021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Strategi Branding

strategi branding

Dalam berbisnis harus dilakukan strategi branding supaya brand Anda dapat dikenal oleh masyarakat. Apabila Anda memiliki brand sendiri, segera daftarkan supaya brand Anda tidak dibajak oleh pihak lain.

Daftarkan brand Anda melalui kami di Patendo. Kami siap melayani Anda. Silahkan hubungi kami via WhatsApp di 081386706312.

Brand yang telah terdaftar akan aman dan dilindungi negara. Untuk itu, segera daftarkan merek atau brand Anda melalui konsultan kami.

Brand adalah logo atau nama perusahaan Anda yang memiliki image atau pandangan orang terhadap perusahaan Anda. Brand adalah sesuatu yang berhubungan dengan produk maupun perusahaan.

Dalam berbisnis diperlukan strategi yang terbaik supaya brand atau merek Anda dikenal oleh masyarakat. Kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai strategi branding.

apa strategi branding itu

Apa itu strategi branding

Brand merupakan nama ataupun identitas untuk produk maupun perusahaan. Adanya brand untuk membedakan produk sejenis lainnya yang diproduksi oleh pebisnis lainnya.

Beberapa orang pasti memilih produk yang akan mereka konsumsi. Dengan adanya branding dapat mengetahui kualitas, jenis atau hal lainnya yang termasuk dalam merek produk tersebut.

Apabila Anda pengusaha baru, Anda juga harus membuat brand, karena produk Anda tidak dapat memasarkan dirinya sendiri. Berikut ini beberapa manfaat dalam membentuk sebuah brand.

1. Menyampaikan nilai produk/jasa Anda

Ketika Anda telah membangun sebuah brand, maka Anda siap untuk menyampaikan pesan yang terkandung dalam produk/jasa yang Anda produksi. Nilai dan pesan dalam produk/jasa yang Anda produksi akan menjadi daya tarik bagi target market Anda.

2. Memberikan identitas produk/jasa Anda

Brand memiliki fungsi sebagai identitas bagi produk/jasa Anda dan untuk membedakan barang sejenis lainnya milik kompetitor. Identitas yang paling mendasar yakni logo desain pada produk/jasa.

3. Membangun kepercayaan dan pemahaman tentang brand Anda

Ada beberapa orang yang telah mencoba produk/jasa Anda dari brand yang Anda buat, maka mereka akan percaya bahwa brand yang Anda buat aman dan juga memahami tentang brand pada produk/jasa yang Anda pasarkan.

4. Menjalin komunikasi dengan pelanggan dan target market

Brand yang Anda pasarkan berarti Anda telah membuka komunikasi bagi target market Anda atau calon pelanggan Anda. Anda juga bisa menyampaikan pesan mengenai produk yang Anda jual.

Adanya brand pada produk Anda dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Selain itu, Anda akan mendapatkan review dari masyarakat mengenai produk yang Anda jual.

5. Mempermudah proses referral

Adanya proses referral adalah untuk memasarkan brand pada produk/jasa Anda secara meluas dan menyeluruh. Hal ini dilakukan oleh konsumen yang telah merasa puas dengan produk Anda.

Untuk itu, ia memberikan referensi pada masyarakat lain untuk membeli produk Anda melalui konsumen yang telah merasa puas menggunakan produk/jasa Anda, ia bisa disebut sebagai referral/makelar.

Strategi branding adalah cara bagaimana mengembangkan sebuah brand pada produk/jasa Anda supaya dapat dipercaya oleh konsumen dan juga dapat dikenal oleh masyarakat lain.

Dalam perkembangan zaman saat ini, banyak para pengusaha yang memasarkan produk/jasanya melalui online/internet. Hal ini disebabkan banyaknya pesaing yang mulai muncul untuk memasarkan produk barang/jasanya.

Apabila Anda memiliki brand pada produk/jasa, segera lakukan strategi merek untuk mempertahankan brand Anda supaya berjangka panjang dan juga untuk membangun image supaya brand Anda tetap bertahan.

strategi branding menurut para ahli

Strategi branding menurut para ahli

Brand dalam istilah bahasa Indonesia adalah merek. Apabila Anda memiliki brand untuk produk yang Anda hasilkan, maka Anda harus mempertahankan supaya brand yang Anda miliki tetap bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Pada persaingan bisnis yang ketat saat ini, Anda harus memiliki strategi produk yang jitu untuk mempertahankan brand Anda.

Apabila Anda belum menemukan bisnis yang pas, maka tentukan jenis bisnis yang akan Anda geluti supaya bisnis tersebut dapat masuk di masa yang akan datang.

Kesuksesan bisnis berdasarkan pada perspektif produk, promosi, harga dan distribusi. Selain itu, bisnis yang sukses juga didukung adanya strategi produk yang jitu. Ada lima strategi merek menurut Kotler (2000) yang dapat digunakan untuk bisnis Anda.

1. Gunakan strategi multi-merek

Anda bisa tambahkan produk yang sama dengan nama merek yang berbeda. Hal tersebut merupakan strategi pemasaran yang dilakukan oleh para pengusaha supaya menarik minat konsumen di berbagai kalangan.

2. Perluasan merek

Strategi yang dilakukan oleh perusahaan sukses adalah dengan cara penyebarluasan merek. Penyebarluasan merek berarti perkembangan merek produk tertentu.

Sebagai contoh merek Dove, dahulu merek Dove hanya dikenal oleh masyarakat sebagai merek sampo saja, namun sekarang Dove meluncurkan berbagai produk seperti sabun mandi, handwash dan kondisioner.
Hal tersebut guna untuk memperluas merek produknya.

3. Luncurkan merek baru

Di sebuah perusahaan tidak ada salahnya bila memproduksi produk dan juga kategori baru, asalkan produk baru tersebut tidak menggunakan merek yang telah ada. Seperti yang dilakukan oleh perusahaan Unilever.

Perusahaan tersebut menggunakan merek Super Pell untuk kategori pembersih dan pewangi lantai, merek Sari Murni digunakan untuk kategori minuman teh dan banyak merek lainnya.

4. Lakukan perluasan lini

Perluasan lini pada merek berarti menambah varian baru pada sebuah produk. Hal tersebut berguna untuk mempertahankan merek produk tertentu dan menambah target pasar di masyarakat.

5. Gunakan merek bersama

Merek bersama berarti menggabungkan antara dua atau lebih merek terkenal dalam penjualan.

jenis jenis strategi branding

Macam-macam strategi branding

Kata brand sangat terdengar familiar di telinga masyarakat. Brand biasanya diasumsikan sebagai merek produk tertentu. Selain itu, brand juga berkaitan dengan logo perusahaan maupun produk barang/jasa.

Ada beberapa jenis strategi yang dapat membangun ekuitas merek pada suatu produk perusahaan. Hal tersebut juga dapat melampaui target pasar Anda dan juga membangun nilai perspektif pelanggan Anda.

Jenis strategi branding produk baru memiliki perbedaan berdasarkan promosi, anggaran dan juga target pasar. Penggunaan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan nilai suatu produk supaya tetap diterima baik oleh masyarakat.

Kami akan menjelaskan beberapa jenis strategi merek supaya produk dapat diterima baik dan dapat membantu bisnis Anda supaya tetap bertahan dan sukses.

1. Branding “tanpa brand”

Sebuah perusahaan sukses mendirikan strategi pemasaran dengan cara memberikan nama perusahaanya dengan nama Muji yang memiliki arti tanpa label. Perusahaan Jepang tersebut berkembang pesat dan sukses.
Hal itu disebabkan perusahaan tersebut memiliki brand yang sederhana dan desain yang generik.

2. Branding individual

Branding individual adalah sebuah perusahaan yang menghasilkan produk yang memiliki kualitas yang baik dan lepas dari perusahaan induk. Dalam strategi tersebut berkaitan dengan pembentukan brand sebagai identitas unik yang mudah dikenali.

3. Label pribadi

Label pribadi maupun branding toko telah banyak muncul di supermarket Indonesia seperti Alfamart, Indomart dan juga Matahari dapat menghasilkan brand hemat biaya bagi masyarakat. Strategi merek ini dilakukan untuk bersaing dengan pengecer produk besar lainnya.

4. Memanfaatkan nama branding

Perusahaan terkenal selalu menggunakan nama brandnya sendiri untuk memperluas produknya. Hal tersebut guna untuk menambah produk yang akan dihasilkannya. Perusahaan dengan brand terkenal pasti dapat dikenali melalui warna, logo maupun slogannya.

Hal ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan terkenal untuk menambah produk tambahan yang menampilkan nama perusahaan tersebut.

5. Perluasan branding

Ketika brand unggulan Anda memasuki pasar baru, katakan pada para konsumen Anda kalau Anda juga memproduksi pakaian, sepatu maupun tas. Hal itu disebut juga dengan perluasan branding.

Nama brand unggulan Anda merupakan identitas dalam berbagai macam produk yang Anda miliki.
Selain itu ada lima penentu strategi merek, yakni:

1. Strategi perluasan merek (brand extension strategy).

2. Strategi merek baru (new brand strategy).

3. Strategi perluasan lini produk (product line extension strategy).

4. Strategi merek bersama (co-branding strategy).

5. Strategi banyak merek (multi brand strategy).

pendekatan strategi branding

Pendekatan strategi branding

Brand merupakan bagian penting dan paling utama untuk sebuah produk. Selain itu, juga brand memiliki sebuah nilai baik di mata masyarakat.

Sebagai contoh, ada 2 snack dengan jenis dan kualitas yang sama, salah satu snack diberi merek, maka masyarakat akan lebih memilih snack yang bermerek.

Hal itu dikarenakan merek memiliki nilai jual yang tinggi. Merek pada sebuah produk akan mendatangkan keuntungan bagi pemilik produk maupun perusahaan. Munculnya merek pada suatu produk, diupayakan untuk diperkenalkan.

Supaya produk yang Anda jual dapat dikenal oleh banyak masyarakat dan juga dapat dipercaya oleh masyarakat. Ada juga beberapa perusahaan memiliki sistem strategi merek untuk memasarkan produknya.

Dengan menggunakan strategi merek, brand milik Anda dapat memperluas jangkauan pemasarannya. Hal tersebut juga dapat menguntungkan perusahaan. Kami akan memberikan beberapa pendekatan strategi merek.

1. Pendekatan pemasaran

Dalam pendekatan ini, Anda selalu mempromosikan produk Anda, supaya calon konsumen percaya pada produk Anda. Hal itu merupakan upaya untuk memperkenalkan produk kepada calon pelanggan.

2. Pendekatan mengenai manajemen

Pada pendekatan ini diperlukan adanya pemahaman tentang pemasaran produk maupun penentuan harga produk.

3. Pendekatan konsultatif

Pendekatan ini berkaitan dengan masyarakat atau calon pelanggan Anda. Pendekatan ini berguna untuk mengetahui permasalahan yang sedang dihadapi oleh konsumen. Selain itu untuk mengetahui apa yang masyarakat butuhkan.

merancang dan menerapkan strategi branding

Merancang dan menerapkan strategi merek

Merek merupakan hal yang penting untuk sebuah perusahaan. Dengan adanya merek, Anda dapat memperkenalkan produk yang Anda jual pada calon pelanggan Anda.

Pastikan produk yang Anda jual berkualitas dan juga dapat diterima baik oleh masyarakat. Dengan strategi branding seperti itu, produk Anda dapat dipercaya konsumen.

Strategi merek memerlukan proses perencanaan strategi produk. Perancangan untuk strategi tersebut dilakukan guna mengembangkan nama sebuah produk. Hal tersebut akan menguntungkan sebuah perusahaan.

Dalam pengelolaan merek yang baik diperlukan strategi pemasaran dengan waktu yang lama. Merek yang memiliki pemasaran jangka panjang akan dikenal dan diingat oleh konsumen.

Namun, bila tindakan pemasaran berjangka pendek, Anda akan mengalami penurunan kesuksesan jangka panjang.

Oleh sebab itu, dibutuhkan tindakan pemasaran jangka panjang dan juga pengenalan lebih dalam mengenai merek produk tertentu.

Ekuitas merek merupakan nilai tambah yang diberikan pada produk atau jasa. Ekuitas merek ini termasuk pada harga, pangsa pasar, cara konsumen berpikir, profitabilitas yang diberikan merek bagi perusahaan dll.

Dengan itu, strategi merek diperkuat dengan adanya tindakan pemasaran secara efektif dan juga dapat mempresentasikan keunggulan merek, manfaat merek dll.

Konsistensi dalam memasarkan produk merupakan strategi untuk mempertahankan kekuatan dan arah strategis suatu merek.

Dalam menerapkan beberapa elemen merek, maka merek Anda akan bertahan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai elemen merek.

1. Meaningful (elemen merek yang memiliki kredibilitas dan daya sugestif).

2. Adaptability (elemen merek yang bersifat fleksibel, supaya mudah diperbarui dan disesuaikan dengan konteks).

3. Memorable (elemen merek yang mudah diingat dan dikenal).

4. Protectability (elemen merek yang aman, baik secara hukum maupun persaingan).

5. Transferability (elemen yang bersifat mobile, baik sisi kategori produk, batasan geografis dan budaya).

 

strategi branding produk

Strategi merek untuk produk

Brand merupakan nama dari sebuah produk atau jasa. Brand juga disebut dengan trademark atau merek dagang.

Brand juga merupakan karakter, aset, pemahaman logis dan juga performa dari sebuah produk atau jasa. Konsumen akan merasakan ketika menggunakan produk tertentu.

Tujuan dari adanya merek atau brand adalah supaya produk atau jasa yang Anda miliki mampu masuk dalam pikiran dan hati konsumen. Setiap perusahaan pasti memiliki strategi merek yang unik.

Hal tersebut dilakukan guna menciptakan dan mengembangkan brand perusahaan supaya brand dapat diterima baik oleh masyarakat.

Branding dikatakan berhasil jika brand dapat diingat dengan mudah oleh konsumen atau pelanggan. Hal tersebut dikarenakan konsumen telah merasa nyaman menggunakan produk Anda secara terus-menerus.

Apabila mereka merasa nyaman dengan suatu produk, maka mereka akan menggunakannya lagi.

Seperti merek sampo Pantene, masyarakat nyaman menggunakan sampo tersebut, karena merek sampo Pantene dapat menghilangkan ketombe di kepala mereka dan juga membuat rambut mereka jadi harum.

Itu juga merupakan branding efektif dari perusahaan sampo Pantene, yang meliputi dua faktor yakni taktik pemasaran yang menarik dan juga pengalaman positif dari konsumen.

Ada juga merek yang memiliki strategi merek bagus namun merek tersebut tidak laku. Hal itu disebabkan kualitas tidak sesuai dengan produk yang dipromosikan.

Upaya branding dari perusahaan tersebut sia-sia, karena produk yang tidak berkualitas dan juga pengalaman buruk atau kekecewaan dari banyak konsumen yang diceritakan pada orang lain.

Apabila Anda memiliki merek produk, harus disesuaikan dengan kualitas dan juga pelayanan Anda. Hal tersebut akan memperkuat brand Anda di pasar. Kami akan memberikan beberapa cara efektif dalam strategi branding produk.

1. Fokus pada kualitas produk atau layanan Anda

Sebelum melakukan promosi atau presentasi produk, sebaiknya cek dahulu produk Anda, apakah bahan yang digunakan kadaluarsa, basi atau sebagainya. Pastikan juga produk yang akan Anda jual memiliki kualitas bagus, juga memuaskan konsumen.

2. Interaksi aktif dengan para pelanggan Anda

Anda juga harus berinteraksi dengan pelanggan Anda. Hal ini bertujuan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan Anda. Apabila Anda memiliki toko, sapalah pelanggan Anda dengan baik dan ramah.

Hal tersebut merupakan upaya untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan menerima keluh kesah pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Hal tersebut menjadi motivasi bagi Anda untuk dapat mengembangkan produk Anda.

3. Inovatif dan menawarkan sesuatu yang baru

Upayakan memunculkan produk terbaru yang Anda miliki. Hal tersebut membuat para pelanggan tidak bosan dengan produk lama. Paling tidak, sediakan produk baru setiap sebulan sekali atau dua minggu sekali.

Dengan strategi branding inovatif ini, para pelanggan Anda akan tetap belanja ke toko Anda dan mereka tidak merasa bosan.

4. Jadikan mereka istimewa

Strategi ini sangat jarang dilakukan. Strategi pendekatan pada konsumen seperti teman dekat adalah hal utama yang perlu dilakukan. Namun, hal seperti itu sangat jarang ditemui.

Misalnya hadir ketika diundang dalam suatu acara, bertemu di luar jam kerja dll. Hal tersebut sebagai upaya untuk strategi produk terhadap teman lainnya.

5. Bagikan tanggapan positif dari pelanggan

Sebarkan tanggapan positif yang diberikan pelanggan melalui media sosial Anda. Hal tersebut juga upaya untuk mempromosikan bahwa produk yang Anda jual aman dan juga berkualitas.

Berikut ini kami akan memberikan contoh branding produk untuk Anda.

Setiap produk atau jasa memiliki ciri khas dan karakter masing-masing, yang akan membuat masyarakat memiliki persepsi berbeda mengenai produk atau jasa lainnya. Berikut ini contoh brand sebuah tas di kalangan masyarakat.

Fashion merupakan kombinasi atau panduan dari gaya atau style dengan desain. Fashion juga merupakan pilihan masyarakat yang dapat diterima dengan baik, juga digunakan oleh mayoritas masyarakat.

Produk yang termasuk kategori fashion salah satunya adalah tas. Tas merupakan wadah tertutup yang dapat dibawa bepergian. Sebagai contoh brand, ada begitu banyak nama maupun merek tas terkenal di seluruh dunia.

Brand tas yang terkenal memiliki kualitas terbaik di dunia antara lain Chanel, Fendi, Hermes, Louis Vuitton dan sebagainya.

Suatu hari ada dua orang wanita yang memiliki jenis tas yang sama namun dengan merek yang berbeda. Perbedaan tas akan menjadi perbincangan yang panjang bagi dua wanita tersebut.

Tas dengan merek yang bagus dan juga terkenal akan lebih diminati oleh banyak masyarakat ketimbang merek biasa. Hal itu dikarenakan kualitas yang dimiliki produknya juga baik.

Selain itu, pemasaran dari brand tas terkenal sudah meluas di seluruh dunia. Strategi branding yang dilakukan adalah strategi pemasaran efektif dan terbaik. Oleh karena itu, brand tas terkenal dikenal di seluruh dunia dengan kualitas produk terbaik.

strategi branding rumah sakit

Strategi merek untuk rumah sakit

Rumah sakit adalah tempat pelayanan kesehatan yang memiliki bangunan besar dan juga fasilitas kesehatan yang lengkap.

Rumah sakit didirikan untuk aspek sosial juga memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat yang membutuhkan. Eksistensi rumah sakit merupakan usaha industri kesehatan.

Para pengusaha Indonesia maupun internasional menanamkan investasi dan uangnya pada sektor bisnis kesehatan. Hal itu disebabkan bisnis kesehatan memiliki keuntungan finansial yang tinggi.

Strategi branding rumah sakit dapat dilakukan secara online, namun hal tersebut tidak mudah semudah mempromosikan bisnis lainnya.

Hal itu disebabkan pihak industri rumah sakit menemukan adanya transaksi beragam dan kejadian yang kompleks.

Bisnis rumah sakit merupakan bisnis kepercayaan yang memiliki tiga hal, yakni kepentingan service, kepentingan produk dan kepentingan mindset.

Strategi merek  yang dilakukan rumah sakit adalah strategi online. Hal itu merupakan bentuk iklan jitu yang menggunakan alat komunikasi canggih dan terbaru.

Selain itu, dengan strategi tersebut akan meningkatkan reputasi maupun nama rumah sakit itu. Strategi online dapat dilakukan sebagai berikut.

1. Membuat website atau blog rumah sakit.

2. Menentukan sasaran/target market.

3. Promosi di marketplace kesehatan.

4. Menyewa jasa digital marketing.

5. Mempromosikan di media sosial (seperti instagram, facebook, twitter, whatsapp dll).

6. Memanfaatkan momentum (misalkan perayaan hari palang merah Indonesia, memberikan pelayanan pengobatan gratis).

strategi branding yang baik

Strategi merek yang baik

Dalam membangun merek tidak mudah, diperlukan strategi produk yang efektif. Merek juga diperlukan untuk dapat dipercaya dan diingat oleh masyarakat. Strategi merek yang baik diperlukan usaha yang tidak mudah.

Membuat brand tidak semudah membuat kue, hal tersebut diperlukan ide yang kreatif dan juga inspirasi. Setelah memiliki merek atau brand untuk perusahaan Anda. Anda harus mengembangkannya.

Hal itu dilakukan guna memperkenalkan dan mempromosikan produk yang Anda jual. Brand yang dapat dikenal baik oleh masyarakat memerlukan waktu yang lama.

Hal itu juga termasuk dalam cara bagaimana menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif. Merek atau brand yang memiliki kualitas tinggi merupakan merek yang sukses dan mampu meyakinkan konsumen untuk tetap setia.

Berikut ini beberapa cara strategi merek agar mudah dikenal.

1. Mengikuti event, pameran atau bazar

Anda dapat mengikuti pameran, bazar atau event untuk memperkenalkan produk yang Anda jual. Pilih dan sesuaikan pameran atau bazar yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Dalam event, bazar atau pameran tersebut pasti menyediakan stand yang strategis bagi para pebisnis. Usahakan Anda menghias stand Anda semenarik mungkin, supaya pengunjung akan tertarik pada brand Anda.

2. Memberikan nilai tambah selain menjual produk

Untuk membangun citra brand, sebaiknya bangunlah hubungan antara konsumen dan bisnis Anda.
Jangan membuat konten yang berisi menjual produk saja, namun munculkan konten lainnya yang berkaitan dengan nilai agama, edukasi dll.

3. Membuat iklan

Dalam mempromosikan sebuah brand, Anda bisa membuat iklan. Iklan adalah cara efektif untuk melakukan branding supaya produk Anda dikenal.

Namun, apabila Anda tidak memiliki banyak uang untuk iklan, Anda bisa menggunakan iklan digital dengan harga terjangkau.

Untuk meningkatkan branding produk Anda, Anda gunakan media sosial yang memiliki poengguna lebih dari 3 miliar orang. Hal tersebut adalah cara efektif dalam strategi produk saat ini.

4. Ambil sudut pandang konsumen sentris

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen Anda. Jadikan brand Anda nomor satu di pikiran masyarakat. Anda juga harus memenangkan hati konsumen Anda, supaya brand Anda dikenal oleh banyak masyarakat.
Ubahlah pandangan Anda dari produsen sentris menjadi konsumen sentris.

Apabila Anda memahami itu, maka brand Anda akan mudah diingat konsumen, karena brand Anda memberikan apa yang konsumen butuhkan dan inginkan.

strategi branding lembaga pendidikan

Strategi merek untuk lembaga pendidikan

Pendidikan merupakan hal yang paling diutamakan dan bisa dijadikan modal investasi masa depan. Lembaga pendidikan yang memiliki keunggulan dan kualitas pendidikan terbaik menjadi pilihan masyarakat.

Saat ini juga banyak lembaga pendidikan yang memiliki kualitas dan keunggulan terbaik. Untuk menghadapi persaingan lembaga pendidikan yang ketat, dapat dilakukan dengan branding.

Branding berguna untuk memperkenalkan lembaga pendidikan terbaik Anda kepada masyarakat lainnya. Untuk itu, lembaga pendidikan harus memiliki strategi merek yang baik supaya tetap eksis di dunia pendidikan.

Strategi merek yang cocok untuk lembaga pendidikan yakni:

1. Chief marketing officer

Lembaga pendidikan harus memiliki bagian pemasaran atau kantor bagian branding. Dengan adanya CMO berguna sebagai pusat marketing lembaga pendidikan seperti universitas maupun sekolah.

Dibentuknya CMO dapat menjadi pusat branding sebuah lembaga pendidikan, juga promosi dan pemasaran yang terorganisir dan tepat sasaran. Biasanya bagian CMO ini diambil alih oleh bagian humas.

2. Beasiswa

Banyak lembaga pendidikan yang menggunakan strategi merek ini. Melalui cara branding beasisiwa ini memberikan dampak positif bagi lembaga pendidikan tertentu.

Selain itu, dapat menarik minat calon siswa atau mahasiswa baru. Beasiswa yang ditawarkan juga dapat bermanfaat bagi penerima.

3. Promosi

Promosi dapat dilakukan di mana saja, seperti membuat brosur, iklan melalui media sosial dan mengadakan event di universitas misalnya.

Semakin besar dana yang dikeluarkan, maka akan menghasilkan tingkatan promosi yang sangat gencar dilakukan.

Tunjukkan keunggulan dan ciri khas lembaga pendidikan Anda untuk menunjukkan bahwa lembaga pendidikan Anda beda dengan lembaga pendidikan lainnya.

Apabila Anda memiliki brand produk/jasa, segera daftarkan supaya nama brand Anda tidak dibajak oleh pihak lain.

strategi branding adalah

Strategi branding dengan memperkuat positioning

Strategi branding positioning adalah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan kesan baik dan produknya mudah diingat oleh konsumen.

Produk yang mudah diingat di hati konsumen adalah strategi merek yang berhasil. Produk yang Anda keluarkan supaya tetap dikenal yakni dengan cara memenangkan persaingan bisnis.

kami akan memberikan beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk strategi pemasaran untuk memperkuat positioning.

1. Manfaat produk

Ciptakan manfaat produk yang lebih unggul dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Tambahkan keunggulan pada produk Anda.

2. Atribut produk

Atribut produk maksudnya adalah karakter dari sebuah produk seperti logo, simbol, lambang, warna, ukuran, keberadaan dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan pesaing

Strategi pemarasan ini menunjukkan posisi yang paling unggul dalam sebuah produk. Hal itu menunjukkan produk pesaing lebih buruk daripada produk sendiri.

4. Harga dan kualitas

Strategi positioning tidak ditentukan dari harga produk, jika Anda memiliki produk dengan harga murah namun kualitasnya baik, maka produk Anda akan selalu diingat oleh konsumen Anda.

Tunjukkan selalu produk dengan kualitas terbaik Anda, pastikan harga produk yang Anda tentukan terjangkau di kantong para konsumen Anda.

5. Bersumber pada pemakai

Strategi pemasaran paling efektif yaitu dengan menggunakan brand ambassador atau model untuk iklan produk Anda. Seperti produk kecantikan, Anda bisa menggunakan model para artis untuk iklan produk Anda.

6. Kategori produk

Strategi ini hanya fokus pada satu merek saja, meskipun telah memiliki beberapa merek lainnya. Misalnya unilever, yang telah memunculkan beberapa merek lainnya seperti rinso, pepsodent, surf, teh celup sari murni dan lain sebagainya.

Namun, unilever lebih fokus pada satu merek saja seperti merek rinso. Hal ini disebabkan sabun cuci yang telah melekat di hati para konsumen yakni rinso.

Daftarkan segera melalui Patendo, kami siap melayani Anda. Silahkan hubungi kami di 081386706312.
Brand Anda akan terlindungi dengan aman, jika brand Anda telah terdaftar secara resmi.

Bagikan :