021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Desain Kemasan Produk: Pengertian & Cara Melindunginya

Desain kemasan produk merupakan salah satu usaha kreatif ketika akan memproses suatu benda yang nantinya dapat berfungsi sebagai pembungkus maupun wadah dari sebuah produk yang akan dijual ke pasaran.

Pada dasarnya, desain kemasan produk akan sangat berkaitan erat dengan strategi dalam pemasaran, branding, dan juga promosi. Ketiganya akan saling menopang agar dapat meningkatkan penjualan sebuah produk. Maka, pembuatan desain kemasan produk yang kreatif pada packaging produk harus produsen persiapkan sebaik dan secermat mungkin.

Proses dalam pembuatan kemasan yang simpel akan mengacu pada rancangan pada produk itu sendiri. Misalnya, pada bahan dasar kemasan, warna, jenis font, hingga berbagai elemen grafisnya.

Pada saat ini membuat desain untuk pengemasan yang unik tidak akan cukup. Sebuah desain yang baik harusnya juga mempunyai nilai cerita yang bisa tersampaikan kepada para konsumen. Secara tidak langsung, kemasan pada akhirnya harus bisa memberikan sebuah pengalaman kepada para konsumen melalui sentuhan, penglihatan, dan juga bau.

Dengan kompleksitas dari sebuah desain packaging produk tersebut, maka akan sangat wajar bila nanti pada akhirnya banyak sekali produsen akan mencurahkan banyak sekali waktu dan juga tenaga untuk membuat rancangan desain untuk produk tersebut. Bukan hanya sebuah persoalan dalam memenangkan hati para konsumennya, tetapi juga dalam penyampaian pesan penting agar sampai ke hati mereka.

Manfaat Desain Kemasan untuk Pemasaran Produk

Buat Anda yang mempunyai brand, packaging atau desain kemasan produk merupakan salah satu hal terpenting yang harus Anda perhatikan. Sketsa kemasan pada produk menjadi bagian dalam branding agar dapat mengenalkan produk Anda nantinya ke pasaran.

Beberapa orang memang tidak terlalu memperhatikan kemasan di makanan brand milik mereka sendiri, padahal hal ini bisa membantu atau mempengaruhi peningkatan dalam penjualan. Jadi, akan ada beberapa manfaat yang penting dari sebuah desain kemasan produk untuk brand Anda.

Membangun Kepercayaan Konsumen

Desain kemasan produk yang terbaik akan mampu untuk membantu dalam meningkatkan kepercayaan para konsumen terhadap brand milik Anda. Apalagi jika konsumen benar-benar sudah puas dengan desain kemasan produk yang Anda miliki tersebut, Anda nantinya dapat meminta feedback yang positif kepada mereka untuk testimoni calon konsumen Anda yang baru.

Memberikan Kesan yang Unik

Membuat sebuah gambar kemasan yang kreatif dan juga unik akan dapat menjadikan salah satu strategi dalam pemasaran untuk brand Anda. Kemasan ini akan menjadi identitas dari brand tersebut, jika desain kemasan produk nantinya berbeda dengan yang lainnya, maka akan menjadikan konsumen lebih mudah mengingat brand milik Anda.

Melindungi Produk Agar Tetap Aman

Manfaat paling utama dari sebuah kemasan pada produk adalah agar dapat memberikan perlindungan pada produk dengan baik dan juga aman. Desain kemasan produk ini akan memberikan perlindungan agar barang tidak tergores, basah dan juga cacat.

Menambah Daya Tarik Pada Produk

Desain kemasan produk yang lebih kreatif, nantinya akan menarik dan juga terlihat unik dengan memungkin konsumen share ke dalam sosial media. Hal ini akan menjadi free promosi untuk brand yang sedang Anda pasarkan tersebut. Carilah supplier packaging yang memang sudah benar – benar tepat untuk bisa membantu dalam membuat kemasan di produk yang baik untuk brand Anda.

Memberikan Kepuasan Pada Pelanggan

Konsumen akan semakin bertambah puas ketika produk yang mereka beli memiliki kemasan dengan sebaik mungkin, apalagi jika melebihi ekspektasi dari yang mereka harapkan. Hal ini akan bisa memungkinkan mereka untuk repeat order produk Anda. Kemasan bagi sebuah produk memang sangat penting di saat Anda akan memulai sebuah bisnis maupun brand.

Jadi, buat Anda yang ingin memulai membangun sebuah brand, mulailah persiapkan desain pada desain kemasan produk yang sangat baik. Sedangkan pada sebuah bisnis lama yang sudah berjalan, harus memperhatikan kembali kemasan di produk yang Anda miliki. Jika memiliki tampilan yang kurang bagus, maka segera rancang kembali dengan desain yang jauh lebih baik lagi.

Namun, bagi Anda yang kebingungan harus memulai dari mana untuk packaging yang bagus dan baik maka bisa menggunakan jasa desain kemasan atau packaging produk yang Anda percaya. Nantinya mereka akan membantu brand Anda untuk bisa mendapatkan desain kemasan produk yang lebih menarik perhatian pelanggan.

Contoh Desain Kemasan Produk Makanan, Kosmetik, Sabun mandi, Kopi

Ide contoh desain kemasan produk agar bisa memiliki desain yang lebih menarik pada kemasan bisa Anda dapatkan pada banyak tempat. Selama ini memang desain kemasan produk makanan, kosmetik, sabun mandi dan kopi lebih banyak bermain dengan warna netral. Pada hal ada banyak sekali contoh desain pada kemasan dengan warna yang dapat dipadukan agar bisa membuat desain kemasan yang outstanding.

Berbagai macam jenis produk makanan, kosmetik, sabun mandi dan kopi berlomba – lomba menonjolkan keunggulannya masing-masing agar dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu cara yang dapat produsen lakukan agar bisa menarik perhatian para calon konsumen adalah menggunakan kemasan yang unik.

Selain dapat berfungsi sebagai pelindung produk, kemasan juga bisa berfungsi sebagai salah satu media yang akan menjadi identitas dari produk. Adanya kemasan, produk akan mempunyai identitas yang jelas sehingga lebih mudah untuk para konsumen mengingatnya. Berikut ini kita akan rangkum contoh desain kemasan produk untuk Anda :

Desain Kemasan Botol

Selama ini, banyak desain kemasan produk online dengan jenis botol selalu menjadi sebuah pilihan. Terutama bagi mereka yang merintis usaha minuman seperti kopi maupun bahan cair yang lainnya seperti madu. Anda bisa memakai jenis kemasan yang memakai botol, nantinya akan terlihat lebih simpel dan mudah dibawa kemana – mana sehingga konsumen juga akan mudah mengkonsumsi produk dari usaha Anda tersebut.

Paper Box

Anda juga bisa memakai desain kemasan produk yang berbentuk box yang terbuat dari karton. Buatlah desain yang dapat menarik perhatian, misalnya kemasan ini untuk digunakan pada produk makanan atau produk telur. Anda bisa memberikan tambahan dengan motif sesuai dengan makanan yang dijual dan merek di tengah pembungkusnya.

Cobalah untuk membuat gambar yang jauh lebih simpel dan berdasarkan dengan keinginan, terutama dengan menambahkan unsur ilustrasi. Maka akan dapat menghasilkan gambar yang lucu dan lain dari kemasan pada umumnya.

Kemasan Transparan

Agar nantinya bisa lebih terlihat unik lagi, Anda bisa memakai kemasan yang berbahan dasar transparan. Sehingga akan dapat menampilkan produk di dalamnya secara jelas. Desain kemasan produk ini memang akan terlihat biasa, tetapi jika Anda memilih bahan transparan yang tepat akan bisa memberikan kesan simpel dan juga modern.

Kemasan Paper Cup

Desain kemasan produk kali ini hadir dari kelompok paper cup. Anda bisa memakai desain seperti gambar, dengan memadukan warna yang menarik dan juga menggemaskan yang nantinya akan menambah kesan yang unik dan juga menarik. Walaupun merek yang dituliskan nanti hanya sebuah goresan nama yang sederhana.

Namun yang dapat membuat kemasan ini lebih menarik adalah permainan warna yang sesuai dengan trend sekarang ini. Jika Anda sedang ingin membuat desain kemasan paper cup, tidak ada salahnya untuk mencoba desain yang sederhana. Memiliki kesan yang simpel dan juga elegan dapat dihasilkan jika pandai dalam memilih paduan warna yang tepat.

Kemasan Unik Sabun Mandi

Biasanya pada desain kemasan sabun mandi hanya akan berupa kotak yang dihiasi dengan gambar orang saja. Sekarang ini saatnya Anda untuk mencoba membuat kemasan sabun dengan menggunakan desain menyesuaikan dengan bentuk sabun tersebut. Hal inilah yang akan cenderung lebih terlihat menarik.

Jangan lupa juga untuk bermain dengan sebuah warna, semakin memakai warna yang cenderung lebih ceria akan dapat menambah daya tarik kemasan tersebut. Apalagi, jika Anda juga menambahkan aroma-aroma khusus pada sabun tersebut. Misalnya memakai aroma buah, maka Anda bisa memberikan warna sesuai dengan aroma sabun tersebut.

Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Kreatif dan Simple

Pada saat kita ingin memulai sebuah bisnis pastinya akan ada banyak hal yang nantinya harus diperhatikan dan juga dibutuhkan, apalagi bila sebuah bisnis yang ingin dijalankan itu merupakan bisnis yang akan membuat produk dan bukan dalam bentuk jasa, pastinya Anda harus membuat desain kemasan produk tersebut. Pada saat membuat desain di kemasan, faktor keamanan dan juga kenyamanan adalah hal pertama yang harus selalu dipastikan.

Namun agar dapat mendukung sebuah pemasaran, desain kemasan produk yang aman dan juga nyaman saja tidaklah cukup, kemasan tersebut harus mempunyai sifat yang unik, agar mudah untuk dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi para konsumen. Berikut ini adalah cara membuat kemasan yang unik dan menarik agar produk Anda bisa memenangkan persaingan pasar.

Berikan Informasi yang Penting dengan Font yang Menarik

Jika Anda sudah menetapkan warnanya maka Anda juga harus memikirkan informasi apa yang nantinya akan ditambahkan pada desain kemasan produk tersebut mengingat berbagai informasi-informasi itu juga akan sangat penting bagi para konsumen.

Buatlah informasi yang lebih singkat jangan terlalu padat, dengan menggunakan gambar yang unik beserta font huruf yang menarik, agar para konsumen tidak mengabaikan informasi tersebut dan mengetahui keunikan yang dimilikinya.

Pakai Desain yang Sederhana

Jika berniat untuk membuat kemasan di makanan yang baik dan bisa menarik perhatian, salah satu hal yang harus selalu diperhatikan yaitu tentang desain yang dimilikinya. Buatlah desain yang lebih simpel namun tetap bisa menarik perhatian, jangan membuat desain yang terlalu rumit karena dapat membuat kesan yang ditampilkan akan membingungkan para konsumen.

Buatlah desain kemasan pada produk yang mudah untuk dibawa dan juga lebih mudah dikonsumsi bagi konsumen. Jangan lupa walaupun terlihat simpel tetapi juga harus tetap terlihat unik.

Gunakan Gambar yang Bisa Menarik Perhatian

Orang Indonesia memang akan cenderung lebih mudah untuk menerima sesuatu yang berbau visual, oleh sebab itu cantumkan buat kemasan di makanan tersebut agar lebih menarik minat para pembeli. Gambar ini tidak harus selalu berkaitan dengan sebuah produk, Anda dapat menambahkan gambar-gambar yang lucu atau karikatur yang secara tidak langsung masih berkaitan dengan pencitraan pada produk tanpa harus terkesan kaku.

Manfaatkan Warna Cerah dan Berbeda

Membuat desain kemasan produk yang jauh lebih menarik dan unik menjadi salah satu didukung dari berbagai pilihan warna-warna cerah dan juga berbeda. Cobalah untuk mengadakan riset pada produk dari kompetitor yang serupa, perhatikan warna-warna yang umumnya digunakan di dalam produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk yang Anda miliki.

Warna cerah umumnya menjadi salah satu pilihan yang paling tepat karena akan terkesan mencolok dan berbeda bila nantinya akan diletakkan bersamaan dengan produk yang lain pada rak maupun etalase di toko.

Tambahkan Legalitas dari Pemerintah

Hal ini merupakan salah satu yang tidak kalah penting yaitu dengan mencantumkan data legalitas dari lembaga pemerintahan yang memang memiliki kewenangan dengan produk-produk yang Anda produksi tersebut, sehingga produk Anda akan lebih terjamin kesehatannya dan lebih dipercaya oleh para konsumen.

Contohnya legalitas dari Badan Pengawas makanan dan Obat, Dinas Kesehatan, atau juga sertifikasi halal yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah pada produk Anda.

Pakai Kemasan dengan Menggunakan Bahan yang Berbeda

Agar dapat menghemat dana, tanpa harus meninggalkan kesan desain kemasan produk yang unik dan juga berbeda, Anda dapat memulai memakai alternatif bahan packaging dari kertas daur ulang maupun bahan daur ulang yang lainnya selama hal tersebut aman dan tidak akan mempengaruhi dari kualitas produk.

Ada beberapa manfaat yang nantinya akan didapat dengan menggunakan kemasan daur ulang. Pertama, produk Anda akan lebih dikenal sebagai produk yang ramah lingkungan.

Kedua, kemasan daur ulang akan cenderung mempunyai harga yang lebih ekonomis. Ketiga, biasanya produk akan memiliki kesan unik, karena tekstur bahan daur ulang berbeda dari bahan lain pada umumnya.

Agar bisa mendukung proses pembuatan desain kemasan produk yang unik dan lebih menarik, sebuah perusahaan tidak boleh lupa untuk menghitung biaya anggaran yang dibutuhkan selama proses tersebut berlangsung baik mulai pembuatan desain, pengadaan material hingga proses produksi.

Beberapa Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Desain Kemasan Produk

Desain kemasan produk mempunyai peranan yang sangat penting terhadap laku atau tidaknya produk tersebut di pasaran nanti. Kemasan pada makanan ringan merupakan pemberi kesan pertama yang nantinya akan dilihat oleh para calon pembeli. Jika salah dalam pembuatan desain di kemasan, maka dapat berakibat fatal, apalagi bila yang berkaitan dengan produk makanan dan juga minuman.

Pada kemasan sebuah produk makanan dan minuman memang harus dibuat secara teliti karena berkaitan dengan berbagai hal, seperti ketahanan dan juga higienitas. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan pada saat mendesain kemasan pada produk baik untuk makanan atau minuman.

Mudah untuk Dikenali

Di saat meluncurkan produk, setiap perusahaan pastinya akan berharap supaya produknya tersebut mudah untuk dikenali, populer dan mempunyai ciri tersendiri. Satu yang akan menjadi kunci dari produk mudah dikenali adalah dari desain kemasan produk. Desain untuk kemasan ini harus dirancang sedemikian rupa supaya mudah dikenali dan diingat oleh para konsumen.

Desain kemasan juga harus dibuat seunik mungkin agar terlihat berbeda dari produk yang lainnya khususnya untuk jenis produk yang serupa dari para kompetitor. Agar bisa membuat kemasan yang lebih mudah untuk dikenali, Anda dapat bekerjasama dengan jasa pembuat kemasan yang sudah profesional.

Faktor Promosi Beserta Promosi

Desain pada kemasan yang baik dapat dijadikan sebagai media informasi awal sebelum para konsumen menentukan keputusannya ingin membeli atau tidak. Manfaatkan bagian tertentu yang ada di kemasan untuk menjelaskan detail dari produk pangan yang Anda buat, sehingga para konsumen nantinya tidak akan merasa tertipu.

Informasi jelas yang konsumen dapatkan dari kemasan produk tersebut, Anda dengan sendirinya akan bisa menjadi alat untuk media promosi yang nantinya akan dilakukan oleh para konsumen dari mulut ke mulut.

Food Safety ( Keamanan Pangan )

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika desain kemasan produk yaitu faktor keamanan pangan (food safety). Perihal keamanan pangan ini menjadi faktor vital yang harus selalu diutamakan ketika akan memilih dan menentukan jenis desain pada kemasan dan tata cara pengemasannya.

Keamanan pada produk akan sangat penting karena kemasan non-food grade umumnya mengandung bahan berbahaya yang bisa meracuni bahan makanan dan juga minuman. Nilai keamanan pangan ini juga akan berkaitan dengan faktor kebersihan dan juga higienitas dari kemasan pada produk. Cara pengemasan yang kurang baik juga bisa menimbulkan kerusakan pada makanan maupun minuman yang akan dikemas.

Faktor Desain

Desain ergonomis adalah berupa kemasan yang mudah di berbagai hal, misalnya mudah untuk dibawa ke mana-mana, mudah untuk dibuka maupun disobek, mudah dalam penyimpanan, mudah dituang, mudah diambil, dan berbagai kemudahan lain yang tidak akan membuat repot konsumen dengan desain kemasan produk tersebut. Semakin banyak kemudahan yang diberikan, akan semakin banyak juga minat para konsumen untuk membelinya.

Software untuk Membuat Desain Kemasan Produk

Ada beberapa software yang dapat digunakan untuk membuat desain kemasan produk, misalnya seperti :

1. Canva

Software Canva ini tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kemasan saja, Anda juga bisa membuat desain maupun yang lainnya seperti logo beserta kartu nama. Software ini juga bisa didapatkan dengan gratis.

2. Logaster

Logaster merupakan software untuk membuat desain Kemasan yang dapat kalian di unduh secara gratis di smartphone Anda lewat App Store maupun playstore. Pada saat pengoprasiannya, aplikasi logaster memakai sistem online. Walaupun logaster memakai jaringan internet, Logaster juga menawarkan banyak sekali kemudahan dan juga berbagai fitur yang akan sangat membantu dalam pembuatan desain pada kemasan.

Kenapa Desain Kemasan Produk Perlu Dilindungi dari Pembajakan Desainnya ?

Desain kemasan produk untuk sebuah usaha adalah sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Selain memudahkan produk untuk dikenal oleh orang, kemasan juga merupakan sebuah identitas bagi usaha tersebut. Maka dari itu dengan melakukan pendaftaran kemasan di produk adalah hal penting yang harus dilakukan para pemilik usaha. Berikut ini adalah pentingnya pendaftaran kemasan untuk sebuah usaha :

Menjadi Identitas Pada Sebuah Produk

Pengertian merek menurut UU No.20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU Merek dan Indikasi Geografis) adalah sebuah tanda yang bisa ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi, suara, hologram, maupun kombinasi dari 2 atau lebih unsur tersebut agar dapat membedakan barang dan juga jasa yang akan diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan jasa.

Melihat dari pengertian diatas bisa diartikan bahwa desain kemasan produk akan berfungsi sebagai sebuah identitas produk usaha. Merek juga menjadi ciri khas dari produk, maka dari itu sebuah produk akan mempunyai keunikan yang tersendiri bila dibandingkan dengan produk-produk yang lainnya.

Melindungi dari Pemakaian Merek Tanpa Izin

Mengacu pada Pasal 83 UU tentang Merek dan juga Indikasi Geografis, pemilik hak merek desain kemasan juga berhak untuk mengajukan gugatan ganti rugi ke dalam Pengadilan Niaga dan mengajukan penghentian seluruh perbuatan yang akan berkaitan dengan penggunaan merek tanpa adanya izin.

Bahkan di dalam pasal 100 juga menegaskan bahwa pemilik berhak untuk melaporkan tindak pidana, maupun melakukan penyelesaian sengketa lewat arbitrase maupun alternatif penyelesaian dalam sengketa lainnya berdasarkan Pasal 93.

Hak Eksklusif Terhadap Merek

Pendaftaran merek akan memberikan hak eksklusif kepada para pemilik merek yang sudah terdaftar. Dengan mempunyai hak tersebut pemilik bisa memakai sendiri mereknya atau memberikan izin terhadap pihak lain untuk memakai mereknya.

Pemilik merek juga mempunyai kebebasan untuk memakai merek tersebut dengan tujuan komersial, dan berhak untuk melarang pihak lainnya memakai desain kemasan merek tersebut untuk kelas beserta jenis barang maupun jasa yang sama.

Segera daftarkan desain kemasan produk anda agar tidak ditiru orang lain dan terlindungi dari pembajakan desain, segera hubungi Patendo, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.