaftaran merek adalah sebagai berikut:

1. Label merek yang merepresentasikan usaha Anda.

2. Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa merek adalah milik Anda – bubuhkan materai.

3. Surat Kuasa, apabila Anda akan menyerahkan segala proses kepada konsultan HKI.

Di Mana Pendaftaran Merek Terbaik?

Cara pendaftaran merek Anda menggunakan jasa konsultan HKI Patendo adalah keputusan yang tepat. Tidak hanya mendapatkan pengetahuan terkait pendaftaran merek, konsultan HKI akan menangani proses pendaftaran merek secara benar.

Surat Kuasa Pendaftaran Merek

Surat Pernyataan dan Surat Kuasa Pendaftaran Merek

Selain persyaratan berupa data diri, data perusahaan, dan juga data merek yang akan Anda daftarkan, Anda harus membuat surat pernyataan. Dan apabila Anda akan menggunakan konsultan HKI dalam pendaftaran merek maka Anda juga harus membuat surat kuasa. Bagaimanakah formatnya?

Anda tentu akan mengisi formulir pendaftaran merek dagang, selain mengisi formulir data diri sebagai pemilik merek. Selain itu, Anda juga harus melampirkan surat pernyataan dan surat kuasa apabila mendelegasikan hak dan kewajiban selama pendaftaran merek ke konsultan HKI.

Namun tenang saja karena Anda tidak perlu membuat surat-surat tersebut sendiri, konsultan pendaftaran merek HKI yang Anda tunjuk akan membuatkannya untuk Anda. Nantinya Anda hanya perlu melengkapi label merek sesuai ketentuan.

Maka dari itu, pastikan Anda memilih konsultan pendaftaran merek yang sudah teruji pengalamannya dan punya jam terbang tinggi seperti Patendo. Menunjuk dan memberikan kuasa kepada konsultan HKI terdaftar adalah pilihan tepat. Selain segala keperluan akan diurus oleh profesional, Anda tidak perlu repot-repot menulis sendiri Surat Pernyataan dan Surat Kuasa.

Selain itu, Anda akan mendapatkan pendampingan sejak sebelum melakukan pendaftaran pendaftaran merek hingga menerima pengajuan merek dagang Anda. Di sisi lain, konsultan pendaftaran merek HKI memiliki berbagai keahlian yang akan menguntungkan Anda sepanjang proses pendaftaran merek.

Namun pastikan bahwa Anda hanya mempercayakan proses pendaftaran merek ini kepada konsultan yang berpengalaman seperti Patendo.

Pendaftaran Merek Kian Mudah dengan Jasa Konsultan HKI

Pendaftaran Merek Kian Mudah dengan Jasa Konsultan HKI

Agar merek dagang Anda mendapatkan perlindungan hukum yang jelas, penting sekali untuk mendaftarkannya sesegera mungkin. Namun selain memikirkan bisnis, rupanya proses pendaftaran merek adalah hal berikutnya yang cukup memakan waktu.

Menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek HKI adalah solusi terbaik. Selain akan memberikan pendampingan dan pengarahan yang dirasa perlu, konsultan HKI akan mengurus berbagai dokumen yang harus Anda siapkan. Salah satunya adalah formulir pendaftaran merek.

Tanpa arahan dari konsultan pendaftaran merek HKI rasanya akan lebih repot untuk mengisinya sendiri.
Oleh karena itu, jangan ragu mendelegasikan hak legal Anda untuk melakukan pendaftaran merek kepada konsultan HKI terdaftar.

Alur Proses Permohonan Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek dagang usaha Anda adalah sebuah keharusan untuk berbagai alasan. Namun ada serangkaian syarat dan prosedur yang harus Anda jalankan hingga permohonan pendaftaran merek berhasil.

Tentu saja, Anda juga akan menemukan syarat-syarat yang harus Anda siapkan sebelum melakukan permohonan.

Pendaftaran Merek Baru

Selain cek status pendaftaran merek, ada serangkaian hal lain yang perlu Anda lakukan sebelum finalisasi permohonan pendaftaran merek dagang. Menurut sebagian orang, pendaftaran merek baru secara mandiri tergolong merepotkan. Anda harus menyiapkan beberapa syarat wajib, seperti:

● Dokumen data diri

● Dokumen terkait merek dagang

● Label merek

● Surat Pernyataan bermaterai

Apabila menggunakan jasa pendaftaran merek dari konsultan HKI, maka Anda akan mendapatkan pendampingan sejak awal. Anda hanya perlu membawa data diri dan label merek.

Sisanya, seperti surat kuasa, surat pernyataan, dan formulir pendaftaran merek, akan diurus oleh konsultan pendaftaran merek HKI. Lalu berapa lama proses pendaftaran merek biasanya

memakan waktu? Proses permohonan pendaftaran merek akan selesai dalam waktu 3 hari kerja, Anda akan mendapatkan file bukti bawa merek anda sudah didaftarkan secara resmi ke lembaga pemerintah.

Alur Pendaftaran Merek

Secara umum, berikut ini adalah alur pendaftaran merek usaha Anda. Ini merupakan tata cara pendaftaran secara online.

1. Setelah biaya pendaftaran merek terbayarkan, konsultan HKI akan meminta Anda untuk melengkapi beberapa informasi terkait dengan merek dagang. Pastikan tidak ada yang terlewat dan semua data dengan benar.

2. Kemudian, siapkan dan email ke konsultan pendaftaran merek HKI dokumen-dokumen penting terkait dengan usaha dan merek yang Anda daftarkan. Di tahap ini Anda harus memastikan bahwa format dokumen sesuai dengan yang diminta konsultan pendaftaran merek.

3. Apabila semua dokumen telah terunggah, Anda akan diminta tanda tangan semua dokumen pendaftaran.

4. Proses permohonan pendaftaran merek akan selesai dalam 3 hari kerja.
Biaya pendaftaran merek sebesar Rp 2.800.000 per merek per kelas, jika ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut silahkan email ke cs@patendo.com

Kelebihannya menggunakan konsultan HKI adalah Anda memperoleh asistensi sejak awal akan melakukan pendaftaran merek. Bahkan konsultan akan memberikan saran profesional sebelum pendaftaran merek dagang Anda lakukan.

Oleh karena itu, agar Anda mendapatkan pengalaman yang nyaman dalam menjalankan prosedur pendaftaran merek, menggunakan jasa menggunakan konsultan pendaftaran merek HKI merupakan keputusan yang cermat.

Tips agar Pendaftaran Merek Dagang Berpeluang Diterima

Tips agar Pendaftaran Merek Dagang Berpeluang Diterima

Sebagai aset yang tidak berbentuk, merek dagang harus segera Anda daftarkan.
Lalu bagaimana agar otoritas terkait langsung mengabulkan permohonan pendaftaran merek Anda? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar resiko penolakan bisa diperkecil saat pendaftaran merek.

Bagaimana agar Pendaftaran Merek Diterima?

Menurut Undang-Undang, suatu merek dagang memang harus melewati beberapa indikator dulu agar lolos dan memperoleh perlindungan hukum. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda usahakan agar merek dagang diterima.

Menggunakan Konsultan HKI
Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menunjuk konsultan pendaftaran merek HKI terdaftar. Sebagai profesional yang mumpuni dalam bidangnya, Anda akan mendapatkan pendampingan mulai dari awal.
Bahkan, konsultan pendaftaran merek HKI akan menganalisis kemungkinan lolos tidaknya suatu merek dagang, sehingga Anda bisa mengambil tindakan sebelum terlanjur.

Merek Bukan Milik Masyarakat Luas
Selain perlu melakukan cek merek HKI sebelum pendaftaran merek, Anda juga harus memastikan bahwa merek Anda unik, bukan milik umum. Misalnya, Anda akan menggunakan logo gambar tengkorak dengan tulang menyilang di bawahnya.
Gambar ini tentu tidak akan lolos karena sudah menjadi milik umum sebagai simbol benda berbahaya.

Bebas SARA
Dalam pendaftaran merek, sebaiknya Anda juga tidak mencatut apa-apa yang berbau SARA. Contohnya adalah Anda akan menjual keripik tempe dan menggunakan merek “Batak”. Sudah pasti merek ini akan mengalami penolakan karena menggunakan nama suku.

Belum Terdaftar
Pastikan nama yang Anda ajukan saat pendaftaran merek memang belum pernah terdaftar. Tidak hanya nama, namun juga gambar, susunan warna, dan aspek-aspek lainnya. Tentunya hal semacam ini akan lebih mudah Anda pahami apabila melibatkan jasa konsultan pendaftaran merek HKI.

Melibatkan peran jasa konsultan HKI dalam melakukan pendaftaran merek adalah hal yang tepat. Selain membuat proses pendaftaran merek lebih simpel, Anda pun akan mendapatkan pendampingan dengan kualitas terbaik.

Maka dari itu, jangan ragu untuk menggunakan jasa konsultan pendaftaran merek HKI terdaftar Patendo. Mulai dari penelusuran merek hingga pendaftaran merek, konsultan profesional Patendo akan mendampingi Anda dengan pelayanan sebaik-baiknya.

Keuntungan dan Manfaat Pendaftaran Merek untuk Usaha

Keuntungan dan Manfaat Pendaftaran Merek untuk Usaha

Sebagai pelaku bisnis maupun brand owner, pendaftaran merek merupakan hal yang sangat krusial. Selain untuk branding, pendaftaran merek akan menghindarkan penyalahgunaan dari pihak lain. Tentu Anda sudah sering melihat contoh kasus merek dagang yang dipakai oleh sembarang orang dan kalah di pengadilan. Hal ini pasti sangat merugikan bagi pemilik asli sebuah brand, apalagi setelah membangun merek tersebut sejak lama.

Maka dari itu, artikel ini akan merangkum informasi seputar fungsi pendaftaran merek dan manfaat yang Anda dapatkan dengan melakukan pendaftaran merek.

Keuntungan Pendaftaran Merek Dagang
Perlu Anda ketahui bahwa pendaftaran merek tidak hanya berlaku untuk bisnis yang sudah besar saja. Bahkan apabila Anda berjualan makanan ringan, akan lebih mudah apabila kemasannya sudah bermerek.
Jika tidak, sangat mungkin akan ada produk serupa lainnya yang tentunya menyebabkan kerugian untuk usaha Anda. Maka dari itu, akan lebih baik apabila Anda segera melakukan pendaftaran merek.

Fungsi merek sendiri adalah memperkenalkan dan menceritakan mutu produk maupun jasa yang Anda jual kepada para konsumen. Dengan begitu, konsumen akan lebih mudah membedakan mana produk Anda dan mana produk lain yang hanya ikut-ikutan.

Nah, beberapa manfaat merek yang didaftarkan adalah sebagai berikut.

1. Pembeli lebih tertarik dengan produk dan jasa yang bermerek.

2. Kemungkinan konsumen untuk repurchase lebih besar.

3. Membedakan produk maupun jasa Anda dari kompetitor.

4. Membantu segmentasi pasar.

Pentingnya Pendaftaran Merek
Selain beberapa keuntungan di atas, pendaftaran merek dagang sebenarnya menawarkan manfaat yang lebih mendalam. Salah satu masalah yang masih umum ada di Indonesia adalah plagiarisme, yang mana sangat merugikan pemilik suatu brand.

Dengan melakukan pendaftaran merek, maka Anda bisa meminimalisir kemungkinan penjiplakan di masa depan. Berikut ini adalah manfaat lain yang akan Anda nikmati setelah merek terdaftar.

1. Mendapat Perlindungan Secara Hukum

Hal pertama yang langsung Anda nikmati setelah melakukan pendaftaran merek adalah adanya perlindungan hukum secara jelas. Nantinya apabila ada pihak lain yang meniru atau mengatasnamakan brand Anda, maka bisa langsung Anda laporkan.

Negara pun akan melindungi usaha Anda karena sistem pendaftaran merek adalah first to file. Jadi apabila Anda yang pertama melakukan pendaftaran merek produk maupun jasa tertentu, maka Anda adalah pemiliknya.

Perlindungan hukum tentunya suatu hal yang krusial untuk pemilik perusahaan. Maka dari itu, segera lakukan pendaftaran merek Anda sebelum terlambat.

2. Mencegah Plagiarisme

Salah satu keuntungan pendaftaran merek yaitu untuk mencegah plagiarisme. Seperti penjelasan singkat di awal, saat ini cukup banyak kasus plagiarisme yang terjadi. Apabila Anda sudah lakukan pendaftaran merek maka pihak lain akan pikir-pikir untuk melakukan penjiplakan.

Tidak hanya plagiarisme, pendaftaran merek juga mencegah penggunaan dan pencatutan merek. Lalu bila nantinya ada pihak yang menggunakan brand Anda tanpa izin, maka Anda bisa meminta royalti.
Jika pihak tersebut menolak, tentu saja pemilik merek dagang bisa melanjutkannya ke jalur hukum. Tentu hal semacam ini tidak bisa Anda menggugat tanpa melakukan pendaftaran merek terlebih dahulu.

3. Memberikan Tanda Pengenal

Keberadaan merek yang sudah terdaftar cukup menguntungkan dalam bidang promosi. Selain mengenalkan produk dan jasa yang Anda tawarkan, merek yang terdaftar lebih efisien ketika beriklan.

Bahkan konsumen pun akan mengenali produk Anda dengan sangat mudah. Meskipun nantinya ada produk lain dengan bentuk yang mirip dengan milik Anda, merek menjadi jaminan mutu yang dikenal oleh para konsumen.

4. Pemilik Hak Eksklusif

Anda tentu memahami bahwa merek merupakan bagian aset. Namun aset tersebut memang tidak berwujud. Dengan melakukan pendaftaran merek ke otoritas terkait, maka hak eksklusif atas merek tersebut sah milik Anda. Anda pun dapat menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat komersial dan tidak mengizinkan pihak lain untuk memanfaatkannya.

5. Peluang Bisnis Lebih Besar

Melakukan kerja sama dengan investor dan pihak lainnya tentu akan lebih mudah jika merek telah terdaftar, bukan? Terdaftarnya merek dagang Anda di lembaga yang berwenang akan memperkuat kedudukan usaha Anda di mata hukum.

Di sisi lain, investor umumnya memang hanya tertarik bekerja sama dengan merek-merek yang legalitasnya jelas. Nantinya, Anda pun juga akan lebih mudah untuk mengajukan waralaba, ekspor, dan lain sebagainya.
Maka dari itu, bisa dibilang bahwa pendaftaran merek memberikan manfaat secara hukum dan juga materi.

6. Nilai Aset Perusahaan meningkat

Seperti penjelasan di awal, salah satu kegunaan merek adalah sebagai alat branding. Branding ini akan sulit Anda lakukan apabila merek belum terdaftar di otoritas terkait. Sebaliknya, jika Anda sudah melakukan pendaftaran merek secara resmi maka aset tidak berwujud yang satu ini akan meningkat nilainya.

Dan tentu saja pihak lain tidak dapat menggunakan merek milik Anda untuk berbagai kepentingan, apalagi untuk yang bersifat komersial. Namun sebelum melakukan pendaftaran merek dagang, baik itu berupa nama, gambar, maupun susunan warna, sebaiknya Anda cek merek melalui konsultan pendaftaran merek Patendo untuk menghindari sengketa di masa depan.

Lalu berapa lama proses pendaftaran merek? Menurut yang sudah-sudah, proses ini memakan waktu sekitar satu setengah tahun sampai terbitnya sertifikat terhitung dari tanggal merek didaftarkan. Adapun proses permohonan pendaftaran merek hanya memakan waktu 3 hari setelah dokumen anda lengkapi. Anda akan mendapatkan bukti permohonan pendaftaran merek sehingga merek bisa langsung anda jalankan tanpa harus menunggu sertifikat merek.

Demikian berbagai hal mengenai manfaat pendaftaran merek dagang yang perlu Anda ketahui. Lebih dari apa pun, pendaftaran merek dari bisnis yang sedang Anda jalankan adalah sebuah keharusan. Apabila merek sudah terdaftar, maka akan lebih mudah menghindari kerugian. Silahkan hubungi Patendo agar merek anda segera terlindungi, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.