021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

57+ Peluang Bisnis Tanpa Modal untuk Anak Sekolah

peluang bisnis untuk anak sekolahan

Ragam peluang bisnis anak sekolah berikut ini wajib untuk disimak. Segera daftarkan brand usaha Anda melalui Patendo, hubungi WA 0853 5122 5081.

Berbisnis tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa di usia kerja saja, namun anak sekolah pun bisa memanfaatkan peluang usaha yang menguntungkan. Apa saja peluang bisnis untuk anak sekolah yang patut dipertimbangkan? Simak pembahasannya berikut ini.

Peluang bisnis untuk anak sekolahan

Sebagai anak sekolah atau pelajar, tugas utamanya tentu belajar agar meraih prestasi secara akademik. Akan tetapi, jika ada peluang usaha yang bisa dijalankan sambil sekolah, mengapa tidak?

Yang terpenting adalah, bisnis tersebut tidak mengganggu kegiatan belajar dan prestasi di sekolah. Berikut ini beberapa peluang usaha anak sekolahan yang bisa jadi pilihan.

1. Dropship

Istilah dropship pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Peluang bisnis ini sangat cocok dikerjakan oleh anak sekolah karena tidak memerlukan modal banyak, bahkan hanya butuh kuota internet untuk promosi.
Sistemnya adalah kalian menjualkan produk orang lain dengan menentukan harga sendiri.

Misal kalian menjualkan baju dari sebuah toko online seharga 50 ribu kemudian kalian patok dengan harga 60 ribu, maka selisih 10 ribu itulah yang jadi bagian kalian. Dengan sistem ini, kalian tidak perlu membeli produk yang dijual, cukup mempromosikan gambar produk secara online.

2. Menjadi blogger

Menjadi penulis blog juga hanya membutuhkan kuota internet untuk upload tulisan kalian. Nah, bagaimana bisa dapat penghasilan hanya dengan menulis? Ada tiga sumber dana dengan menjadi blogger.

Yang pertama adalah membuka jasa review produk dari perusahaan tertentu, misal produk kosmetik.
Jadi, kalian tinggal mengulas produk tersebut di blog kalian sesuai permintaan perusahaan kemudian mereka akan membayar kalian atas jasa review produk tersebut.

Kedua, kalian bisa dapat pundi-pundi uang dari iklan dengan adanya google adsense. Jadi, iklan-iklan dari advertiser akan muncul di artikel yang kalian publish di blog.

Yang terakhir adalah dengan menjual produk sendiri, misalnya kalian bisa tawarkan jasa desain di blog kalian. Jasa desain tidak memerlukan modal dan barang untuk dijual sehingga sangat mungkin dilakukan anak sekolah.

3. Jualan pulsa

Peluang bisnis ini paling banyak dipilih sebagai sampingan karena selain mudah, modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

Keuntungan lainnya adalah bisnis ini dipastikan tidak akan mengganggu kegiatan utama kalian karena hanya perlu mengirim pesan ke penyedia token pulsa.

cara usaha anak sekolahan

Cara usaha anak sekolahan

Bagi kalian yang masih sekolah namun ingin menghasilkan uang sendiri dengan berbisnis, simak beberapa cara berbisnis untuk anak sekolahan berikut ini.

1. Minta izin orang tua

Restu atau izin dari orang tua adalah hal utama sebelum menjalankan sebuah bisnis meskipun hanya bisnis sampingan. Jika didukung oleh kedua orang tua maka bisnis dapat berjalan lancar sesuai harapan.

2. Mulai dengan bisnis modal kecil

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalian bisa memilih menjalankan peluang bisnis yang tidak memerlukan modal terlalu besar seperti jualan pulsa dan sebagainya.

3. Utamakan pengalaman

Tujuan berbisnis bukan hanya sekadar untuk mendapatkan uang atau penghasilan, namun ada hal lain yang lebih penting yaitu pengalaman.

Pengalaman berbisnis di usia sekolah tentu sangat berharga dan berguna di masa depan dibanding uang yang tidak seberapa jumlahnya.

4. Pendidikan nomor satu

Pilihlah peluang bisnis yang tidak mengganggu kegiatan pendidikan kalian. Jangan sampai kalian berambisi untuk sukses berbisnis namun mengorbankan kewajiban sebagai pelajar.

5. Manfaatkan lingkungan

Mulailah berbisnis dengan membidik orang terdekat di lingkungan kalian sebagai target marketing. Hal ini akan memudahkan kalian dalam mengembangkan bisnis.

6. Ajak sahabat untuk gabung

Untuk kalian yang punya geng atau perkumpulan tertentu, bisa mencoba mengajak sahabat kalian untuk menjalankan bisnis bersama.

Apalagi jika kalian punya visi dan misi yang sama, tidak ada salahnya menjalankan bisnis bersama teman agar tidak terlalu berat.

rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

Rahasia peluang usaha buat anak sekolahan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, banyak peluang bisnis anak sekolah yang bisa dijalankan. Kali ini akan kami berikan beberapa rahasia peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan mudah dijalankan.

1. Bisnis jualan online

Peluang bisnis satu ini adalah yang paling banyak diminati. Tanpa modal yang besar, kalian sudah bisa mendapat uang tambahan untuk kebutuhan sekolah.

Yang kalian perlukan hanyalah sedikit modal uang, smartphone dan kuota serta produsen barang yang akan kalian jual. Mengapa harus ke produsen langsung?

Harga produk yang kalian dapatkan pasti relatif lebih murah sehingga kalian bisa mendapatkan untung lebih besar. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli produk ke produsen, kalian bisa menjalankan sistem pre order atau pesan dulu baru kalian membeli produk pesanan ke produsen.

Selain itu, kalian juga bisa pakai sistem dropship yaitu menjualkan produk orang lain dengan harga sendiri tanpa modal untuk membeli produk terlebih dahulu.

2. Jasa desain grafis

Seiring dengan perkembangan zaman, jasa desain grafis dinilai sangat membantu untuk mendukung berbagai kegiatan manusia seperti kebutuhan marketing, desain produk sebelum produksi dan lain sebagainya.

Nah, peluang bisnis anak sekolah ini sangat cocok dijalankan oleh anak SMA atau SMK karena hanya memerlukan laptop dan keahlian dalam mendesain.

Apalagi bagi kalian yang mengambil jurusan berbasis IT pasti mudah menjalankan peluang bisnis tersebut. Pendapatan yang diperoleh pun bervariasi bergantung pada skill yang kalian miliki.

3. Content creator atau youtuber

Youtube merupakan salah satu platform yang paling laris saat ini. Ada ratusan pembuat konten atau yang disebut youtuber yang mengunggah video buatannya dan mendapat adsense dari youtube berkat viewers dan subscribernya.

Ini menjadi alasan mengapa menjadi youtuber adalah salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Selain membutuhkan sedikit modal, bisnis ini juga mudah dijalankan.

Kalian hanya perlu berkreativitas agar video atau konten yang kalian unggah mendapat banyak viewers dan subscriber.

4. Selebgram

Selain youtube, ada platform digital lainnya yang bisa jadi peluang bisnis anak sekolah yaitu instagram dengan menjadi seorang selebgram. Menjadi seorang selebgram tentu tidak butuh modal.

Kalian hanya perlu punya kreativitas dan ribuan followers agar dapat tawaran endorse atau iklan produk orang lain. Bayaran yang diperoleh pun beragam, bergantung pada hasil promosi kalian di instagram.

usaha kecil menengah untuk pelajar

Usaha kecil menengah untuk pelajar

Usaha yang biasa disebut UKM ini ternyata juga bisa dijalankan oleh pelajar maupun mahasiswa. Apa saja peluang usaha kecil menengah untuk pelajar?

1. Bisnis online

Bisnis ini hanya memerlukan laptop dan smartphone tanpa modal besar, seperti:

1. Asisten virtual.

Jasa asisten virtual online bisa kalian tawarkan melalui website lokal maupun internasional. Keahlian yang dibutuhkan adalah animasi, programing, managemen keuangan dan sebagainya.

2. Reseller dan dropshipping olshop.

Ketahui tren pasar saat ini agar produk dari supplier cepat laku dan untung besar.

3. Desain grafis.

Manfaatkan kehalian desain kalian dengan membuka jasa desain grafis seperti logo, desain kaos dan lainnya.

4. Penulis artikel freelance.

Untuk kalian yang punya skill menulis artikel dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris bisa mencoba menawarkan jasa di website khusus freelancer.

2. Bisnis kuliner

Bagi yang punya skill memasak, UKM kuliner berikut bisa jadi pilihan. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar.

Apalagi jika makanan bisa dititipkan di kantin atau warung sehingga tidak memerlukan modal untuk sewa tempat dan gerobak. Berikut usaha kuliner yang bisa dijalankan di sela-sela kesibukan kalian sebagai pelajar.

Cilok

Fried chicken

Sosis bakar

Es krim

Es coklat

Jus buah

Sosis telur

Gorengan

Nasi kuning

Bawang goreng

bisnis untuk anak smp yang menguntungkan

3. Bisnis budidaya dan ternak

Untuk kalian yang tertarik dengan usaha budidaya dan ternak, bisa mencoba menjalankan bisnis budidaya berikut ini.

Ternak ikan patin

Ternak ayam joper

Ayam bangkok

Lele sangkuriang

Ulat jerman

Ternak ikan nila di kolam terpal

Budidaya jangkrik untuk pakan burung

Budidaya ikan gurame

Budidaya ulat hongkong

Budidaya maggot pakan ternak

4. Bisnis pertanian

Bisnis pertanian di bawah ini bisa jadi pilihan untuk kalian yang punya hobi berkebun.

Budidaya cabe merah hidroponik

Budidaya jamur kuping

Budidaya jahe merah

Budidaya jamur tiram

Budidaya cabe rawit polybag

Budidaya kangkung hidroponik

5. Bisnis lain

Selain bisnis di atas, ada beberapa bisnis lain yang bisa dijalankan oleh pelajar atau mahasiswa.

1. Parfum.

Hampir sama seperti menjual baju atau fashion item lainnya, kalian bisa menjadi reseller atau dropshipping untuk produk parfum tanpa harus mendirikan toko parfum sendiri.

2. Video shooting.

Usaha yang satu ini cocok untuk kalian yang punya hobi videografi. Apalagi jika sudah memiliki peralatan sendiri. Kalian bisa menawarkan jasa video shooting melalui internet atau bekerja sama dengan vendor dan event organizer.

3. Sablon kaos digital.

UKM ini membutuhkan modal yang lumayan besar namun kalian bisa bekerja sama dengan teman atau saudara dengan passion yang sama.

4. Butik busana muslim.

Sama seperti UKM sebelumnya, usaha ini juga memerlukan modal yang tak sedikit. Jadi kalian bisa ajak teman untuk bersama-sama menjalankan bisnis tersebut.

bisnis untuk anak sd

Bisnis untuk anak smp yang menguntungkan

Berbisnis sejak dini bukanlah hal yang mustahil bagi anak SMP. Penghasilan yang didapat bisa untuk mencukupi keperluan sekolah sehingga dapat meringankan beban orang tua. Berikut ini peluang bisnis anak sekolah yang menguntungkan dan layak dicoba.

1. Jual jasa secara online

Ada beragam jasa yang bisa ditawarkan secara online seperti jasa terjemahan, desain logo, jasa pengetikan dan lain sebagainya. Hal ini sangat mudah dilakukan di tengah majunya teknologi saat ini.

Kalian bisa mengerjakan order dari customer secara fleksibel tanpa mengganggu kegiatan utama sebagai seorang pelajar.

2. Jual aksesoris

Aksesoris merupakan pelengkap fashion yang juga banyak diminati, terutama para wanita. Untuk kalian dengan kreativitas dan ketekunan yang tinggi, bisa mencoba memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah yang menguntungkan. Misalnya bros dari pita, jepit rambut buatan sendiri dan lainnya.

Jika kalian tidak punya keahlian tersebut, kalian bisa mencari supplier aksesoris dan menjual produknya di sekolah. Ini bisa dilakukan secara online maupun offline dengan sistem pre order agar tidak mengeluarkan banyak modal.

3. Jual snack atau camilan

Peluang bisnis ini tak kalah menguntungkan jika kalian bisa memanfaatkannya dengan baik. Bagi anak SMP, camilan atau snack menjadi makanan favorit yang sering dibeli ketika di kantin sekolah.

Ini menjadi kesempatan besar untuk kalian yang ingin berbisnis camilan atau snack. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar bergantung pada cara kalian mengaturnya. Untuk pemasaran sangat mudah, kalian bisa titipkan snack buatan kalian di kantin, koperasi dan warung dekat sekolah.

Selain itu, kalian juga bisa promosi lewat media sosial dengan sistem pre order, jadi tidak perlu membuat jika belum ada pesanan. Mudah bukan?

bisnis online untuk anak sma yang menghasilkan

Bisnis untuk anak SD

Bagi sebagian besar anak SD, bermain adalah kegiatan favorit di sela kewajiban belajar. Namun, anak sekolah dasar juga bisa punya kegiatan lain selain belajar dan bermain yaitu memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah.

Mana bisa anak SD berbisnis? Nah, berikut kami jelaskan apa saja bisnis yang bisa dijalankan oleh anak SD.

1. Jual es mambo

Minuman wajib bagi anak SD ini sangat mudah dibuat dan dijual. Dengan membawanya ke sekolah saja sudah dapat mendatangkan banyak keuntungan.

Selain menjual di sekolah, es buatan sendiri ini juga bisa dititipkan di warung-warung sekitar sekolah dan rumah.

2. Jual makanan ringan

Usaha makanan ringan atau camilan dapat menambah uang saku anak jika ditekuni dengan baik. Pemasarannya pun sangat mudah, camilan tersebut bisa dibawa ke sekolah dan ditawarkan kepada teman dan guru.

3. Jual mainan

Siapa sih anak SD yang tidak suka mainan? Hampir semua anak menyukai mainan. Nah, ini bisa jadi peluang bisnis anak SD yang menguntungkan. Mainan yang dijual bisa buatan sendiri atau mainan dari supplier.

4. Jual pernak-pernik

Pernak-pernik di sini misalnya jepit rambut, gelang karet dan lainnya yang biasa dipakai anak SD. Selain dijual secara langsung, pernak-pernik tersebut juga bisa ditawarkan melalui sosial media.

5. Jual minuman

Minuman selalu laris manis apapun cuacanya. Jika sedang musim hujan, bisa menjual minuman hangat, begitupun sebaliknya. Inilah yang menjadi peluang bisnis anak sekolah dengan sedikit modal namun banyak keuntungan.

bisnis anak sekolah smk

Bisnis online untuk anak SMA yang menghasilkan

Bisnis online memang tengah banyak digandrungi masyarakat, tak terkecuali anak sekolah. Dengan berbagai kemudahannya, anak SMA dapat memanfaatkan bisnis online dengan sedikit modal. Berikut ini peluang bisnis online anak sekolah menengah atas yang menguntungkan.

1. Jualan online

Kuatnya pengaruh teknologi membuat masyarakat lebih memilih membeli barang secara online karena dinilai lebih praktis. Inilah yang dapat kalian manfaatkan untuk menjual produk online.

2. Mengisi survei online

Survei online makin banyak diselenggarakan oleh perusahaan berbasis online dengan cara memberi komisi kepada pengisi survei.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh anak SMA karena tanpa modal besar sudah bisa mendapatkan uang tambahan hanya dengan mengisi survei online.

3. Blogging

Untuk kalian yang hobi menulis bisa memanfaatkan peluang bisnis anak sekolah sebagai seorang blogger.
Selain mendapatkan keuntungan lewat iklan google, kalian juga akan mendapat banyak ilmu mengenai internet marketing. Hal ini tentu akan meningkatkan kemampuan wirausaha kalian.

4. Menjadi buzzer

Apa sih buzzer itu? Buzzer adalah pendongkrak akun orang lain di beberapa platform seperti instagram atau twitter. Untuk jadi seorang buzzer, kalian perlu minimal 200 ribu pengikut atau followers.

Dengan begitu, kalian akan diminta untuk mempromosikan akun instagram orang lain dengan bayaran tertentu. Mudah kan?

5. Endorse produk

Hampir sama dengan buzzer, kalian akan diminta untuk promosi produk barang atau jasa dalam bentuk testimoni seperti yang biasa dilakukan para artis di sosial medianya. Tentu saja jumlah follower dan subscriber kalian harus fantastis ya.

peluang usaha anak sma

Bisnis anak sekolah SMK

Peluang bisnis anak sekolah berikut ini juga tak kalah menjanjikan untuk siswa khususnya SMK dengan berbagai latar belakang jurusannya.

1. Jual makanan ringan

Bisnis ini cocok sekali untuk anak SMK jurusan pemasaran karena di sini kemampuan dalam memasarkan produk kalian akan terasah. Selain jurusan marketing, anak SMK jurusan tata boga juga patut mencoba bisnis ini.

2. Jasa pengetikan dan print

Kalau bisnis penyedia jasa ini bisa dijalankan oleh anak SMK maupun lainnya asal punya peralatannya. Untuk anak SMK jurusan TKJ sangat mahir menjalankan peluang bisnis yang berhubungan dengan komputer.

3. Online programmer web

Menyediakan jasa pembuatan situs, blog dan e-commerce juga masih berkaitan dengan anak SMK jurusan animasi dan multimedia. Dengan bekal ilmu yang didapat di sekolah, kalian bisa memperoleh penghasilan sendiri.

4. Jasa service komputer/laptop

Jasa perbaikan komputer ini juga jadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, apalagi untuk anak jurusan TKJ sudah pasti mudah menjalankan bisnis tersebut.

5. Jasa desain grafis

Peluang usaha ini sangat cocok untuk anak SMK jurusan animasi dan multimedia. Dengan memanfaatkan skill di bidang editing ternyata dapat menghasilkan keuntungan yang lumayan.

6. Jasa tour and travel

Kali ini giliran jurusan pariwisata yang harus bisa menerapkan teori yang didapat di sekolah. Kalian bisa ajak teman sesama anak pariwisata untuk menjalankan bisnis dari lingkup kecil dulu.

7. Jasa rias wajah

Untuk kalian yang sedang belajar tata kecantikan sangat direkomendasikan untuk mulai membuka jasa rias atau make up. Kalian bisa memulai dengan rias untuk acara biasa dulu seperti wisuda dan lainnya.

peluang bisnis jajanan anak sekolah

Peluang usaha anak SMA

Kalian yang masih berstatus pelajar SMA jangan mau kalah dengan anak SMK. Ada banyak bisnis dan peluang usaha yang bisa kalian jalankan untuk menambah penghasilan. Berikut ini peluang bisnis anak sekolah khususnya SMA yang bisa jadi inspirasi.

1. Penjaga warnet

Jadi penjaga warnet bukanlah hal yang sulit dilakukan apalagi oleh anak SMA. Kalian bahkan bisa memanfaatkan akses internet di sana untuk mengerjakan tugas sekolah secara gratis tentunya.

2. Pegawai toko

Peluang usaha ini bisa dimanfaatkan oleh anak SMA terlebih saat musim liburan sekolah. Gaji yang didapat juga lumayan untuk sekadar memenuhi kebutuhan sekolah seperti buku dan alat tulis.

3. Bekerja di cafe

Cafe juga bisa jadi pilihan peluang bisnis bagi kalian yang ingin dapat penghasilan sendiri. Gajinya sendiri bervariasi bergantung pada lokasi dan kebijakan owner cafe tentunya. Namun rata-rata gajinya per bulan sekitar 1,5 juta.

4. Pengasuh anak

Jika kalian punya tetangga yang kerepotan mengurus anaknya, kalian bisa mencoba menawarkan diri untuk bekerja sebagai pengasuh anak. Gajinya sekitar 500 ribuan per bulan jika tidak mengasuh sehari penuh.

5. Jasa pengepakan

Jasa pengepakan untuk keperluan pindah rumah saat ini banyak dibutuhkan karena keefektifannya. Kalian bisa manfaatkan peluang tersebut untuk menawarkan jasa pengepakan dengan harga terjangkau.

6. Driver ojol

Bagi kalian yang sudah punya SIM dan ada kendaraan di rumah, bisa mencoba peluang bisnis anak sekolah ini.

Selain mudah dijalankan, bisnis tersebut juga sangat fleksibel sehingga tidak akan mengganggu kegiatan sekolah.

bisnis untuk anak smp tanpa modal

Peluang bisnis jajanan anak sekolah

Jajanan atau makanan ringan anak sekolah memang tidak ada habisnya. Ini bisa jadi peluang bisnis menjanjikan jika dikelola dengan baik. Apa saja peluang usaha jajanan anak sekolah yang menguntungkan?

1. Telur gulung

Jajanan anak sekolah jadul ini ternyata masih mampu bertahan hingga sekarang. Telur gulung bisa dikombinasikan dengan mie, bakso dan sosis di dalamnya sehingga dapat meningkatkan nilai jualnya.

2. Bakso bakar

Salah satu jajanan paling laris saat ini adalah bakso bakar karena disukai oleh semua kalangan. Modal yang dibutuhkan relatif kecil namun keuntungan sangat menjanjikan jika mampu dikelola dengan baik.

3. Mie lidi

Camilan legendaris ini juga makin hits dengan ragam varian rasanya. Dengan modal sedikit, jajanan kering ini dapat mendatangkan keuntungan yang lumayan besar karena banyak digemari masyarakat.

4. Leker

Jajanan yang dulunya hanya punya satu varian saja saat ini sudah berkembang menjadi beragam rasa. Inilah yang membuat leker atau crepes sederhana ini banyak diminati semua kalangan.

5. Telor mini

Makanan ringan yang terbuat dari adonan telur dan dicetak ini juga tak kalah menjanjikan jika dijadikan bisnis atau peluang bisnis anak sekolah. Tampilan dan rasanya bisa dimodifikasi sehingga lebih kekinian dan menarik.

6. Cimol

Makanan sejenis cilok yang digoreng ini juga tak kalah mendatangkan keuntungan. Modal yang diperlukan tidak terlalu besar, hanya dibutuhkan ketelatenan dan inovasi agar meningkatkan nilai jual dan minat pembeli.

7. Es lilin

Minuman beku yang berbentuk seperti lilin ini menjadi favorit anak sekolah karena warna dan rasanya yang beragam.

Ini bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis anak sekolah dengan modal kecil dan pemasaran yang tergolong mudah.

8. Kue cubit

Kue cubit dengan berbagai topping menjadi incaran masyarakat saat sedang butuh camilan, bahkan bukan hanya anak kecil saja yang menggemarinya. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal namun hasilnya cukup menjanjikan.

9. Gulali

Jajanan manis ini sekarang sudah dijual di berbagai toko bahkan mall besar dengan ragam rasa dan bentuknya. Hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan jika dipasarkan dengan baik.

10. Rambut nenek

Selain gulali, ada juga rambut nenek yang sekarang sudah mulai naik kasta dengan ragam warna dan rasanya. Makanan ringan anak SD ini juga digemari oleh orang dewasa yang rindu akan jajanan tempo dulu.

11. Es kue gabus

Sama seperti es lilin, jajanan ini juga sangat digemari oleh anak SD karena warnanya yang menarik. Bahan dan modal yang dibutuhkan untuk membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu banyak.

Apapun jenis usaha dan bisnis Anda wajib didaftarkan mereknya agar terlindungi dan tidak ditiru oleh orang lain. Hubungi Patendo sekarang juga. Dapatkan konsultasi gratis via email maupun telfon.

Peluang bisnis anak sekolah yang ada harus dimanfaatkan dengan baik agar dapat meningkatkan pendapatan dan mampu mengasah skill wirausaha yang sudah dimiliki.

Bagikan :