021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Syarat, Prosedur Pendaftaran Merek Dagang

Syarat, Prosedur Pendaftaran Merek

Syarat Pendaftaran Merek Dagang yang Harus dilengkapi. Dan Bagaimana Prosedur Pendaftaran Merek yang Mudah? Simak disini. Tidak perlu bingung, staff Patendo akan membantu anda dalam melengkapi syarat pendaftaran merek.

Semua syarat pendaftaran merek cukup dikirim melalui email ke cs@patendo.com, silahkan hubungi kami segera. Diantara syarat pendaftaran merek adalah KTP pendaftar jika pendaftar perorangan, NPWP perusahaan dan KTP direktur jika pendaftar perusahaan.

Banyak orang berpikir membuat produk yang baik saja sudah cukup. Padahal, yang tak kalah penting adalah membuat nama atau merek yang sesuai dan mewakili barang tersebut. Apalagi prosedur pendaftaran merek dan syarat pendaftaran merek melalui konsultan HKI juga tergolong sangat mudah dan punya banyak manfaat.

Apa itu Pendaftaran Merek?
Pendaftaran merek merupakan proses untuk membuat merek barang atau jasa Anda menjadi resmi dan berkekuatan hukum. Prosedur pendaftaran merek dan syarat pendaftaran merek dibuat agar merek yang terdaftar benar-benar aman dan tidak menimbulkan sengketa.

Semua syarat pendaftaran merek yang terpenuhi akan menjadi alat bukti yang dapat dipegang oleh pemilik asli sebagai hak atas merek yang terdaftar.

Syarat Pendaftaran Merek

Syarat Pendaftaran Merek

Apa saja syarat pendaftaran merek dan prosedur pendaftaran merek? Syarat pendaftaran merek akan banyak berkaitan dengan dokumen yang terkait perizinan pemerintah.

Syarat pendaftaran merek di Indonesia adalah sebagai berikut:
● Etiket atau label merek yang akan Anda daftarkan.

● Tanda tangan Anda sebagai pemohon.

● KTP Pendaftar jika pendaftar perorangan.

● NPWP Perusahaan dan KTP direktur jika pendaftar perusahaan.

Siapkan semua dokumen syarat pendaftaran merek agar prosedur pendaftaran merek nantinya bisa berjalan dengan lancar.

Biaya Pendaftaran Merek

Sebelum menjalani prosedur pendaftaran merek, pastikan Anda menyiapkan biaya pendaftaran merek sebagai salah satu syarat pendaftaran merek.

Biaya pendaftaran melalui Konsultan HKI Terdaftar Patendo yang perlu Anda siapkan bila berasal dari jalur umum adalah Rp 2.800.000,00 per merek per kelas. Sedangkan untuk pengecekan merek Rp 100.000 per merek per kelas. Pengecekan merek berfungi untuk mengecek apakah merek anda sudah yang yang memiliki atau belum, jika belum maka bisa didaftarkan.

Prosedur Pendaftaran Merek

Prosedur pendaftaran merek dan syarat pendaftaran merek melalui Konsultan HKI Patendo sangat mudah.
Untuk prosedur pendaftaran merek melalui Konsultan HKI Patendo, Anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

● Email ke cs@patendo.com

1. Nama merek yang ingin didaftarkan.

2. Jenis barang/jasa

3. Nama pendaftar

4. Nomer telpon pendaftar

● Langkah awal pengecekan merek proses 2 hari kerja dengan biaya Rp 100.000 per merek per kelas. Jika hasil pengecekan merek masih kosong maka bisa dilanjutkan ke pendaftaran merek dengan membayar biaya sebesar Rp 2.800.000. Nanti anda akan diminta mengisi data pendaftar sebagai syarat pendaftaran merek.

● Setelah mengisi dan melengkapi data serta dokumen syarat pendaftaran merek, maka proses permohonan pendaftaran akan selesai dalam 3 hari setelah data dan dokumen yang diminta sudah diemail.

Prosedur Pendaftaran Merek

Lalu, Berapa Lama Proses Pendaftaran Merek?

Saat ini proses pendaftaran merek sampai merek disetujui butuh waktu untuk validasi dan pengesahan sekitar 1 setengah tahun. Prosedur pendaftaran merek tidak sulit selama Anda sudah melengkapi semua syarat pendaftaran merek.

Pentingnya Pendaftaran Merek

Pendaftaran merek berkaitan dengan perlindungan hukum untuk produk dan usaha Anda. Mendaftarkan merek dagang perlu Anda lakukan agar bisa mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Identitas Produk
Setelah melalui semua prosedur pendaftaran merek, Anda akan mengantongi izin atas nama merek suatu produk. Merek resmi akan menjadi pembeda dengan barang atau jasa lainnya yang mungkin diproduksi oleh orang lain.

Kesulitan terkait identitas produk ini bisa muncul jika Anda tidak memiliki merek resmi. Misalnya, kue dengan merek Annisa yang tidak terdaftar melalui prosedur pendaftaran merek, akan kesulitan jika muncul kue lain yang namanya juga sama.

2. Memiliki Hak Eksklusif
Selanjutnya, manfaat lain adalah memiliki hak eksklusif dari suatu merek. Jika Anda sudah memenuhi semua syarat pendaftaran merek dan pada akhirnya mendapatkan hak atas merek tersebut, maka itu akan menjadi sebuah hak eksklusif.

Tidak ada orang yang bisa mengambil merek Anda, atau menjadikannya merek dari barang mereka, tanpa seizin Anda. Merek sudah aman untuk digunakan untuk berbagai tujuan, baik sosial maupun komersial. Anda juga berhak menuntut apabila ada orang yang menggunakan merek Anda tanpa izin.

3. Memberikan Perlindungan Hukum
Berbagai syarat pendaftaran merek yang ada sangat penting untuk prosedur pendaftaran merek yang akan memberikan perlindungan hukum.

Perlindungan hukum di sini akan berkaitan dengan keamanan penggunaan merek. Anda tidak perlu takut merek Anda akan menyamai merek lain dan menghadapi masalah di masa depan. Syarat pendaftaran merek mewajibkan merek yang akan Anda daftarkan belum ada yang memiliki sebelumnya.

DJKI tidak akan meloloskan merek yang serupa, apalagi sama. Dengan demikian, Anda akan tahu jika ada merek salah satu produk Anda yang ternyata sama dengan milik orang lain yang sudah terdaftar.

4. Meningkatkan Kredibilitas dan Kepercayaan Konsumen
Merek yang sudah terdaftar di DJKI akan cenderung lebih dipercaya oleh konsumen. Ini karena konsumen dapat melacak siapa pemilik suatu merek, dan mendapat jaminan atas mutu barang. Merek juga menjadi penunjuk asal barang atau jasa yang konsumen pakai.

Dengan adanya merek yang sudah melalui seluruh tahapan dalam prosedur pendaftaran merek, Anda dapat membangun reputasi dengan lebih mudah. Merek yang terjaga reputasinya akan lebih mudah dipromosikan dan meningkatkan profit perusahaan.

5. Meningkatkan Peluang Bisnis
Baik UMKM, startup baru, maupun perusahaan besar butuh melewati prosedur pendaftaran merek dan melengkapi syarat pendaftaran merek yang sama. Merek yang tidak terdaftar akan kesulitan mendapatkan kepercayaan dari investor.

Dengan mendaftarkan merek, maka investor akan lebih percaya pada barang atau jasa Anda. Ini akan menjadi peluang bisnis yang baik untuk pengembangan usaha. Selain itu, adanya merek akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi.

Hanya dengan menyebut merek, maka Anda akan bisa memperkenalkan produk dengan lebih baik melalui berbagai iklan. Selain itu, Anda juga dapat melakukan kerjasama dengan perusahaan yang memiliki merek-merek lain.

6. Mencegah Konflik dan Sengketa
Anda tentu pernah mendengar orang berkonflik memperebutkan suatu merek, karena mereka sama-sama menggunakan suatu nama untuk barang/jasanya. Ini bisa saja terjadi bila suatu ketika ada 2 badan usaha yang menggunakan merek yang sama.

Kedua merek tersebut mungkin belum terdaftar, atau hanya salah satunya yang sudah terdaftar dan memenuhi syarat pendaftaran merek. Mendaftarkan merek Anda akan membantu mencegah hal ini terjadi. Di masa depan, sebelum orang membuat nama merek, ia harus memastikan nama tersebut tidak menyamai merek yang telah terdaftar sebelumnya.

Kalaupun ada yang membuat merek tanpa mendaftarkannya, lalu menyamai merek Anda, maka Anda tetap berada pada pihak yang memenangkan sengketa. Pihak yang menggunakan merek lain, meskipun mereka mengaku membuatnya terlebih dahulu, akan tetap kalah di mata hukum.

7. Mengantisipasi Penipuan Pesaing
Selanjutnya yang tak kalah penting, fungsi pendaftaran merek juga berkaitan dengan antisipasi adanya penipuan. Misalnya jika suatu saat nanti ada pesaing Anda yang membuat barang serupa dengan menumpang merek.

Bila ini terjadi, maka Anda dapat mengalami kerugian, terutama bila barang yang meniru merek Anda berkualitas rendah. Ini akan mencemari nama baik barang atau jasa Anda. Anda dapat menuntut pihak tersebut untuk meminta ganti rugi.

Perpanjangan Jangka Waktu Perlindungan Merek Terdaftar

Perpanjangan Jangka Waktu Perlindungan Merek Terdaftar

Setelah melengkapi syarat pendaftaran merek dan melalui semua prosedur pendaftaran merek, maka merek Anda dinyatakan terdaftar. Merek yang terdaftar akan mendapat perlindungan hukum selama 10 tahun.
Apabila merek Anda masih bertahan dan bahkan makin sukses setelah 10 tahun, maka Anda perlu melakukan perpanjangan perlindungan merek.

Syarat pendaftaran merek untuk perpanjangan adalah sebagai berikut:

1. Etiket atau label merek Anda yang ingin diperpanjang.

2. Sertifikat merek yang akan diperpanjang.

3. Surat Kuasa Konsultan HKI Bermaterai (sebagai syarat pendaftaran merek menggunakan jasa konsultan HKI).

4. Surat Pernyataan Penggunaan Merek.

Prosedur pendaftaran merek bersama konsultan HKI Patendo sangat mudah, silahkan hubungi kami segera.
Biaya yang perlu Anda siapkan sebagai syarat pendaftaran merek perpanjangan bergantung pada kapan Anda mengajukan permohonan ini.

Sementara jika permohonan dalam jangka waktu 6 bulan sebelum dan permohonan Anda ajukan maksimal 6 bulan setelah berakhirnya masa perlindungan hukum pada merek, maka biaya untuk syarat pendaftaran merek perpanjangan adalah:

● Umum: Rp 6.000.000 per kelas
Biaya tersebut penting untuk melengkapi syarat pendaftaran merek perpanjangan merek. Adapun syarat pendaftaran merek lainnya adalah menyiapkan identitas pendaftar seperti KTP jika pendaftar perorangan dan NPWP perusahaan dan KTP direktur jika pendaftar perusahaan.

kesalahan dalam pendaftaran merek dagang

Atasi Kendala yang Mungkin Terjadi Pada Prosedur Pendaftaran Merek

Lalu, apakah mungkin prosedur pendaftaran merek mengalami kendala? Jawabannya, mungkin saja. Untuk itu, lakukan beberapa langkah antisipasi berikut ini:
1. Daftarkan merek anda melalui Konsultan HKI Patendo agar tidak ada syarat pendaftaran merek agar terlewatkan.

2. Siapkan semua dokumen syarat pendaftaran merek sebelum memulai pendaftaran.

3. Lakukan pembayaran sebagai syarat pendaftaran merek.

4. Jika permohonan ditolak, Anda akan menerima notifikasi yang menjelaskan alasan penolakan. Apabila alasannya adalah karena ada syarat pendaftaran merek yang belum terpenuhi, maka lengkapi terlebih dahulu.

Apabila ada merek serupa, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan HKI tentang bagaimana cara agar merek Anda tetap aman. Tergantung kasusnya, bisa jadi Anda akan perlu mengubah etiket atau label merek agar memenuhi syarat pendaftaran merek.

Lakukan semua langkah prosedur pendaftaran merek dengan baik agar merek dapat terlindungi secara hukum. Ingat, apabila ada dugaan penyalahgunaan merek, maka pelakunya akan berurusan dengan delik aduan di kepolisian.

Memiliki merek resmi yang terdaftar dan melengkapi syarat pendaftaran merek akan membantu Anda melancarkan bisnis atau usaha. Syarat pendaftaran merek mudah jika anda menghubungi Patendo segera, terima kasih.

Manfaat Pendaftaran Merek Dagang

Bersama Patendo syarat pendaftaran merek dan prosedur pendaftaran merek menjadi lebih mudah dan efisien, segera hubungi kami, terima kasih.

 

 

Bagikan :
There are currently no comments.