021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

90+ Nama Beras Favorit dan Berkualitas di Pasaran

nama beras terenak

Beras merupakan produk makanan pokok masyarakat di Asia. Pembudidayaan beras memerlukan iklim yang hangat dan juga memerlukan banyak air. Selain air, budidaya tersebut juga membutuhkan banyak tenaga kerja.

Kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang jenis beras berikut ini.

Merek beras terenak di Indonesia

Beras menjadi bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Beras berasal dari bagian bulir padi atau gabah yang telah dipisah dari bagian yang menutupinya (kulit gabah).

Beras dimanfaatkan untuk diolah menjadi nasi, bubur dan tepung. Beras dijadikan nasi sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Selain itu, beras juga dapat dijadikan bahan makanan lainnya seperti kue, lontong dll.

Beras memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi tubuh manusia. Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak merasa kenyang sebelum memakan nasi.

Jadi nasi merupakan makanan pokok utama bagi warga Indonesia. Beras bagus dan enak pasti dicari banyak orang, karena aman dikonsumsi dan mengandung gizi yang tinggi dan juga bernutrisi.

Banyak merek-merek beras yang berkualitas dan aman dikonsumsi. Selain itu, ada juga beras yang memiliki nutrisi dan gizi lebih yang terkandung di dalamnya. Berikut ini beberapa merek beras yang memiliki kualitas bagus dan premium.

1. Maknyuss

Beras maknyuss ini sangat diminati masyarakat Indonesia. Anda bisa dapatkan beras ini hanya di swalayan maupun toko terdekat. Beras dengan kualitas bagus dan enak ini menjadi pilihan banyak orang.

Beras tersebut dijual di swalayan dan dikemas dengan ukuran sedang yaitu 5 kg saja. Merek beras maknyuss ini merupakan produk beras yang berkualitas, tanpa bahan pengawet, tanpa pewarna dan juga tanpa pewangi.

2. Beras sumo

Beras sumo merupakan beras yang memiliki kualitas bagus, bersih, enak dan juga pulen. Beras tersebut seperti beras khas Jepang, mulai dari tekstur, aroma dan juga ukurannya.

Merk beras sumo tersebut dijamin tidak menggunakan pestisida, tidak dioplos, organik asli dan juga selalu fresh. Harganya mulai dari 65 ribu hingga 250 ribuan.

3. Beras cantik manis

Merek beras cantik manis ini merupakan jenis beras terbaru, namun beras ini juga memiliki kualitas yang sama dengan beras premium lainnya. Beras tersebut memiliki aroma wangi dan juga pulen.

Harga beras cantik manis sekitar 60 hingga 70 ribu rupiah per 5 kg. Beras ini belum muncul di pasar tradisional maupun toko kecil.

4. Beras si pulen

Beras si pulen ini merupakan beras premium yang berasal dari bibit padi terbaik. Beras yang memiliki rasa enak dan pulen ini menjadi pilihan para ibu rumah tangga dan cocok untuk anak yang baru belajar makan.

5. Beras topi koki

Beras topi koki ini merupakan beras best seller di Indonesia. Beras tersebut terjamin kualitasnya. Ukuran beras tersebut mulai dari 5 kg hingga 25 kg. Beras ini bisa Anda dapatkan di swalayan maupun pasar tradisional.

nama beras lokal

Nama-nama beras lokal

Banyak masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi setiap harinya. Masyarakat Indonesia berasumsi “tidak kenyang jika belum makan pake nasi”. Asumsi tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sangat membutuhkan beras.

Jenis beras yang berkualitas sangat banyak, apalagi produsen beras Indonesia yang selalu menciptakan inovasi baru untuk produk beras yang berkualitas dan aman bagi masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia menjadikan nasi sebagai bahan pokok makanannya, karena mudah didapatkan dan juga murah serta terjangkau.

Banyak produsen beras Indonesia yang menciptakan berbagai macam nama beras yang unik dan menarik. Berikut ini beberapa contoh beras lokal asli Indonesia.

Beras Rojolele.

Beras Topi Koki.

Beras Methik Susu.

Beras Diabetasol Organic Diabetic Rice.

Beras Pandan Wangi.

Beras Ikan Paus.

Beras Si Pulen.

Beras IR64.

Beras Methik Wangi.

Beras Solok.

nama beras pulen

Daftar beras yang mengandung bahan kimia

Beras merupakan bahan pangan bagi masyarakat Indonesia. Dalam membeli beras harus lebih hati-hati karena saat ini banyak beras yang menggunakan bahan kimia berbahaya bagi tubuh.

Pilihlah beras berkualitas dan aman untuk dikonsumsi. Banyak oknum yang menggunakan kesempatan untuk meraup keuntungan yang besar dengan cara menggunakan bahan kimia.

Jadi berhati-hatilah dalam memilih beras untuk dikonsumsi. Apabila salah pilih beras akan berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Oleh karena itu, saat ini tim satgas pangan polres melakukan sidak di gudang beras dan pasar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sidak yang dilakukan oleh tim satgas pangan polres guna untuk menarik produk ilegal dan produk pangan yang menggunakan bahan berbahaya seperti beras yang menggunakan bahan kimia.

Bahan kimia yang digunakan untuk produksi beras antara lain tawas, insektisida dan pestisida. Tim satgas pun telah menemukan beberapa nama beras yang mengandung bahan kimia, yakni:

Beras Lele.

Jangung Mas.

Tomat.

Cendrawasih.

Empat Mata Merah.

Beras Maju.

Dua Jago.

Empat Mata Biru.

Dewi Kunti.

Empat Mata Hijau.

nama beras nasi kebuli

Merek beras yang aman dikonsumsi

Carilah beras yang aman dikonsumsi dan berkualitas. Kebutuhan pangan pokok manusia harus terjamin keamanannya supaya terhindar dari produk yang mengandung bahan berbahaya.

Nasi merupakan makanan penting bagi masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis beras yang dijual di pasaran. Kesehatan manusia tergantung pada konsumsi makanan sehari-hari.

Beras termasuk dalam makanan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Saat ini banyak beras organik yang memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi di dalamnya.

Tidak hanya itu saja, beras organik juga bebas dari pestisida, pewarna maupun pewangi. Pilihlah beras yang aman dan berkualitas yang bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Merek beras yang saat ini semakin merajalela harus diperhatikan dengan baik, supaya tidak salah pilih. Berikut ini merek beras yang aman dikonsumsi.

Beras Maknyuss.

Beras Sania.

Beras Cap Bunga.

Beras Rojolele.

Beras Organik Nusa.

Beras Sumo.

Beras BMW.

Beras Si Pulen.

Beras IR42.

Beras Ngawiti Mas.

nama beras sushi

Jenis-jenis beras

Beras akan diolah menjadi nasi sebagai makanan pokok warga di Asia. Makanan tersebut memiliki banyak karbohidrat yang bergizi dan enak.

Jenis beras memiliki nutrisi masing-masing yang berbeda. Pada umumnya beras mengandung nutrisi seperti magnesium, vitamin B dan zat besi. Beras memiliki dua jenis bulir, yakni bulir panjang dan bulir pendek.

Selain bulir yang berbeda, warna pada beras pun juga berbeda. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa jenis beras berdasarkan warna dan manfaatnya.

1. Beras putih

Beras putih adalah beras favorit masyarakat Indonesia. Beras putih dapat bertahan lebih lama dibandingkan beras hitam, merah dan coklat. Tampilan beras terlihat lebih putih, bersih dan mengkilat.

Biasanya masyarakat Indonesia memasak beras putih dijadikan nasi yang enak dan pulen, namun kandungan zat gizi dan juga vitamin B-1 hilang.

2. Beras merah

Beras merah (red rice) memiliki cita rasa tersendiri. Warna merah yang berasal dari kandungan antosianin. Manfaat pada beras merah yakni kandungan gizi dan serat yang lebih tinggi dibandingkan beras putih.

Tekstur pada beras merah lebih pera dibandingkan beras putih. Selain itu, harganya juga lebih mahal. Beras tersebut biasanya dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet maupun orang-orang yang peduli dengan kesehatan.

3. Beras coklat

Beras coklat memiliki kandungan vitamin B6, serat, selenium, niasin, thiamine, sumber magnesium dan juga fosfor yang baik bagi tubuh manusia. Proses untuk beras coklat lebih cepat dibandingkan beras putih.

Proses yang dilakukan hanya menghilangkan sekam pada padinya saja. Oleh karena itu warnanya lebih kusam dan juga bertekstur kasar. Proses memasak beras coklat lebih lama dan hasilnya pera.

Simpanlah beras coklat dengan baik, apabila menyimpannya tidak benar maka akan mudah membusuk. Selain itu, ada juga beras cokelat berkecambah (germinated brown rice/GBR).

GBR ini dapat dibuat dengan cara merendam beras coklat ke dalam air yang bersuhu 400 C selama 4 hingga 20 jam sebelum dimasak. GBR memiliki nutrisi yang lebih banyak dan juga dapat meningkatkan asam amino.

4. Beras hitam

Beras hitam memiliki warna yang pekat dan ketika dimasak akan berubah warna menjadi ungu. Beras tersebut memiliki rasa seperti kacang tanah.

Banyak kandungan protein dan serat yang terdapat pada beras hitam. Beras hitam ini sangat langka dan juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Beras ini cocok pada penderita diabetes.

5. Beras ketan

Beras ketan berasal dari Asia Tenggara, Timur dan bagian timur Asia selatan. Tekstur yang dihasilkan lebih lengket dan juga warna putih pada beras ketan tidak transparan.

Beras ketan ini memiliki kandungan amilupektin tinggi dan amilose yang rendah. Beras ketan tersebut biasanya digunakan untuk membuat sushi dengan cara mencampur beras putih dengan beras ketan.

Beras ketan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan fungsi otak, menstabilkan tekanan darah dan juga meningkatkan sistem imun.

nama beras diet

Merek beras pera di pasaran

Beras adalah makanan pokok masyarakat Indonesia. Beras putih yang dimasak hasilnya pulen dan enak menjadi makanan pokok favorit masyarakat.

Beras tidak hanya dimasak sebagai nasi putih polos saja, namun dapat dijadikan masakan lainnya seperti nasi goreng, ketupat, nasi uduk dan lain sebagainya.

Beras yang dimasak untuk nasi goreng maupun nasi uduk bukan beras pulen biasa, namun beras pera yang teksturnya tidak pulen dan lembut.

Beras pera lebih sehat dibandingkan beras pulen namun rasanya kurang nikmat. Berikut ini nama beras pera yang beredar di pasaran.

Beras IR 42.

Beras Cap Enak Tenan.

Beras Pera Slyp.

Beras Karyamas.

Beras Super Belida.

Beras Pera Mercy Super.

Beras Pera Super.

Beras Cap Kepala Singa.

Beras Kita.

Beras Pera Grade A.

nama beras india

Apa itu beras slyp super

Beras slyp super adalah nama beras yang memiliki kualitas lebih tinggi dari pada beras lainnya. Beras slyp super sama dengan beras VIP yang berasal dari bibit padi unggul.

Beras tersebut sangat mahal dibandingkan dengan beras lainnya. Beras slyp super atinya beras asli dari Cianjur yang tumbuh dengan baik dengan kualitas beras yang sangat bagus.

Selain itu, slyp super juga memiliki rasa, warna, bentuk dan aroma khas yang tidak dimiliki oleh jenis beras lainnya. Beras slyp super telah tersebar di seluruh pelosok negeri.

Berikut ini merek beras yang termasuk dalam beras slyp super.

Beras Bambu.

Beras Idola.

Beras Gudrice.

Beras Topi Koki.

Beras Cap Bunga.

Beras Cap Rejeki.

Beras Mangga Ketupat.

Beras Kembang Mawar Merah.

Beras Cap Mangkok.

Beras Cap Burung Hong.

nama beras super

Nama beras pulen dan enak

Beras putih yang ditanak menghasilkan nasi yang enak dan pulen biasa dijual di pasar tradisional maupun di supermarket. Harga yang dijual juga bervariasi. Pastikan Anda memilih beras dengan baik.

Tidak semua beras yang dijual memiliki kualitas yang bagus, harga beras yang mahal juga tidak menjamin kualitas beras. Anda harus teliti dalam memilih beras yang bagus. Ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum membeli beras, yakni:

1. Perhatikan tekstur pada beras

Anda harus memperhatikan tekstur beras terlebih dahulu. Caranya dengan memastikan berasnya tidak mudah patah dan juga kokoh. Selain itu, pastikan juga bulir berasnya utuh semua dan tidak ada yang hancur.

2. Mencium aroma beras

Banyak ibu rumah tangga yang ahli dalam memilih beras. Mereka memastikan beras yang akan dibeli bagus atau tidak.

Apabila beras yang akan dibeli berbau wangi dan teksturnya bagus, maka hasil masakannya juga bagus dan beraroma wangi. Pastikan tidak berbau apek dan berwarna kusam.

Apabila berbau apek dan berwarna kusam, maka beras tersebut jelek dan mudah basi. Selain itu, pastikan juga bau beras tidak terlalu harum, apabila terlalu harum juga mengkhawatirkan.

3. Perhatikan kondisi beras

Teliti beras terlebih dahulu, pastikan beras yang akan Anda beli bebas dari kutu, kotoran maupun kerikil, supaya aman untuk dikonsumsi dan tidak sulit membersihkannya.

Hindari membeli beras yang terlalu putih karena justru bisa jadi beras tersebut menggunakan pemutih yang berbahaya bagi tubuh.

4. Remas beras

Untuk mengetahui beras tersebut mudah rapuh, maka remaslah beras sebelum membelinya. Cara tersebut dapat mengetahui kadar air pada beras.

Apabila beras tersebut rapuh ketika diremas, maka beras mengandung banyak air. Pastikan meremas beras dalam keadaan tangan kering untuk mengetahuinya. Pilihlah beras dengan kualitas yang terbaik.

Selain melihat merek beras, Anda juga dapat melihat tekstur dan aromanya. Berikut nama beras yang pulen dan enak untuk Anda.

Beras Rojolele.

Beras Methik Wangi.

Beras Pandan Wangi.

Beras IR 42.

Beras Sentra Ramos (IR 64).

Beras Methik Susu.

Beras PD. LEE Cap Logam Emas.

Beras Fortune.

Beras FS Long Grain.

Beras Padi Walet Sentra Ramos.

merek beras aman

Jenis beras untuk nasi kebuli

Nasi kebuli adalah makanan khas Arab Yaman. Nasi kebuli merupakan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim. Saat ini banyak restoran Arab di Indonesia yang menjual makanan khas tersebut.

Jenis beras yang digunakan untuk membuat nasi kebuli hanya ada satu yaitu beras basmati. Beras basmati memiliki tekstur yang pera dan rasanya gurih. Selain itu, Anda juga bisa membuat nasi kebuli dengan beras pera biasa.

Beras basmati memiliki tekstur yang panjang dan langsing. Beras tersebut juga memiliki aroma wangi yang khas. Beras ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes atau penyakit gula.

Beras basmati ini rendah gula sehingga aman bagi tubuh dan cocok untuk program diet. Berikut ini nama beras basmati yang dijual di pasaran.

Beras White Pearl.

Beras Moghul Faiza Basmath.

Beras Basmati.

Beras Abooyaa.

Beras Lal Qilla.

Beras Rasola.

Beras Daawat.

Beras Premium Gold.

Beras Ideal.

Beras Punjab King.

jenis beras

Nama beras yang panjang

Beras memiliki ukuran yang berbeda-beda. Beras basmati sendiri memiliki ukuran yang panjang dan juga langsing. Bulir yang memiliki ukuran panjang mudah pecah dan tidak lengket ketika dimasak.

Bulir beras yang panjang mengandung amylose yang tingga mencapai 22-28%. Beras yang dijual di Indonesia memiliki bulir yang ukurannya panjang. Beras bulir panjang disebut dengan beras pera karena tidak lengket.

Beras yang memiliki jenis bulir panjang adalah beras jasmine, basmati dan juga doongara. Beras pulir panjang yang dibudidayakan di Indonesia antara lain beras menthik, rojolele dan juga sentra ramos.

Berikut ini 10 nama beras yang memiliki bulir panjang dan biasa dijual melalui online maupun offline.

Beras Cap Topi Koki Sentra Ramos.

Beras Organic Rice.

Beras Long Grain.

Beras Basmati.

Beras Jasmine.

Beras Abukass.

Beras Punel.

Beras Bola.

Beras Devaaya.

Beras Panjang C4.

beras berbahaya

Nama beras India yang bagus

Beras dengan bulir panjang seperti basmati adalah beras yang selalu digunakan oleh warga India untuk diolah menjadi berbagai macam makanan seperti nasi briyani.

Biryani atau biriyani adalah olahan nasi asal India. Briyani dibuat menggunakan beras basmati dan juga rempah-rempah asli India. Jadi warga muslim India menggunakan beras basmati untuk olahan masakannya.

Tidak hanya beras basmati saja, India memiliki berbagai jenis beras dan juga manfaat pada masing-masing beras. Ada tiga jenis beras yang ada di India, yakni:

1. Beras merah

Minyak dalam beras merah dapat menurunkan kolesterol berbahaya. Beras merah dapat mengenyangkan lebih lama dibandingkan beras putih. Mineral dan vitamin dalam beras merah juga lebih banyak.

2. Beras putih

Beras dengan rendah serat tersebut dapat meredakan gangguan pencernaan seperti radang usus besar, disentri, rasa mual di pagi hari dan juga diare.

Proses penggilingan dan pemolesan beras putih menghilangkan kandungan vitamin dan nutrisi di dalam beras tersebut.

3. Beras basmati

Beras basmati yang berasal dari India dan Pakistan memiliki bulir beras panjang dan langsing. Aroma yang dikeluarkan dari beras basmati sangat harum. Beras basmati ini sangat mudah dicerna dan baik untuk tubuh manusia.

Adapun contoh nama beras asli India yang bagus untuk Anda antara lain:

Beras Mitha Basmati Rice.

Beras India Gate.

Beras Malika Gold.

Beras Anak Daro.

Beras Shukriya.

Beras Tastic Long Grain.

Beras Dua Tani Basmati.

Beras Kohinoor.

Beras Taj Sella Basmati Rice.

Beras Doonmalai.

daftar merek beras

Jenis beras merah untuk diet

Beras atau nasi putih merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Namun nasi putih adalah masalah besar bagi seseorang yang sedang melakukan diet.

Banyak orang menyatakan bahwa nasi putih merupakan faktor penyebab kegemukan, karena banyaknya karbohidrat dan serat yang terkandung di dalam beras putih tersebut.

Akan tetapi, beras putih atau nasi putih mengandung indeks glikemik yang tinggi dan dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi serta buat orang sering cepat merasa lapar.

Terutama bagi para wanita yang sedang melakukan diet, mereka pasti menghindari untuk makan nasi. Oleh karena itu, mereka mengganti nasi putih dengan beras merah atau nasi merah.

Beras merah mengandung serat yang tinggi dan membuat cepat kenyang. Beras merah adalah beras yang belum diproses dalam penggilingan dan pengelupasan kulit secara menyeluruh.

Lapisan kulit yang masih tersisa mengandung serat dan nutrisi, beda dengan beras putih yang dikupas secara menyeluruh. Mengonsumsi beras merah tentu lebih sehat dibandingkan beras putih.

Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung dalam beras merah:

1. Glycemic index rendah

Beras merah memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Selain itu, beras merah juga memiliki tingkat glycemic index yang rendah untuk mengatur kadar gula dan produksi insulin.

2. Mengandung vitamin B6

Beras merah mengandung vitamin B6 yang dapat menjadi antioksidan dalam tubuh manusia. Beras merah juga bermanfaat bagi fungsi organ tubuh Anda.

Satu porsi nasi merah dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6 harian mencapai 23%. Jumlah tersebut memang diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsi organ.

3. Menurunkan kolesterol

Beras merah dapat membantu menurunkan kolesterol karena di dalam beras merah terkandung minyak untuk menurunkan kolesterol jahat. Oleh karena itu, nasi merah dijadikan makanan pokok sehat yang aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Dalam mengatasi program diet disarankan untuk makan nasi merah dan gandum utuh supaya dapat meningkatkan kolesterol baik.

4. Cepat kenyang

Beras merah atau nasi merah membuat merasa cepat kenyang, karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna seperti oatmeal, kentang dan beras merah.

Dengan mengonsumsi korbohidrat kompleks, maka Anda akan merasa kenyang hingga berjam-jam.

5. Kaya akan zinc

Beras merah mengandung mineral yang dapat menyembuhkan luka. Tidak hanya menyembuhkan luka dengan cepat saja, namun beras merah juga berfungsi untuk menjaga sistem imun dengan baik.

Kandungan zinc kaya antioksidan yang ada di beras merah juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan tubuh dan sel sel dalam tubuh.

Oleh karena itu, beras merah tidak hanya baik untuk program diet saja, namun untuk kesehatan tubuh manusia juga. Kami akan memberikan beberapa referensi nama beras merah yang baik untuk program diet.

Beras Merah Premium.

Beras Merah Organik.

Beras Merah Jaga Pati.

Beras Merah Oryzae.

Beras Merah Tropicana Slim

Beras Merah Sugihen Tanah Karo.

Beras Merah FS.

Beras Merah Sehat Rice Me Up.

Beras Merah Suta.

Beras Merah Panino.

beras panjang dan enak

Nama beras untuk sushi

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari nasi dan dibentuk bersama lauk. Lauk dapat berupa makanan laut, daging maupun sayuran. Anda juga dapat membuat sushi sendiri di rumah.

Anda tidak harus membeli beras asli Jepang, gunakan beras lokal untuk membuat sushi. Jenis beras yang digunakan untuk membuat sushi adalah medium grain atau short grain yakni butiran beras yang pendek atau sedang.

Butiran nasi yang digunakan lebih besar dibandingkan nasi biasa. Teksturnya tidak terlalu lengket dan lebih elastis sehingga ketika digulung nasi tersebut tidak mudah pudar atau berjatuhan.

Di Jepang, jenis beras yang biasa digunakan untuk membuat sushi adalah koshihikari. Namun Anda bisa menggunakan beras lokal untuk membuat sushi seperti beras rojolele dan menthik yang bertekstur bulat dan putih.

Berikut ini kami akan memberikan referensi nama beras yang bagus untuk membuat sushi di rumah.

Beras Sumo.

Beras Naimi.

Beras Nishiki.

Beras Padi Walet.

Beras Taeyangssai.

Beras Yonggi.

Beras Nikomaru.

Beras Chiro.

Beras Kokoku.

Beras Sushi Hotel.

Penjelasan di atas mengenai produk beras semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda.

Bagikan :