021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Jasa Pendaftaran Merek Dagang HKI 2022 Murah dan Terpercaya

Jasa pendaftaran merek dagang

Jasa pendaftaran merek dagang HKI Patendo murah dan terpercaya adalah konsultan HKI Terdaftar yang siap membantu dalam melindungi merek usaha anda. Patendo telah dipercaya oleh banyak klien dari dalam dan luar negeri. Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, para pelaku usaha sangat penting untuk mengenali bagaimana tahapan pendaftaran merek ke lembaga terkait. Dengan didaftarkannya merek dagang yang dimilikinya, maka calon konsumen akan menaruh kepercayaan lebih kepada bisnis tersebut. Dengan begitu, akan berpengaruh pada eksistensi usaha yang semakin dikenal dan bisa berkembang dengan pesat di pasaran.

Nah untuk anda para pelaku usaha khususnya para pemula, berikut akan kami jelaskan mengenai merek dagang, mulai dari proses pendaftaran merek, fungsi, manfaat, dan sebagainya. Untuk itu yuk simak pembahasan berikut ini!

Mengenal Merek dan Manfaat Jasa Pendaftaran Merek

Merek sendiri merupakan sebuah tanda yang berbentuk nama, huruf, gambar, angka, kata, susunan warna, ataupun perpaduan dari dua atau lebih unsur-unsur tersebut. Merek dipakai dalam setiap kegiatan jual beli suatu produk ataupun jasa. Merek juga berguna untuk membedakan produk-produk yang sejenis dari perusahaan satu dengan yang lainnya.

Sejatinya mendaftarkan suatu merek yang kita punya ke pihak terkait begitu penting untuk dilakukan untuk melindungi brand usahamu. Hal ini dilakukan guna menghindari merek supaya tidak dapat disalahgunakan oleh orang sembarangan.

Pastinya anda sebagai pelaku usaha tidak ingin merek yang telah susah payah anda buat sejak lama, tiba-tiba ada pihak lain yang merebut merekmu begitu saja. Maka dari itu, sangat perlu kita pahami manfaat-manfaat apa saja yang didapatkan setelah mendaftarkan merek usaha.

Sebagai pelaku usaha yang masih pemula, tahap pertama yang harus dikerjakan yaitu meningkatkan merek. Perlu diketahui bahwa fungsi utama dari suatu merek yaitu sebagai alat untuk berpromosi dan tanda pengenal. Merek yang mempunyai branding dan kualitas yang mumpuni pastinya akan lebih mudah diterima oleh para konsumen. Untuk itu, berikut akan kami paparkan seberapa pentingnya jasa pendaftaran merek.

7 manfaat penting pendaftaran merek

7 manfaat penting pendaftaran merek

1. Dapat memperoleh perlindungan

Apabila merek tersebut sudah berhasil didaftarkan dan mendapatkan sertifikat dari lembaga-lembaga resmi terkait, maka sudah dipastikan dapat dilindungi secara hukum. Hal itu tandanya, selama merek tersebut belum terdaftar status merek masih terbilang umum dan tidak bisa memperoleh perlindungan hukum.

Tidak hanya itu, dengan belum didaftarkannya merek maka pihak lain bebas untuk memakai merek tersebut dan pemilik aslinya tidak berhak untuk menuntutnya secara hukum jika terjadi hal-hal pencurian, pengklaiman, dan sebagainya. Hal seperti itu disebut juga dengan istilah konstitutif.

Namun kondisi seperti itu akan berubah jika merek usahamu telah terdaftar secara resmi. Negara tentunya akan memberikan hak eksklusif kepada sang pemilik dan melindunginya hingga 10 tahun ke depan secara penuh dari tanggal penerimaan merek. Jika sudah 10 tahun, maka perlu dilakukan perpanjangan merek.

Hal tersebut telah terkandung dalam UU Nomor 15 Tahun 2001, UU Nomor 14 Tahun 1998, serta UU Nomor 19 Tahun 1992. Dalam proses pendaftaran konstitutif, terdapat suatu prinsip dalam menerima suatu merek, yaitu siapa cepat dia dapat. Artinya, siapa pun yang terlebih dahulu mendaftarkan merek tersebut, maka pendaftarannya akan segera diterima. Hal itu bertujuan untuk menghindari pemalsuan, pendomplengan, serta kemiripan dengan merek dari pihak lain.

2. Mempunyai identitas produk

Keuntungan dari didaftarkannya merek selanjutnya yaitu usaha yang anda jalani mempunyai label. Hal ini sudah tertera dalam UU No 20 Tahun 2016 terkait Merek dan Indikasi Geografis (MIG).

Dalam UU itu menyatakan, bahwa merek merupakan suatu tanda yang dapat ditampakkan dengan bentuk gambar, nama, logo, huruf, angka, kata, serta susunan warna. Entah bisa berbentuk suara, hologram, 2D atau 3D, atau pun perpaduan lebih dari dua unsur untuk membedakan suatu produk ataupun jasa.

Kini semua barang maupun jasa yang anda luncurkan mempunyai identitas diri. Identitas ini nantinya akan tergantung dari branding strategy pada masyarakat. Apakah anda mempromosikan merek dengan metode memberikan banyak bonus, mengutamakan kualitas, atau harga yang murah.

3. Untuk membedakan produk satu dengan produk lainnya

Apa yang ada di pikiranmu saat memperhatikan merek laptop seperti Asus, Acer, Dell, Apple, dan sebagainya? Tentunya ada daya tarik sendiri dari merek-merek tersebut di mata para konsumen. Tentunya anda sangat menginginkan merek usahamu banyak dikenali oleh banyak orang dengan ciri khasnya sendiri. Oleh karena itu, segeralah untuk mendaftarkan merek saat baru mulai membuka usaha.

4. Memegang hak eksklusif atas merek

Merek merupakan suatu aset yang tidak berbentuk dan hak eksklusif dari sang pemiliknya untuk memakaikan merek dalam berbagai aktivitas perdagangan yang disesuaikan dengan jenis dan kelas produk maupun jasa yang telah didaftarkan.

Dengan adanya hak merek ini, anda sebagai pemilik mempunyai kebebasan sendiri untuk menggunakan mereknya dan mempunyai wewenang untuk melarang orang lain yang ingin memakai merek tanpa izin. Namun jika mengizinkan pihak lain untuk menggunakan merek usahamu, maka sang pemilik merek terdaftar harus melalui lisensi untuk memberikan izin.

5. Peluang untuk membuka usaha

Mengadakan kerja sama dengan pihak lain merupakan salah satu cara supaya usaha yang dijalani semakin cepat berkembang. Namun, tentunya ada saja pihak-pihak yang tidak ingin bekerja sama jika produkmu tidak mempunyai legalitas merek.

Nah manfaat dari jasa pendaftaran merek ini yaitu anda bisa mendorong suatu kerja sama, seperti memperoleh peluang usaha, ekspor, franchise, dan lain sebagainya. Melihat semakin banyaknya jenis usaha, bukan tidak mungkin akan memperoleh keuntungan finansial dan hukum dari terdaftarnya merek.

6. Menambah nilai aset perusahaan

Merek bisa dipakai sebagai branding perusahaan yang nantinya akan mengundang banyak investor yang ingin menanamkan modalnya. Kemudian, merek juga akan semakin berharga apabila sudah resmi terdaftar di lembaga resmi. Sangat disayangkan sekali apabila banyak pihak yang memakaikan merek usahamu, hingga akhirnya membuat nilai jualnya jadi menghilang.

7. Menjaga kepercayaan konsumen dan image perusahaan

Merek usaha dengan mempunyai status yang jelas, akan berpengaruh pada keberlangsungan bisnis. Sekeras apapun anda dalam mempromosikan produk, nyatanya akan percuma sebab siapa pun bisa saja menjiplak produkmu.

Tentunya hal tersebut juga berpengaruh pada image perusahaan yang semakin menurun. Ditambah lagi apabila hasil jiplakan tersebut mempunyai kualitas yang rendah dan tidak sesuai dengan standar produksi dari perusahaanmu.

Fungsi pendaftaran merek dagang

Fungsi pendaftaran merek dagang

Jasa pendaftaran merek dagang nyatanya bisa memberikan banyak manfaat kepada sang pemiliknya. Di bawah ini adalah fungsi-fungsi merek:

1. Sebagai tanda pengenal

Suatu produk atau jasa yang dihasilkan pada dasarnya mempunyai nama brandnya sendiri. Hal tersebut tentunya dilakukan oleh individu ataupun perusahaan yang menciptakan sebuah produk yang bertujuan untuk membedakan produk yang dihasilkannya dengan produk pihak lain. Karena pada dasarnya sebuah merek dapat berfungsi untuk mengenali suatu barang dan jasa.

Maka dari itu, nama merek dari suatu produk jasa akan mendapatkan perlindungan secara hukum. Nama merek dagang yang telah ada pihak lain tidak boleh mengambil sembarangan untuk produknya. Jika terjadi demikian, sang pemilik tentu akan menuntutnya. Adapun merek dagang yang dilindungi secara penuh ini merupakan merek yang mempunyai keunikan dan sudah tercatat secara resmi

2. Sebagai alat untuk melakukan promosi

Sebuah produk dan jasa yang dijual di pasaran yang disertai dengan adanya nama brand, maka masyarakat dijamin akan lebih mudah mengenalnya. Dari merek tersebut masyarakat akan selalu teringat dengan produk yang akan dibeli. Apalagi jika barang tersebut sudah termasuk lama ada di pasaran.

Dengan mengucapkan nama tertentu, seseorang akan terpacu pada produk dan jasa yang tersedia. Jadi, keberadaan merek tersebut juga bisa dijadikan sebagai alat untuk melakukan promosi terhadap produk dan jasa tertentu yang dihasilkan perusahaan.

Semakin terkenal nama dari suatu merek, konsumen yang akan memakai atau mengonsumsinya akan semakin banyak. Hal tersebut tentunya suatu metode yang sangat pas dan bagian dari strategi pemasaran yang baik.

3. Untuk menjamin kualitas

Pada umumnya suatu produk dan jasa akan dikenal karena memiliki kualitas yang mumpuni. Apabila ketahanan dari barang tersebut bisa bertahan sampai kurun waktu yang lama, bukan tidak mungkin konsumen akan menyukai barang tersebut.

Begitu pula dengan layanan jasa yang berkualitas dan tidak mengecewakan, tentunya masyarakat akan meliriknya. Pastinya tidak sedikit masyarakat yang memilih untuk memakai produk dan jasa tersebut, karena kualitasnya yang dijamin baik.

Dengan begitu, kepopuleran merek akan semakin meningkat di mata masyarakat, bahkan akan selalu teringat di pikiran dan benak mereka. Ketika ada yang menyebutkan nama dari suatu merek, secara tidak langsung akan timbul di benak konsumen terkait suatu produk dan jasa yang berkualitas.

4. Menunjukkan asal barang atau jasa

Merek juga bisa dijadikan penanda dari suatu produk ataupun jasa dan pembeda dari produk dan jasa buatan pihak lain. Selain itu, merek juga dapat mengidentifikasikan barang tertentu yang membuat masyarakat mengetahui banyak hal tentang produk tersebut, seperti dari mana produk tersebut berasal dan sebagainya.

Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui secara detail mengenai produk tersebut dari adanya merek. Tidak sedikit produk dan jasa yang difavoritkan oleh banyak konsumen disebabkan dengan asalnya yang juga menandakan kualitas dari produk tersebut.

Tahapan pendaftaran merek dagang

Tahapan pendaftaran merek dagang

Seperti yang kita ketahui bahwa keberadaan merek ini sangat penting bagi para pelaku usaha. Makanya pendaftaran merek merupakan suatu kewajiban supaya terhindar dari adanya pencurian dan mendapatkan perlindungan hukum secara resmi. Jika terdapat kesulitan dalam mendaftarkan merek, berikut adalah tahapan-tahapan yang harus dilalui.

1. Pengecekan merek

Hal pertama yang harus dilakukan oleh jasa pendaftaran merek yaitu pengecekan merek dagang. Tentunya tahapan ini begitu penting guna terhindar dari adanya penolakan dari pihak berwenang saat ingin mendaftarkan merek dagangmu. Adapun untuk pengecekan merek, anda bisa menghubungi jasa pendaftaran merek yang ahli dalam menangani masalah ini.

Mengajukan persyaratan

Jika semua merek sudah ditelusuri dan dicek, kini saatnya jasa pendaftaran merek mempersiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan. Adapun syarat-syarat yang biasa dibutuhkan dalam pada registrasi merek diantaranya:

o Membayar biaya pendaftaran merek.
o Pemohon baik perorangan atau perusahaan mengisi biodata diri, seperti alamat, nama, serta kewarganegaraan.
o Mempersiapkan nama merek dan logo merek yang akan didaftarkan.
o Mempersiapkan list nama produk atau jasa yang akan diberikan merek.
o Menandatangani surat pernyataan kepemilikan merek dan surat kuasa.
o Apabila pemohon individu, harap melampirkan fotokopi KTP.
o Apabila pemohon dari perusahaan, harap melampirkan fotokopi NPWP dan ktp direktur.

2. Prosedur pendaftaran merek

Setelah melengkapi persyaratan dan sudah mengisi data serta sudah menandatangani surat pernyataan kepemilikan merek beserta surat kuasa, jasa konsultan merek akan segera melanjutkan mendaftarkan mereknya ke Dirjen HKI.

3. Pemeriksaan formalitas dan substantif

Pemeriksaan formalitas merupakan proses pemeriksaan kelengkapan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk registrasi merek. Pastikan dahulu semua persyaratan yang diperlukan tersebut sudah anda lengkapi, sebab apabila ada yang tidak lengkap, pihak terkait akan menagih kelengkapannya dalam kurun waktu dua bulan sejak penerimaan surat permintaan pertama.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan substantif yang dilaksanakan dalam kurun waktu 1 bulan sejak lembaga terkait menerima permohonan registrasi merek. Umumnya lamanya waktu pemeriksaan substantif ini bisa mencapai 9 bulan.

4. Pengajuan keberatan

Apabila permohonan sudah disetujui, 10 hari kemudian pihak yang berwenang akan menginformasikan permohonan itu pada suatu Berita Resmi Merek (BRM). Pengumuman ini akan berjalan sampai 3 bulan. Untuk itu aktiflah dalam mengecek informasi ini secara rutin.

Jika sang pemohon ada yang merasa keberatan, pemohon bisa melakukan pengajuan keberatan secara tertulis pada pihak berwenang, sekiranya 2 bulan sejak tanggal diterimanya salinan keberatan.

5. Pemeriksaan kembali

Jika terdapat pemohon yang mengajukan keberatannya, maka lembaga berwenang akan memakai keberatan itu untuk mempertimbangkan Kembali guna melakukan pemeriksaan kepada sang pemohon. Biasanya pemeriksaan tersebut akan selesai dalam kurun waktu maksimal 2 bulan sejak masa pengumuman berakhir.

Jika tidak ditemukan suatu kendala di setiap prosesnya, Lembaga terkait akan menerbitkan sertifikat merek dan memberikannya kepada sang pemohon ataupun kuasanya. Pemberian sertifikat merek ini berlangsung paling lama 30 hari sejak tanggal persetujuan permohonan untuk didaftarkan dalam list umum merek.

Hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran merek

Hal yang harus diperhatikan dalam pendaftaran merek

Perlu anda ketahui, bahwa tidak semua merek bisa didaftarkan. Bahkan ada juga permohonan pendaftaran yang ditolak. Hal itu terkandung dalam Pasal 20 hingga 21 UU No 20 Tahun 2016 mengenai Merek dan Indikasi Geografis yang sudah diubah melalui UU No 11 Tahun 2020 mengenai cipta kerja.

1. Merek yang tidak dapat didaftarkan

Berikut adalah ciri-ciri merek yang tidak bisa didaftarkan berdasarkan Pasal 20:

• Merek terbukti tidak sejalan dengan moralitas agama, peraturan perundang-undangan, ideologi negara, nilai kesusilaan, ataupun ketertiban umum. Tentunya hal tersebut jelas bahwa pembuatan merek harus disesuaikan dengan etika umum, sehingga di masa depan tidak akan timbul berbagai persengketaan.

• Merek dagang sama, berkaitan, ataupun hanya menyebutkan produk dan atau jasa yang sedang didaftarkan. Misalnya anda barang yang dijual adalah baju, maka nama mereka tidak cuma “baju” ataupun “baju bagus”.

• Merek dagang mengandung unsur yang bisa menyesatkan semua pihak mengenai asal, jenis, macam, ukuran, kualitas, tujuan pemakaian, ataupun memakai nama variasi tanaman yang dilindungi untuk produk atau jasa yang serupa. Misalnya anda menjual varietas bunga dan diberikan nama merek “Edelweiss”. Hal itu tentunya bisa menyesatkan calon konsumen, jadi nama tersebut masuk pada daftar yang dilarang.

• Merek dagang tidak mencantumkan penjelasan yang tidak sesuai dengan manfaat, khasiat, ataupun kualitas dari produk atau jasa yang dihasilkan. Misalnya, anda memproduksi mie, tetapi nama merek yang dipakai adalah “rice”, tentunya melihat hal itu calon konsumen akan merasa kebingungan.

• Tidak mempunyai perbedaan dengan merek lainnya. Membuat sebuah merek artinya kita menciptakan sesuatu yang berbeda, sehingga membuat para konsumen mudah dalam mengingat produk dan merek yang dibuat. Jika nama merek terlalu mainstream, simpel, atau bahkan terlalu rumit, kemungkinan besar merek yang anda buat akan ditolak.

• Merek memakai nama atau lambang yang sudah umum. Sama seperti penjelasan di poin sebelumnya, jika merekmu terlalu umum, Seperti “Toko Bangunan”, “Toko Olahraga”, dan sebagainya, kemungkinan besar merek yang dibuat akan sulit diingat dan ditolak permohonan pendaftarannya.

• Merek memiliki bentuk yang sifatnya fungsional. Penolakan registrasi merek dagang juga terjadi jika merek tersebut mempunyai bentuk yang bisa difungsikan oleh semua orang, misalnya gambar meja, dan sebagainya.

2. Merek yang pendaftarannya di tolak

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, berdasarkan pasal 21 terdapat kriteria mereka yang permohonan pendaftarannya ditolak jika merek memiliki persamaan secara inti ataupun keseluruhan dengan:

• Merek dagang yang dimiliki oleh pihak lain, di mana merek tersebut sudah lebih dulu didaftarkan oleh sang pemilik

• Merek dagang terkenal kepunyaan pihak lain untuk sebuah produk ataupun jasa yang serupa.

• Merek dagang terkenal kepunyaan pihak lain dari suatu produk maupun jasa yang tidak serupa dan tidak memiliki suatu persyaratan.

• Indikasi geografis terdaftar.

• Nama merek serupa dengan nama ataupun singkatan nama dari orang terkenal, foto, maupun Lembaga hukum kepunyaan orang lain. Kecuali jika sudah mendapat persetujuan dari pihak tersebut.

• Nama merek meniru atau serupa dengan nama, singkatan nama, lambang sebuah negara atau lembaga internasional/nasional. Kecuali apabila pihak terkait sudah menyetujui nama merek ini.

• Merek dagang serupa dengan cap, stempel, tanda resmi yang dipakai negara ataupun lembaga pemerintah. Akan tetapi, jika pihak terkait sudah menyetujuinya akan mendapatkan pengecualian.

• Pemohon yang mengajukan pendaftaran tidak memiliki iktikad baik.

Besaran biaya jasa pendaftaran merek

Dalam segi tarif yang dibutuhkan para pebisnis dalam mendaftarkan merek dagang dari suatu produk atau jasa ke pihak terkait, hal tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Biaya permohonan untuk registrasi merek dagang kepada pebisnis umum sebesar Rp 3.000.000 per merek per kelas. Biaya pengecekan merek Rp 200.000 per merek per kelas.

Simbol merek dagang

Simbol merek dagang

Umumnya pada suatu kemasan produk, terdapat brand atau logo yang di dekatnya terdapat tiga buah simbol. Berikut adalah penjelasannya.

1. Simbol TM

TM merupakan simbol trademark. Simbol ini dipakai untuk menandakan bahwa barang, jasa, ataupun produk yang dilepaskan ke pasaran tersebut secara resmi belum tercatat di lembaga resmi. Akan tetapi, lembaga tersebut telah menyetujui proses registrasi hak merek.

2. Simbol R

R merupakan simbol registered. Simbol satu ini dipakai guna menandakan bahwa barang, jasa, maupun barang yang dilepas ke pasaran telah dicatat secara resmi di lembaga terkait. Tandanya sang pengguna brand telah menerima hak eksklusif dari hal tersebut.

3. Simbol C

C merupakan simbol copyright atau hak cipta. Simbol ini digunakan untuk menginformasikan suatu hak cipta dari proses kinerja kreatif yang sudah diciptakan. Hak cipta sendiri dilindungi secara resmi oleh UU Nomor 18 Tahun 2020 mengenai Hak Cipta.

Tips memilih jasa pendaftaran merek yang tepat

Tips memilih jasa pendaftaran merek yang tepat

Untuk para pelaku usaha yang sudah berpengalaman, tentunya tidak merasa kesulitan jika melakukan pengajuan pendaftaran merek. Namun, hal itu tidak berlaku untuk para pemula yang tentunya masih menemukan banyak kesulitan. Mereka tentunya memakai jasa pendaftaran merek untuk membantu mengurusi segala urusannya. Hal itu karena pengalaman yang dimiliki jasa tersebut sudah banyak.

Dengan begitu, peluang merek untuk diterima tentunya akan semakin besar dan prosesnya juga lebih mudah. Nah, untuk anda yang ingin memakai jasa pendaftaran merek ini bacalah terlebih dahulu beberapa tips di bawah ini supaya anda mendapatkan jasa yang terpercaya, berpengalaman, dan tepat.

1. Dipastikan telah terdaftar secara resmi

Jasa pendaftaran merek merupakan suatu profesi yang bertugas dalam membantu para klien yang ingin mengajukan permohonan untuk mendaftarkan merek produk atau jasa mereka. Pada dasarnya, jasa yang telah terdaftar resmi mutu dan kualitasnya sudah dipastikan yang terbaik.

2. Memiliki jam terbang yang tinggi

Kinerja dari seorang jasa pendaftaran merek bisa dilihat dari jam terbang yang dimilikinya. Semakin banyak jumlah klien yang sebelumnya dibantu, hal itu menunjukkan bahwa jasa tersebut dapat diandalkan dalam proses registrasi merek.

Pastinya jasa yang berpengalaman dan telah professional dalam pengajuan merek akan terasa berbeda. Selain itu, jasa pendaftaran merek dengan jumlah portofolio yang banyak, tentunya keahlian yang dimilikinya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan juga lebih banyak.

3. Pastikan mematuhi kode etik profesi

Tips menentukan jasa pendaftaran merek berikutnya yaitu memastikan bahwa jasa tersebut mematuhi kode etik profesi yang berlaku. Adapun penjelasan terkait kode etik ini antara lain, seorang jasa tidak diizinkan untuk memberitahukan informasi yang dapat menyesatkan dan menjelekkan layanan jasa yang lain, maupun memperlihatkan image yang buruk dari profesi ini kepada para calon klien yang membutuhkan bantuan.

Tidak hanya itu, anda juga harus memastikan bahwa jasa pendaftaran merek tersebut memiliki keahlian yang bisa mempengaruhi para pegawai dari pemerintah terkait. Entah itu secara langsung ataupun tidak langsung.
Seorang pelayanan jasa juga tidak diperbolehkan memberikan suatu jaminan keberhasilan dalam proses mengajukan hak merek.

Mengingat hal tersebut merupakan suatu keputusan dari lembaga yang berwenang. Akan tetapi, selama melalui tahapan yang sudah benar, kemungkinan besar merek yang didaftarkan tersebut akan diterima. Segera lindungi merek usaha anda agar tidak digunakan pihak lain, hubungi Patendo jasa pendaftaran merek yang dipercaya banyak klien dari dalam dan luar negeri.

Bagikan :
There are currently no comments.