021 2237 9620 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Pendaftaran Merek & Cek Merek Dagang Murah

1 jasa pendaftaran merek


Jasa pendaftaran merek dagang & cek merek dagang murah, terbaik dan terpercaya. Segera hubungi Patendo WA 0853 5122 5081. Kami telah mendaftarkan 1000 lebih merek dari dalam dan luar negeri.

Apa itu merek? Menurut ahli, dapat disimpulkan bahwa merek merupakan simbol, tanda, gambar atau gabungan dari unsur-unsur tersebut yang dapat membedakan antara merek satu dengan merek lainnya.

Fungsi pendaftaran merek dan logo

Berikut ini beberapa fungsi merek didaftarkan ke DJKI, di antaranya:

1. Sebagai alat bukti kepemilikan atas merek yang dipatenkan.

2. Sebagai daya pembeda dari suatu produk barang atau jasa antara satu produsen dengan produsen lainnya.

3. Sebagai penentu kualitas dari suatu barang dan atau jasa.

4. Sebagai dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan dalam pengajuan pendaftaran merek oleh orang lain untuk barang atau jasa sejenis.

5. Sebagai dasar utk mencegah orang lain memakai merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenis.

6. Pentingnya fungsi permohonan merek dalam bidang industri adalah mendapatkan perlindungan dari aspek hukum untuk jangka waktu 10 tahun sejak tanggal penerimaan permohonan dan dapat diperpanjang.

Berikut ini beberapa fungsi merek yang perlu diketahui oleh konsumen yaitu:

1. Membantu konsumen dalam mengidentifikasi, memberikan informasi mengenai asal produk (an indication of origin), kegunaan produk dan kualitas mutu produk.

Misalnya mutu suatu produk dapat dilihat konsumen dari kemasan ataupun kondisi barang, sedangkan mutu dari sebuah jasa dapat terlihat dari pelayanan yang diberikan kepada konsumen.

2. Pemeliharaan atas konsistensi kualitas produk, sebagai bentuk tanggung jawab produsen kepada pelanggan.

3. Dapat terhindar dari risiko tidak kejahatan seperti pemalsuan.

4. Membantu pelanggan dalam mengambil keputusan dalam membeli produk.

5. Sebagai jaminan terhadap konsumen dan reputasi usaha atas barang atau jasa yang dipergunakan.

6. Meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk.

7. Sebagai sarana penghubung antara barang atau jasa yang bersangkutan dengan produsen.

8. Sebagai sarana untuk mengendalikan pasar.

9. Merek dapat meningkatkan efisiensi pembeli. Dengan merek, konsumen akan lebih terbantu dalam menemukan produk yang dicari, sehingga lebih efektif dan efisien.

Merek yang memiliki reputasi akan mempunyai nilai tambah yang lebih tinggi di pasaran, sehingga konsumen mudah mengenal, bahkan menjadikan merek sebagai pilihan utama dalam menentukan keputusan membeli.

Selain memiliki fungsi yang baik, merek juga mempunyai peran yang tidak kalah penting yaitu:

1. Membantu perusahaan untuk mengetahui segmentasi pasar, sehingga produsen akan menempatkan merek sesuai dengan target konsumen.

2. Menjadi produk yang unggul di antara produk atau kompetitor lainnya.

3. Meningkatkan nilai tambah bagi produsen atau perusahaan.

4. Mempermudah produsen dalam menelusuri masalah yang ada.

Dengan adanya fungsi di atas, pendaftaran oleh pihak yang mengajukan berfungsi sebagai dasar atas perlindungan usaha. Sehingga permohonan daftar merek mengalami kenaikan setiap tahunnya.

Keberhasilan dalam membangun merek yang kuat dapat terbentuk dari elemen pendukung lainnya, seperti kualitas barang, kemampuan produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen, strategi marketing yang baik  kemasan produk yang menarik hingga harga produk yang ditawarkan sesuai dengan kualitas  barang.

Dengan begitu merek akan lebih mudah dikenal dan menjadi produk yang selalu dibeli pelanggan, dan pada akhirnya akan terus berkembang menjadi merek yang kuat.

3 biaya pendaftaran brand

Manfaat hak merk

Hak merk adalah hak eksklusif yang diberikan kepada pihak yang mendaftarkan mereknya kepada pemerintah yang berwenang.

Merek merupakan lambang orisinalitas suatu produk yang akan Anda jual. Dengan adanya hak trademark maka proses pemasaran melalui iklan produk dari produsen ke konsumen akan menjadi lebih lancar.

Bagaimana merek menjadi bagian penting dalam strategi pengembangan bisnis? Bisa dibilang bahwa prinsip legal merek dagang adalah nyawa bagi bisnis Anda.

Beberapa keuntungan atau manfaat merek yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti tata cara permohonan yaitu:

1. Mengurangi risiko plagiat

Jika Anda telah meresmikan merek maka setiap tindakan plagiat baik sebagian ataupun keseluruhan dengan menggunakan nama merek sama atau hampir sama maka Anda bisa mengambil tindakan hukum.

Undang-undang melindungi Anda dari pihak lain yang berusaha memasarkan produk dengan merek tiruan yang tidak mendapat persetujuan dari Anda.

2. Mendapatkan perlindungan hukum

Merek sebagai objek hak merk, akan diuntungkan karena jika sudah didaftarkan ijin mereknya, akan mendapatkan perlindungan hukum atas kepemilikan merek dagang.

Sanksi bagi seseorang yang meniru merek orang lain akan beresiko mendapat hukuman pidana.

Dengan perlindungan hukum maka Anda akan aman dan tenang dalam berbisnis tanpa khawatir jika ada orang menggunakan merek yang sama atau mirip dengan yang Anda miliki.

Semua tindakan plagiat dan pembajakan dapat Anda bawa ke pengadilan dengan bantuan pengacara dan akan dilindungi negara dan undang undang.

3. Meningkatkan aset perusahaan

Sebuah merek adalah aset terbesar bagi Anda sebagai pelaku bisnis. Keuntungan ini dapat diperoleh baik untuk merek perorangan dan perusahaan.

Branding atau merk ini bahkan bisa menyelamatkan perusahaan ketika terjadi kebangkrutan, sebab merek dapat mendatangkan investor untuk menanamkan modal sehingga krisis dapat teratasi dengan baik.

Apalagi jika didukung dengan legal merek resmi yang Anda miliki tentunya investor juga merasa mantap dan tenang menanamkan modal ke perusahaan Anda.

4. Menjaga citra dan kepercayaan konsumen

Sebuah produk jika tidak diimbangi dengan adanya ketersediaan merek dagang yang resmi dan jelas maka akan menyulitkan Anda dalam melakukan pemasaran produk.

Dalam perjalanannya produk Anda akan dengan sangat mudah untuk dijiplak pesaing dan memanfaatkan kesuksesan produk yang telah Anda jual.

Penurunan citra dan hilangnya kepercayaan dari konsumen bisa disebabkan dengan adanya produk tiruan yang dibuat mirip dengan produk Anda namun menggunakan bahan dengan kualitas berbeda.

Biasanya kualitasnya akan lebih rendah atau lebih jelek dari produk aslinya. Hal ini bisa mengakibatkan konsumen menjadi kapok dan akan berhenti menggunakan produk aslinya.

5. Membuka peluang usaha

Ketika Anda telah mempunyai hak brand yang resmi, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda dengan sistim waralaba secara konstan.

Sistem ini bisa Anda lakukan dengan menjual merek Anda kepada pelaku bisnis lainnya dengan system yang telah Anda tentukan.

Dengan meroketnya bisnis waralaba beberapa waktu terakhir ini tentu menjadi peluang bisnis yang bagus, sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.

Selain itu merek juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting, di antaranya:

1. Merek dapat menciptakan loyalitas konsumen pada produk.

Telah terbukti bahwa keloyalan pada merek tertentu berhasil melindungi produsen dari kompetitor lain serta dpt merencanakan strategi pemasaran yang lebih baik.

2. Membantu produsen dalam menentukan segmentasi pasar.

3. Membatu menstabilkan harga jual.

4. Merek terdaftar dapat dilisensikan kepada pihak lain, sehingga dapat menambah keuntungan kepada pemilik.

5. Mendorong perusahaan lain untuk investasi.

6. Menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan.

Itulah beberapa manfaat merek yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk membangun merek yang kuat.

4 pendaftaran trademark gratis

Biaya pendaftaran merek HKI

Untuk memperoleh izin nama usaha Anda, silahkan hubungi konsultan HKI Patendo. Anda bisa tanyakan berapa biaya terbaru dan bagaimana cara urus merk usaha anda.

Untuk mendaftarkan merek, Anda hanya perlu menyiapkan identitas diri, logo sebagai atribut merek dan estimasi uang yang harus dikeluarkan untuk daftar merek patent sebesar Rp 3.000.000 per merek per kelas per satu logo.

Biaya dalam mengurus merek tersebut sudah termasuk pnbp daftarkan merek ke Dirjen HAKI tapi belum termasuk pph.

Jika merek sudah disetujui, sertifikat merek akan diterbitkan dengan masa perlindungan 10 tahun.

Lalu berapa lamanya pendaftaran ? Lama proses pengajuan permohonan pendaftaran 2 minggu kerja setelah itu merek bisa langsung dijalankan.

5 formulir pendaftaran merek

Merek dagang yang ditolak dan tidak dapat didaftarkan

Mengapa pendaftaran ada yang ditolak? Kriteria pendaftaran tertentu bisa ditolak atau tidak dapat didaftarkan dengan alasan sebagai berikut:

1. Merek tersebut memiliki persamaan pada pokoknya atau keseluruhannya, seperti dengan jenis barang air mineral atau AMDK pada kasus merek yang mirip dengan merek yang sudah ada misal aqua.

Dapat dikatakan bahwa pendaftaran yang menyerupai merek tersebut memiliki kemungkinan ditolak jika jenis barangnya sama.

2. Merek tersebut merupakan atau menyerupai nama atau singkatan nama orang terkenal, foto, atau nama badan hukum yang dimiliki orang lain, kecuali atas persetujuan tertulis dari yang berhak.

3. Merek tersebut merupakan tiruan atau menyerupai nama atau singkatan nama, bendera (misal merah putih), lambang atau simbol atau emblem suatu negara, atau lembaga nasional maupun internasional.

Ini dikecualikan jika ada persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

4. Merek tersebut merupakan tiruan atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan oleh negara atau instansi pemerintah, kecuali atas persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang.

5. Merek diajukan oleh pemohon yang mempunyai itikad tidak baik.
Mengapa pendaftaran harus dilandasi itikad baik? Karena jika dilandasi dengan niatan tidak baik, maka permohonan bisa ditolak.

6 pendaftaran merek asing

Pedoman merek tidak diterima apabila:

1. Bertentangan dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, moralitas, agama, kesusilaan, atau ketertiban umum.

2. Sama dengan, berkaitan dengan, atau hanya menyebut barang dan atau jasa yang dimohonkan daftar mereknya.

3. Memuat unsur yang dapat menyesatkan masyarakat tentang asal, kualitas, jenis, ukuran, macam, tujuan mepatenkan merek barang dan/atau jasa untuk mengecoh pembeli.

4. Memuat keterangan yang tidak sesuai dengan kualitas, manfaat, atau khasiat dari barang dan/atau jasa yang diproduksi.

5. Tidak memiliki daya pembeda.

6. Merupakan nama umum dan/atau lambang milik umum.

Demikian beberapa kriteria merek yang tidak bisa dipatenkan.

7 pendaftaran merek dagang

Makna Simbol R , TM, dan C

Apa pengertian simbol-simbol tersebut? Simbol ® merupakan kepanjangan dari registered mark artinya merek terdaftar.

Merek yang menggunakan simbol tersebut mempunyai maksud bahwa brand tersebut telah terdaftar dalam daftar umum merek yang dibuktikan dengan terbitnya nomor idm dalam sertifikat merek.

Definisi simbol TM merupakan kepanjangan dari trademark yang memiliki arti merek dagang. Simbol TM umumnya digunakan orang untuk identifikasi bahwa brend tersebut masih dalam proses.

Baik proses pengajuan di kantor merek ataupun proses aktivasi perpanjangan hak merk, karena setiap merek memiliki masa berlaku perlindungan selama 10 tahun.

Dan masih bisa diperpanjang meskipun masa kadaluarsa merek hampir habis (expired).

Namun bagi negara-negara yang menganut sistem merek “first in use” seperti Amerika Serikat tanda ™ berarti bahwa brands tersebut telah digunakan dan dimiliki.

Dengan adanya sertifikat hak atas ciptaan dapat menjadi bukti formal dan jaminan di mata penegak hukum.

8 cek status pendaftaran merek

Jelaskan syarat pendaftaran merek dagang untuk UMKM / UKM, perorangan ataupun perusahaan

Bagaimana sistem urus merek? Ada 2 macam sistem dalam daftar merek.

Indonesia menganut stelsel konstitutif, yaitu sistem pengurusan merek dagang yang akan menimbulkan suatu hak sebagai pemakai pertama pada merek, pendaftar pertama adalah pemilik merek.

Di Indonesia permohonan pengajuan merek menganut asas first to file.

Siapa yang mendapat legal merek pertama kali, maka ia adalah pemegang merek terkuat sepanjang belum bisa dibuktikan sebaliknya oleh pelapor gugatan dalam tenggang waktu tertentu.

Pihak ketiga tidak dapat menggugat sekalipun dilandasi itikad baik. PT Patendo membantu Anda dalam mempatenkan merek dagang Anda.

Pemohon pendaftaran merek dapat berupa UMKM / UKM, perorangan / pribadi dan perusahaan / badan hukum, silahkan hubungi kami. Kami siap membantu melindungi merek usaha anda.

Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar merek? Dalam melakukan prosedur pendaftaran merek pp 28, syarat syarat yang perlu dipersiapkan dalam pendaftaran hak atas ciptaan merek ialah sebagai berikut:

1. Mengisi formulir permohonan pendaftaran merek yang telah disediakan oleh Ditjen HKI. Permohonan diajukan secara tertulis dalam bahasa Indonesia dan diketik rangkap empat. Form permohonan yang telah disediakan memuat:

1. Tanggal, bulan dan tahun permohonan.

2. Nama lengkap, kewarganegaraan, dan alamat pemohon.

3. Nama lengkap dan alamat kuasa, apabila pemohon diajukan melalui kuasa.

4. Warna-warna apabila merek dagang yang dimohonkan pendaftaran tersebut menggunakan unsur-unsur warna.

5. Nama negara dan tanggal permintaan permohonan merek dagang yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan hak prioritas.

2. Surat pernyataan di atas kertas bermaterai Rp 6.000 serta ditandatangani oleh pemohon langsung (bukan kuasa pemohon), yang menyatakan bahwa merek yang dimohonkan adalah milik pemohon.

3. Surat kuasa khusus, apabila mengurus merek diajukan melalui kuasa pemohon.

4. Salinan resmi Akta Pendirian Badan Hukum atau fotokopinya yang ditandatangani oleh notaris (apabila pemohon badan hukum).

5. 24 lembar etiket merek (persiapan empat helai dilekatkan pada pormulir) yang dicetak di atas kertas.

6. Fotokopi KTP pemohon (tanpa npwp jika pendaftaran atas nama perorangan).

7. Bukti prioritas asli dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia apabila permohonan dilakukan dengan hak prioritas.

8. Tanda bukti pembayaran biaya permohonan merek.

Demikian syarat perusahaan maupun perorangan dalam mematenkan bran dan jangan sampai terabaikan.

Untuk permohonan merek secara online dapat diajukan kepada konsultan HKI terdaftar Patendo yang bisa dihandalkan dan sudah dipercaya oleh banyak klien dari dalam dan luar negri.

9 prosedur pendaftaran merek

Formulir pendaftaran merek dagang

Contoh formulir merek yang sudah diisi dalam surat permohonan pembuatan merek dagang di antaranya berisi:

1. Nama merek dagang.

2. Jenis barang atau jasa.

3. Kelas-kelas produk sesuai dengan undang-undang.

4. Nama pemilik.

5. Alamat lengkap pemilik merek.

6. Kewarganegaraan.

Pengisian doc formulir pendaftaran hki merek bisa dibuatkan konsultan Patendo untuk mempercepat prosesnya.

Jadi Anda tidak repot buat dokumen di kantor Kementrian Kemekumham. Dengan begitu Anda tidak perlu meninggalkan bisnis yang tengah dijalankan. Serahkan saja pengurusan merek Anda ke Patendo. Kami melayani pendaftaran merk, desain industri dan hak cipta.

Siapa yang dapat mengajukan merek dan di mana pendaftaran secara online?

Pengajuan merek bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja di seluruh wilayah provinsi Indonesia dengan menggunakan internet pada domain name di Indonesia
dengan jalur cepat, hemat dan efisien dengan bantuan Patendo.

Bisakah mendaftar merek dagang melalui konsultan kami?

Tentu saja, segera patenkan merek Anda dan hubungi kami konsultan HKI terdaftar Patendo untuk mendapatkan kemudahan dalam menpatenkan merek Anda.

Kami melayani pendaftaran merek dagang online perorangan maupun kolektif sehingga mudah, cepat dan efisien.

10 fungsi mendaftarkan merek

Prosedur pendaftaran merek HAKI menurut uu no 20 tahun 2016

Sebelum melakukan pendaftaran merek ke lembaga atau dinas yang berwenang, Anda perlu mengetahui tentang segala hal yang perlu diperhatikan dalam skema mendaftarkan merek dagang.

UU Merek

Prosedur dan sistem permohonan merek lama menurut UU Merek No 15 tahun 2001 tentu berbeda dengan UU Merek baru. Berdasarkan UU Merek Nomor 20 Tahun 2016 berikut prosedur mengurus merek dagang:

Setelah Anda daftarkan, merek akan melalui proses pemeriksaan oleh pejabat Dirjen HKI. Proses pemeriksaan tersebut di antaranya sebagai berikut:

1. Pemeriksaan formalitas

Proses ini dilakukan untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan untuk persyaratan daftar merek yang dilakukan dalam jangka waktu yang telah ditentukan Dirjen KI terhitung sejak tanggal penerimaan.

2. Pemeriksaan substantif

Hasil pemeriksaan substantif dapat berupa permohonan merek yang dapat didaftar dan permohonan merek yang ditolak pendaftarannya.

Jika merek ditolak akan diberikan surat dari dirjen haki berupa pemberitahuan usulan merek yang ditolak.

Dan jika diterima, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kemenkumham akan menerbitkan sertifikat merek bukan dapartemen kehakiman yang menerbitkan.

Kemudian muncul pertanyaan dptkah yg sdh lolos masa sanggah dibatalkan pendaftarannya? Segala keputusan mengenai persetujuan merek merupakan kewenangan dirjen Haki.

12 merek yang tidak dapat didaftarkan

Pendaftaran merek asing luar negeri di Indonesia

Merek asing dari luar negeri bisa didaftarkan di Indonesia. Anda bisa melakukan tahapan-tahapan dan proses pendaftaran melalui sistem elektronik maupun non elektronik.

1. Permohonan merek dagang secara elektronik

Dimana registrasi merek secara elektronik dapat dilakukan? Permohonan dapat Anda lakukan melalui konsultan HKI Patendo. Silahkan hubungi kami.

Prosedur pengajuan merek secara elektronik ini, dilakukan oleh konsultan kekayaan intelektual yang sudah terdaftar di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Permohonan secara non-elektronik

Untuk step pendaftaran secara non-elektronik atau manual, dapat dilakukan melalui loket Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (Dirjen KI).

Alamat kantor pusat yaitu di Jakarta. Bagi yang tidak ingin repot bisa dibantu oleh kami karena untuk pematenan merek antrian di loket dirjen biasanya sangat panjang.

Anda juga bisa mendaftarkan merek luar negeri yang berbahasa Inggris dengan meminta bantuan agen pendaftaran merek terpercaya seperti Patendo.

Merek yang berlaku di Indonesia adalah merek dagang yang telah didaftarkan secara resmi ke Dirjen HKI. Kami juga melayani pengurusan merek luar negeri di Indonesia.

15 penerbitan sertifikat merek

Pengalihan dan pendaftaran lisensi merek dagang

Hak atas merek terdaftar dapat beralih atau dialihkan karena:

1. Pewarisan,

2. Wasiat,

3. Wakaf,

4. Hibah,

5. Perjanjian,

6. Sebab lain yang dibenarkan dan telah diatur di Indonesia melalui perundang-undangan.

Pengalihan hak atas merek oleh pemilik dengan lebih dari satu merek terdaftar yang mempunyai persamaan untuk barang dan atau jasa sejenis hanya dapat dilakukan jika semua merek terdaftar tersebut dialihkan kepada pihak yang sama.

Permenkumham juga mempunyai peran penting dalam memajukan merek di Indonesia.

Permohonan yang telah dicatat akan mendapat pengumuman dalam berita resmi merek.

Merek terdaftar yang tidak dicatatkan tidak berakibat hukum pada pihak ketiga. Pencatatan pengalihan merek kena besaran biaya tertentu.

Pemilik merek terdaftar juga dapat memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan merek tersebut baik sebagian maupun seluruh jenis barang dan/atau jasa.

Pencatatan perjanjian lisensi merek dagang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan wajib dimohonkan pencatatannya kepada Menteri Hukum dengan dikenai biaya.

Permohonan yang telah dicatat sesuai peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 67 tahun 2016 akan diumumkan dalam berita resmi merek. Jika permohonan tidak dicatatkan, tidak berakibat hukum pada pihak ketiga.

Perjanjian lisensi dilarang memuat ketentuan khusus yang menimbulkan kerugian terhadap perekonomian Indonesia, membatasi atau menghambat kemampuan bangsa Indonesia dalam mengembangkan teknologi.

16 daftar merek umkm

Sebutkan atas dasar apa kantor merk dapat menghapus hak merk dagang ?

1. Merek tidak digunakan selama 3 tahun berturut-turut dalam perdagangan barang dan/atau jasa sejak tanggal mendaftarkan atau pemakaian terakhir, kecuali apabila ada alasan atau latar belakang yang dapat diterima oleh DJHKI.
Seperti larangan impor, larangan yang berkaitan dengan izin bagi peredaran barang yang menggunakan merek yang bersangkutan atau keputusan dari pihak yang berwenang yang bersifat sementara.

Selain itu, larangan serupa lainnya yang ditetapkan dalam regulasi dan peraturan pemerintah tentang pendaftaran merek juga dapat berakibat pada penghapusan merek.

2. Merek digunakan untuk jenis barang/jasa yang tidak sesuai dengan jenis barang dan/atau jasa yang dimohonkan.

3. Pihak yang berwenang menangani penghapusan dan pembatalan merek terdaftar serta mengadili gugatan penghapusan maupun gugatan tuntutan, keberatan dan sanggahan pembatalan merek dagang terdaftar adalah pengadilan niaga.

17 pendaftaran hak merek

Pendaftaran merek gratis ?

Mengurus merek dagang sangat penting bagi Anda yang sedang merintis maupun pelaku usaha yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis.

Karena tujuan pendaftaran merek yaitu untuk mendapatkan perlindungan hukum.

Pengurusan paten merek gratis apakah ada? Tidak ada, silahkan hubungi Konsultan KI Patendo untuk mendapatkan harga jasa pendaftaran merek yang lebih terjangkau.

Anda tidak perlu repot datang sendiri ke kantor pendaftaran paten merek karena semua dilakukan secara online sehingga lebih hemat dan efisien.

Apa manfaat pendaftaran merek via internet / on line bersama Patendo? Tentu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tanpa harus membayar biaya transport dan akomodasi lainnya.

Selain itu Anda tidak perlu bolak balik memenuhi list persyaratan pengurusan merek yang belum lengkap, karena semua persyaratan bisa dikirim via email, jadi bisnis Anda tetap berjalan dan tidak terbengkalai.

Di mana tempat dan bagaimana cara pendaftaran merek secara online? Di Patendo, caranya mudah dan mencakup semua pengajuan merek dari berbagai wilayah di tanah air.

18 pendaftaran paten merek

Penerbitan sertifikat merek dagang

Sertifikat merek diterbitkan oleh Ditjen Kekayaan Intelektual sejak merek tersebut terdaftar. Sertifikat merek dagang memuat:

1. Nama dan alamat lengkap pemilik merek yang didaftar.

2. Nama dan alamat lengkap kuasa, dalam hal permohonan melalui kuasa.

3. Tanggal penerimaan.

4. Nama negara dan tanggal penerimaan permohonan yang pertama kali dalam hal permohonan diajukan dengan menggunakan hak prioritas.

5. Label merek yang didaftarkan, termasuk keterangan mengenai macam warna jika merek tersebut menggunakan unsur warna.

Jika merek menggunakan bahasa asing, huruf selain huruf Latin, dan/atau angka yang tidak lazim digunakan dalam bahasa Indonesia disertai terjemahannya dalam bahasa Indonesia, serta cara pengucapannya dalam ejaan Latin.

6. Tanggal dan nomor registrasi merek dagang .

7. Kelas atau klasifikasi dari jenis barang/jasa yang mereknya didaftar.

8. Jangka waktu berlakunya perlindungan merek.

Sertifikat merek dikeluarkan oleh Dirjen Hak Kekayaan Intelektual.

Lantas apakah Anda masih tetap belum mempunyai keinginan untuk daftarkan merek?

Atau menunggu orang lain mematenkan merek anda tanpa sepengetahuan Anda dan Anda akan kehilangan merek? Bikin merek Anda segera.

Jika Anda sudah memiliki name merek dagang yang keren, unik ataupun hoki, jangan tunda mendaftarkan merek anda.

Agar merek terlindungi dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Anda akan mendapat pengayoman atau perlindungan hukum.

Untuk jenis barang seperti makanan, minuman dan kosmetik bisa anda urus kode ijin ke bpom setelah anda mendaftar merek tanpa harus menunggu sertifikat merek.

Anda ingin register merek dagang tapi bingung cara pengurusan merek dagang ke haki?
Serahkan urusan pendaftaran dan konsultasi seputar merek dagang kepada Patendo.

Anda akan mendapatkan penawaran biaya 2020 yang murah dan proses pendaftaran  brand yang mudah, hubungi WA 0853 5122 5081. Kami siap membantu Anda.

Cek merek dgip perlu dilakukan agar merek terhindar dari penolakan saat pendaftaran merek. Lindungilah merek anda segera dengan tarif terjangkau.

Merek merupakan tanda atau simbol yang dijadikan sebagai identitas suatu jenis barang atau jasa dan dapat membedakan produk satu dengan produk lainnya.

dgip kelas barang

Jenis-jenis merek

Di Indonesia memiliki beberapa jenis merek. Berdasarkan tujuan produknya merek memiliki beberapa macam di antaranya:

1. Merek fungsional

Merek fungsional merupakan merek yang diterapkan pada produk untuk memberikan penilaian konsumen terhadap kinerja dan layanan bisnis serta nilai ekonomi yang diusung dalam produk.

Jenis merek seperti ini banyak digunakan oleh para pebisnis. Jika Anda ingin menggunakan jenis merek ini Anda perlu memperhatikan pemilihan merek yang tepat.

Jika tidak sesuai dengan merek yang disematkan maka persepsi konsumen akan sebaliknya.
Sebagai contoh, Anda sedang merintis bisnis teh dengan nama merek teh wangi. Kata wangi identik dengan hal-hal yang berhubungan dengan harum.

Kata wangi dibuat untuk membentuk sebuah persepsi bahwa teh yang diproduksi tersebut memberikan aroma wangi yang ditimbulkan dari teh tersebut.

Dengan harapan pelanggan akan merasa relax dan merasakan manfaat dari teh wangi tersebut.

2. Merek citra

Tujuan jenis merek citra tentunya untuk meningkatkan citra bagi customer yang menggunakannya.

Biasanya penggunaan fungsi ini dilakukan oleh merek-merek yang ingin mengangkat gengsi dan pamor penggunanya.

Kebanyakan pebisnis yang menggunakan jenis merek ini umumnya merupakan produk premium dan lebih banyak menyasar kalangan menengah ke atas.

Walaupun lebih sedikit yang memakai, tapi jenis merek ini kenyataanya banyak mendulang keuntungan.

3. Merek eksperiensial

Berdasarkan dari asal kata, eksperiensial memiliki arti sebagai kesan atau kondisi yang terjadi pada seseorang. Oleh sebab itu merek jenis ini bertujuan untuk menawarkan sebuah kesan yang dapat dinikmati oleh pelanggannya.

Merek jenis ini memiliki target pasar yang khusus. Sesuai dengan tujuan, produsen akan menarik minat customer yang menyukai konsep tertentu.

Misalnya merek beras organik, yang menargetkan konsumen dengan gaya hidup sehat.

Pemilihan jenis merek mana yang akan Anda gunakan, bergantung pada jenis produk yang akan Anda perjualbelikan.

Berdasarkan kepemilikannya merek dapat dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Private brand

Private brand atau merek pribadi yaitu sebuah merek yang dimiliki oleh distributor atas produk barang atau jasa, misalnya hipermarket giant, carrefour dan yang lainnya.

2. Manufacturer brand

Manufacturer brand atau yang disebut sebagai merek perusahaan adalah merek yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, misalnya perusahaan so klin, ultraflu, vitacimin dan lainnya.

Berdasarkan perlindungannya merek terbagi menjadi:

1. Descriptive mark

Descriptive merek atau deskriptif merek yaitu merek yang tidak memiliki pembeda dengan jenis barang atau jasanya.

Biasanya merek ini memiliki peluang yang kecil untuk mendapatkan pelindungan. Misalnya kecap untuk produk kecap, kitchen salt untuk produk garam dapur dan lainnya.

2. Suggestive mark

Merek yang memiliki sifat sugesti yaitu merek yang memperlihatkan atau menunjukkan keadaan atau sifat produk itu sendiri.

Misalnya Fat Dog sebagai merek makanan anjing, dengan tujuan jika anjing memakan produk tersebut seolah-olah nantinya anjing akan menjadi gemuk.

3. Arbitrary mark

Merek yang diambil dari kata yang tidak ada hubungannya dengan produk tersebut, biasanya merek ini lebih banyak mendapat peluang untuk dilindungi. Contohnya Apple untuk merek komputer, Gajah untuk merek sarung.

4. Fancifull atau coined mark

Merek yang dibuat dari kata temuan atau sengaja diciptakan ini juga memiliki peluang besar untuk diterima perlindungannya, karena nama merek jenis ini tercipta dari imajinasi dan tidak dijumpai dalam bahasa manapun.

Contohnya Kodak sebagai nama merek kamera, Xerox merek dari jenis barang mesin fotokopi dan masih banyak contoh lainnya.

estatus dgip

Cara cek merk sudah terdaftar atau belum

Lalu bagaimanakah cara cek merk sudah terdaftar atau belum ? Pengecekan merek adalah cara yang dilakukan pemohon merek dalam menghindari adanya penolakan.

Indonesia trademark search atau yang biasa disebut dgip penelusuran merek ini sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan merek yang akan didaftarkan.

Penting untuk melakukan penelusuran dgip bagi pelaku usaha sebelum mengajukan permohonan izin merek dan logo.

Agar pemohon mengetahui apakah merek yang akan didaftarkan sudah ada yang menyerupai atau belum. Dalam hal ini yaitu menyerupai pada pokok maupun keseluruhannya.

Untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa melakukan penelusuran merek dgip melalui kantor konsultan Patendo.

Indonesia sendiri menganut sistem first to file di mana setiap pemohon yang sudah lebih dahulu menpatenkan mereknya maka ia yang akan mendapatkan hak atas merek dan perlindungan hukum dengan jangka waktu 10 tahun.

Patendo juga melayani permohonan merek dagang dari luar negeri yang ingin daftarin mereknya di Indonesia. Segera hubungi kami di WA 0853 5122 5081.

Secara umum merek yang mempunyai persamaan pada pokok atau keseluruhannya dapat ditolak permohonannya dengan:

1. Pihak lain yang telah mendaftarkan merek dagangnya untuk jenis barang atau usaha yang sejenis.

2. Merek terkenal yang dimilik pihak lain dengan jenis barang dan jasa yang sama.

3. Indikasi geografis yang telah terdaftar.

Peraturan pemerintah menjelaskan bahwa untuk menentukan jenis barang dan usaha yang sama memiliki kriteria berdasarkan:

1. Tujuan dan metode penggunaan barang atau jasa.

2. Kompetisi barang atau jasa.

3. Sifat dari barang atau jasa.

4. Komplementasi barang atau jasa.

5. Asal produksi barang atau jasa.

6. Saluran ditribusi barang atau jasa.

7. Komplementasi barang atau jasa.

Oleh karena itu sebelum melakukan izin merek, penting untuk melakukan penelusuran apakah merek yang akan didaftarkan tersebut sudah didaftarkan pihak lain atau belum.

Dengan melakukan cek merek dagang terdaftar maka Anda akan terhindar dari kerugian ditolaknya permohonan merek serta menghindari usaha Anda dari tuntutan hukum jika suatu saat terdapat merek yang hampir sama dengan merek Anda.

Berikut ini penjelasan mengenai tata cara cek merek sudah terdaftar atau belum.

Untuk penelusuran merek yang sudah terdaftar di dgip dapat Anda lakukan via internet. Namun untuk cara cek merek terdaftar secara menyeluruh dan detail bisa dilakukan lewat konsultan Patendo yang sudah berpengalaman dalam bidang ini.

Penelusuran merek untuk mengetahui apakah nantinya merek yang akan didaftarkan bisa diterima atau ditolak oleh kemenkumham.

Merek adalah aset berharga bagi usaha Anda, maka agar tidak salah langkah, kami siap membantu Anda dalam penelusuran merek.

Lebih baik melakukan penelusuran merek di awal dari pada merek didaftarkan dan ditolak berkali-kali, akan membuang-buang waktu dan biaya.

cek status

Kemenkumham cek merek haki

Apa pentingnya melakukan cek merek?  Melakukan cek merek dgip sangat penting, karena hal ini berdampak bagi keberlangsungan merek dagang Anda.

Coba Anda pikirkan, apabila permohonan merek Anda ditolak karena merek tersebut sudah ada yang mendaftarakan, tentu Anda akan mengalami kerugian.

Tidak hanya uang permohonan yang hangus, tapi juga reputasi bisnis menjadi menurun.

Oleh karena itu pemohon dianjurkan melakukan pengecekan terhadap merek yang akan didaftarkan.

Gunanya untuk mengetahui keberadaan merek yang sudah teregister di dgip dan untuk mengurangi risiko penolakan serta mencegah dari tuntutan hukum di tengah jalan.

Cek status pendaftaran merek

Cek daftar merek di dijten hki tidak membutuhkan waktu yang lama. Cek status pendaftaran merek bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara elektronik maupun non elektronik.

Untuk cek merek online atau melalui elektronik dapat dilakukan di website e-status merek.

Dalam cek merek haki online tersebut terdapat informasi mengenai merek dagang, hak desain, hak atas ciptaan dan paten bagi pemohon yang telah mempatenkan kekayaan intelektualnya.

Baik permohonan yang masih dalam proses pemeriksaan, permohonan yang sudah terdaftar hingga permohonan yang ditolak.

Lalu bagaimana cara cek nama merek dagang yang sudah terdaftar? Caranya cukup mudah Anda hanya perlu menggunakan komputer atau HP dan gunakan internet melalui google kemudian masuk ke link website Patendo.

Langkah untuk pengecekan merek kemenkumham, Anda bisa pilih kategori “merek” kemudian masukkan nama merek yang ingin dicari.

Jika sudah ada nama brand yang sama maka perhatikan kelasnya, apakah nama dan kelas atas jenis barang atau jasa sama dengan merek Anda atau tidak, jika sama maka perlu diganti dengan nama lain.

Perhatikan juga status mereknya, misalnya nama merek yang Anda cari statusnya “didaftar” maka merek tersebut telah memperoleh sertifikat dan masih dalam masa perlindungan.

Jika status merek “kadaluarsa” maka siapa saja boleh menggunakan nama merek tersebut selama tidak diperpanjang oleh pemiliknya.

Untuk cara cek merek dagang online yang dilakukan secara menyeluruh menggunakan database kemenkumham yang terbaru. Anda bisa meminta bantuan kami, segera hubungi konsultan Patendo agar tidak salah dalam melakukan pengecekan.

Dari hasil penelusuran status merek, Anda akan mendapatkan informasi tentang keberadaan merek yang telah terdaftar maupun yang masih dalam proses pemeriksaan.

cek merek bpom

Dgip hak desain

Hak desain adalah hak khusus yang diberikan negera kepada pendesain yang telah membuat suatu karya yang diaplikasikan dalam suatu produk atau barang.

Untuk mendapatkan hak tersebut pendesain harus mendaftarkan karyanya kepada pihak yang berwenang, karena setiap karya yang dihasilkan dan memiliki nilai jual berhak mendapatkan pelindungan.

Jika hak desain tidak dilindungi bisa jadi hasil karya desain yang sudah diciptakan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berikut ini contoh kasus sengketa hak desain. Kasus hak desain antara PT Buana Agung dengan Honda motor bermula dari desain motor yang diproduksi PT Buana.

Honda tidak terima atas produksi masal yang telah dilakukan oleh PT Buana karena menggunakan desain motor milik Honda tanpa persetujuan atau kerjasama. Akhirnya Honda menggugat PT Buana kepada pihak yang berwajib.

Hasil negosiasi, Honda meminta ganti rugi sebesar seratus juta rupiah kepada PT Buana, dan meminta untuk menghentikan produksi maupun penjualan sepeda motor dengan desain milik Honda.

Dari kasus tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penting sekali untuk mendaftarkan hak desain Anda kepada Direktorat, agar desain dapat dilindungi oleh Negara. Lindungi segera hasil karya desain Anda sebelum diambil orang lain.

penelusuran merek terdaftar

Kelas merek barang dan jasa online

Cek kelas merek dari jenis kelas barang atau jasa lewat dgip perlu dilakukan sebelum mengajukan permohonan merek. Dalam penentuan pengecekan barang atau jasa yang sejenis yaitu dengan mencantumkan kriteria sebagai berikut:

1. Kelas atau klasifikasi merek dari barang atau jasa.

2. Metode penggunaan barang atau jasa.

3. Tujuan barang atau jasa.

4. Target pelanggan.

5. Asal produk.

6. Distributor barang atau jasa.

7. Kompetisi barang atau jasa.

Berikut ini contoh cara pengeceken merek dari jenis barang berdasarkan kelasnya. Setiap jenis barang atau jasa memiliki kelas yang berbeda-beda.

Misalnya jenis barang kopi, maka barang yang sejenis yaitu minuman berbahan dasar kopi kelas 30, kedai kopi kelas 43 dan toko yang jual produk kopi kelas 35.

Daftar kelas barang dan jasa:

Kelas 1: pupuk, zat kimia untuk mengawetkan bahan makanan.
Kelas 3: kosmetik, sabun, wangi-wangian, minyak rambut.
Kelas 5: makanan bayi, suplemen, vitamin, jamu, pembasmi kuman.
Kelas 9: software, barang elektronik.
Kelas 20: furniture, perabot rumah, kaca, bingkai.
Kelas 25: pakaian, sepatu, sandal, tutup kepala.
Kelas 30: roti, gula, kakao, teh, kopi, beras, mie, tepung.
Kelas 32: minuman jus, air mineral, air minum dalam kemasan.
Kelas 35: toko, periklanan, showroom mobil atau motor.
Kelas 37: jasa laundry, pencucian kendaraan bermotor, bengkel kendaraan.
Kelas 39: jasa travel, rental mobil, jasa pemandu wisata.
Kelas 41: jasa pendidikan, pelatihan, layanan hiburan, kursus.
Kelas 42: desain dan pembuatan situs web, jasa penelitian dan analisis industri.
Kelas 43: restoran, kedai, kafe, hotel, jasa katering.

Itulah sebagian kelas-kelas dari jenis barang dan jasa, untuk mengetahui hasil pengeceken merek sesuai dengan kelasnya, Anda dapat menghubungi konsultan Patendo.

Menentukan kelas yang tepat untuk jenis usaha juga menjadi hal yang penting.

Karena apabila jenis barang atau usaha tidak sesuai dengan kelas yang telah ada dalam database terbaru, bisa jadi permohonan akan ditolak oleh pihak terkait.

Selain itu cek merek dgip juga bisa dilakukan dengan merek yg memiliki persamaan pada pokoknya.

Artinya merek yang memiliki kemiripan atau persamaan dengan merek lain yang sudah terdaftar, maka dapat berisiko ditolak. Oleh karena itu penting untuk pengecekan merek melalui konsultan Patendo.

Sebelum mematenkan merek misal usaha toko online, tentukan dulu nama domain dan kelas yang sesuai dengan merek Anda.

Kemudian lakukan cek merek hki terhadap nama domain yang ingin didaftar. Pastikan bahwa nama domain tersebut belum ada yang memakai.

Jika Anda sudah terlanjur membeli nama domain tapi ternyata sudah ada nama yang sama, maka Anda akan merugi dan bisnis pun akan terhambat, karena nama domain yang sudah Anda gunakan telah lebih dulu didaftarkan oleh pihak lain.

prosedur pengajuan merek

Dgip cek merek BPOM

BPOM kepanjangan dari badan pengawas obat dan makanan, lembaga ini bertugas mengawasi dan memberikan ijin atas peredaran barang berupa makanan dan obat-obatan.

Badan tersebut memiliki wewenang untuk mengawasi maupun mencabut peredaran barang di seluruh indonesia. Pencabutan peredaran barang dikhususkan untuk jenis barang yang berbahaya dikonsumsi oleh konsumen.

Oleh karena itu merek dagang selain harus memiliki ijin merek juga perlu memiliki ijin edar.

Langkah awal selain melakukan pengecekan dgip merek, pengecekan bpom juga tidak kalah penting untuk mengetahui kemanan dan kelayakan produk yang beredar.

Merek produk kosmetik, makanan dan obat-obatan memerlukan pengawasan dari pemerintah khususnya BPOM, karena masyarakat minim pengetahuan terhadap kandungan suatu produk.

Berikut ini merupakan cara yang tepat dan mudah agar terhindar dari produk yang berbahaya, supaya kesehatan dan keselamatan tetap terlindungi.

Untuk mengetahui keamanan produk yang telah beredar, Anda bisa lakukan cek merek terdaftar di BPOM, dengan mengunjungi webnya.

Kemudian masukkan nama merek atau nomor registrasi yang ingin dicek. Setelah klik cari, jika produk sudah didaftarkan ke BPOM maka akan muncul produk yang dicari.

Sebaliknya jika produk tidak muncul atau tidak memiliki nomor registrasi pada kemasannya, maka kemungkinan besar produk tersebut belum aman untuk dikonsumsi atau dipakai.

Bpom juga telah meluncurkan aplikasi online, agar mempermudah masyarakat menentukan produk yang benar-benar asli atau original, aman dan terjamin, apalagi jika ingin membeli produk secara online.

Untuk produsen yang memiliki jenis barang berupa makanan, obat-obatan, suplemen dan kosmetik sangat dianjurkan untuk melakukan ijin edar ke BPOM.

Cara ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada konsumen selain itu juga dapat meminimalisasi dari tindak pemalsuan produk.

Ijin BPOM biasanya hanya memerlukan bukti permohonan merek, jadi ketika Anda sudah mendaftarkan merek, Anda juga dapat meminta ijin edar ke Badan POM.

jenis merek

Cek merek hki yang tidak dapat didaftarkan

Melakukan pengecekan merek adalah hal penting untuk mengetahui apakah merek yang akan didaftarkan masuk dalam kategori merek yang dapat didaftarkan atau tidak.

Untuk mengetahui merek yang tidak dapat didaftarkan, perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Bertentangan dengan ideologi negara, peraturan perundang-undangan, agama, moralitas, kesusilaan, serta ketertiban umum.

2. Terdapat unsur yang menyesatkan konsumen mengenai asal usul, jenis, ukuran, macam dan kualitas serta petunjuk penggunaan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya untuk barang dan jasa yang sejenis.

3. Berkaitan atau sama dengan atau hanya menyebutkan barang atau jasa yang dimohonkan.

4. Menjelaskan keterangan yang tidak sesuai dengan produk, misalnya mengenai manfaat dan kualitas barang.

5. Tidak mempunyai daya pembeda dengan merek yang sejenis.

6. Milik umum, dalam hal ini nama telah menjadi milik umum, seperti lambang dan bendera.

7. Pemohon beriktikad tidak baik.

Itulah beberapa alasan kenapa merek tidak dapat didaftarkan dan sebagai pemohon Anda perlu memperhatikan hal-hal tersebut.

Permohonan yang harus ditolak, di antaranya karena merek :

1. Menyerupai nama orang terkenal, foto, badan hukum yang telah dimiliki orang lain, kecuali terdapat persetujuan dari pihak yang bersangkutan.

2. Meniru dan menyerupai nama atau singkatan nama, lambang, simbol, emblem negara, bendera, lembaga nasional atau internasional, kecuali atas persetujuan dari pihak terkait.

3. Meniru atau menyerupai tanda atau cap atau stempel resmi yang digunakan negara atau pemerintah, kecuali jika sudah mendapat persetujuan dari pihak terkait.

Agar tidak terjadi kesalahan saat akan mengajukan pendaftaran merek, hubungi konsultan untuk membantu Anda dalam pengecekan merek melalui dgip maupun membantu mendaftarkan paten merek.

dgip cek status merek

Jangka waktu pendaftaran merek

Untuk menjaga kejelasan hukum serta persaingan usaha yang sehat, Perancangan Undang-Undang Brand akan menyederhanakan proses serta pendaftaran brand.

Ini disampaikan oleh Sekretaris DJKI, Bambang Iriana.

Bambang, Direktur Merek, menjelaskan jika merujuk pada RUU yang sedang digodok itu, pemohon brand cukup menanti paling lama 11 bulan supaya mereknya tercatat di Ditjen KI.

Pemohon bisa menghemat waktu 3 bulan 10 hari dari periode waktu yang diatur.

Bambang menjelaskan pengurangan waktu 3 bulan 10 hari dilakukan sebab ada tingkatan yang tidak efisien dalam UU Brand. Beberapa tahapan dalam permintaan pendaftaran brand di UU Brand ialah tahapan pemeriksaan resmi semasa 30 hari, diteruskan dengan pemeriksaan substantif maksimum 9 bulan, selanjutnya pengumuman dalam tempo 10 hari ditambah 3 bulan.

Jika waktu pengumuman tidak ada yang ajukan keberatan atas brand itu, Ditjen KI akan memberi sertifikasi pada brand itu dalam tempo paling lama 30 hari. Tetapi, jika ada pihak yang keberatan pada brand yang dipublikasikan itu, Ditjen KI akan mengecek kembali lagi.

Sedang, RUU Brand ini ‘membalik proses’ pendaftaran brand yang berlaku saat ini. RUU Brand mengatur tahapan pengumuman terlebih dulu dibanding tahapan pemeriksaan substansi. Sesudah dilaksanakan pemeriksaan resmi semasa 30 hari, Ditjen KI akan segera memberitakan brand itu semasa 3 bulan. Selanjutnya, baru diteruskan ke tahapan pemeriksaan substantif dengan waktu paling lama enam bulan baik ada keberatan atau tidak dari pihak lain atas brand itu.

Sesudah dipastikan berhasil lolos, sertifikasi pada brand itu akan diberi dalam tempo 30 hari.

“Kelebihannya ialah bila ada pihak oposisi bisa diperiksa bersamaan di waktu pemeriksaan substantif. Makin mempercepat waktu, ” papar Direktur brand Bambang Iriana.

Selanjutnya, Bambang mengharap RUU Brand bisa selekasnya dibahas di DPR pada 2014 ini. Masalahnya brand mempunyai fungsi yang penting dalam menjaga kompetisi usaha sehat. Disamping itu, untuk makin menaikkan pelayanan serta memberi kejelasan hukum untuk dunia industri, perdagangan serta investasi dalam menghadapi kemajuan perekonomian dunia, butuh dibantu peraturan perundang-undangan yang makin memadai di sektor Merek.

Jika Anda sudah memiliki usaha, misalnya waralaba, bidang jasa maupun merek dagang, Anda perlu urus pendaftarannya agar mendapat hak atas merek dan perlindungan hukum sesuai dengan UU yang berlaku di Indonesia.

Patendo mempunyai penawaran khusus untuk penelusuran merek dgip dan permohonan merek yang mudah dan murah, hubungi kami sekarang juga WA 0853 5122 5081 atau email ke cs@patendo.com.

Berikut rekomendasi barang dan jasa yang bisa Anda daftarkan agar memiliki perlindungan hukum, di antaranya: olshop / online shop, dodol, biro jasa travel, jasa pendidikan, jasa pelatihan,

jasa desain, restoran, kafe, pisang karamel, hotel, jasa kesehatan, klinik medis, kue tradisional, salon kecantikan, potong rambut, jasa franchise / waralaba, jasa kontruksi, yayasan, cairan pembersih lantai granit,

cat rambut, chicken nugget, deodoran, olive oil, gel rambut, kaldu instan, pisau cukur, pipa air, selai, ukulele, alat pancing, underwear, gedung, rumah sakit, service computer,

rumah susun, eco bottle, lollipops, mebel, ebook, kotak nasi, gantungan kunci, warung makan, kedai, kudung / kerudung, jajanan, kain screen sablon, cup minuman serat, frenchis, sabun mandi cair, henna, dompet kulit, charger hp,

gerobak motor, pancing, minimarket, photography, event organizer, bawang goreng, spare part motor, pion sangkar, sabun homemade, ayam geprek, gamis, jas, pupuk organik cair, sapu, cream glowing, generator listrik,

daster, suplemen, vitamin, benang, harmonika, biro haji dan umroh, slime, squishy, makanan hewan kucing, juice, bakery, deterjen, sandwich sayuran, jelly, aiskrim, brownis, kue lebaran, kerupuk, kue kering, kue basah, donat,

basreng, kain, gorengan bawang, roti bakar premium, meja komputer, meja dapur, mie, fake eyelashes, motor, minyak kemiri, mic, nachos, nutrisi hidroponik, nota, obat nyamuk, keramik, obat batuk herbal, tandon air,

oven gas, pakan ternak, kerudung segi empat, barbershop, kopi sachet, kosmetik, krim pemutih, bimbel, lipstik matte, kaos polos, frozen food, shampoo, benih, tshirt, mobil, gelang, celana jeans levis atau denim, hoodie,

es krim, bolu, minyak goreng, makaroni, ice cream, custom clothing, properti, keju, skotlet, busana muslim, buket bunga, jepitan, stiker, souvenir pernikahan, rokok, sabun cuci piring, laptop, pewangi,

stiker undangan, kasur busa, kardus, apparel, skincare, bulu mata, susu kedelai, bola badminton, jam tangan, jam dinding, cerutu, stik kelor, teh botol, bakso, mukena, bros, dimsum, handphone, book, pakaian pria, softlens,

hijab, rokok listrik / vape, sarung, permen, kotak nasi, tekstil, alat pendeteksi telur busuk, pvc plafon, nasi ayam, hammock, yogurt, roti maryam, piscok, parfum, popcorn, sticker, standing pouch, toko sembako, pisang lumpur,

semen, catering, telur asin, tas, obat, jilbab, plastik, sepatu futsal, kaos kaki, kaos oblong, alat bordir, body lotion, tembakau, underwear, masker, streetwear, helm, minuman segar, susu almond, garam, teh hijau,

cake, online shop, kapsul whitening, kebaya, coklat, pc, knalpot dengan laser, seng, fashion, produk, pomade, martabak manis, hand bouquet, minyak sereh wangi, café vintage, anting, tempe, stationery, dslr, kerajinan flanel,

saus, kancing, jaket kulit, tutup pop ice, peci, tas rajutan, katering, jus buah, perhiasan, sari lemon, gelas, kuningan, pensil alis, baju sekolah, minuman kekinian, sereal, rok, sangkar, kontainer, topi, pos ronda, toples, emblem,

karung beras, abon kates, puding, essen ikan mas, hp android, sepeda, sale pisang, salad, casing, kripik singkong, keripik pepaya, sterofoam, sarung tangan, cctv, bengkel bubut, es dawet, es cappucino, kabel data, spring bed,

handuk, lampu led, galon, komputer, groceries, handbags, minyak oles, cat tembok, mesin jahit, lakban, jamur, nastar, keset kaki, mesin fotocopy, kedai kopi, filter air, mesin obras, amplop lebaran,

martabak 8 rasa, gagang skop, tisu, makanan ringan, baju tidur, cookies, lilin, aplikasi, handbody, sweeter, software, batik tulis, nugget, kemplang singkong, cemilan, baju skate, aquarium, tusuk sate, masker organik,

lulur sachset, alat kecantikan, es kepal milo, teh diet atau pelangsing, neon box, alat elektronik, antena tv, golok, kertas struk, kertas thermal, aki, shuttlecock, plat besi, kemasan, pestisida, karet, es cream, lip cream,

gitar, sepatu kulit, snek, distro, antena wifi, mie lidi, kemeja, kawat vape, pelastik klip, kayu, kemasan plastik, madu, jahe instan, rengginang, pin hijab, buku, kacang oven, kaca, aksesoris, teh, cofee, logam, gula merah, biskuit, semir sepatu,

kripik pare, es teler durian, jenis kertas, bahan pangan, tenun ikat, gelas plastik, pulsa, pilox, baju muslim syar’i, beras, benih jagung, minyak urut, gantungan jilbab, jagung serut, baju gym, gergaji meja, minyak, make up,

keripik pisang, kacang bawang, optik kacamata, pangkas rambut, sambel, sambal pecel, arloji, dessert, skincard, poster, emas, kerah baju anak, beauty care, baju movon karate, parfum laundry, otak2 ebi, gantungan sepeda,

pil langsing, kentang goreng, jamu tradisional, bulu mata palsu, kuota internet, software, industri rumahan, lotion racikan dokter, pakan sapi, tote bag, leptop, vipot table, barang elektronik, kripik renyah, furniture, sprei,

perabot, bahan kain, kartu perdana, sandal jepit, teh, kopi bubuk, ecommerce, air minum mineral, AMDK, store, khimar, gantungan kunci, coffeshop, showroom mobil atau motor, jasa laundry, gorden mobil, air minum galon,

pencucian kendaraan bermotor, detergen, mesin fress, bengkel kendaraan.

20 pendaftaran djki

Panduan daftar merek online

Untuk mendapat panduan daftar merek online silahkan baca halaman biaya dan cara daftar merek di web Patendo. Anda bisa bertanya lewat WA, chat yang ada di web atau via telpon.  Proses pendaftaran merek menjadi mudah bersama Patendo, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.

For security, use of Google's reCAPTCHA service is required which is subject to the Google Privacy Policy and Terms of Use.

I agree to these terms.