021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Cara Cek Merek Dagang Gratis, Mudah dan Cepat

Cara cek merek dagang terdaftar

Cara cek merek dagang terdaftar secara gratis dengan mudah dan cepat. pengecekan merek bermanfaat menghindari penolakan saat pendaftaran merek. Untuk cek merek dagang secara gratis silahkan kunjungi web https://pdki-indonesia.dgip.go.id/

Anda bisa juga cek merek dagang secara berbayar di Patendo. Kenapa harus cek merek dagang berbayar di Patendo? Cek merek dagang gratisan tidak bisa mengecek merek terdaftar yang mirip dengan merek yang akan anda daftarkan. Dirjen HKI bisa menolak pendaftaran merek jika dianggap mirip atau menyerupai dengan merek yang sudah terdaftar.

Patendo sudah berpengalaman bertahun tahun dalam cek merek dagang dan pendaftaran merek. Patendo mempunyai metode khusus yang bisa mengecek merek terdaftar yang mirip dengan merek yang akan anda daftarkan. Sehingga mempunyai peluang lebih baik untuk diterima pendaftaran merek anda oleh dirjen HKI.

Cek merek dagang di Patendo hanya Rp 100.000 per merek per kelas. Segera lakukan cek merek dagang bersama Patendo untuk mengurangi resiko penolakan saat mendaftar merek anda. Silahkan email cs@patendo.com
1. Nama merek yang akan didaftarkan.
2. Jenis barang/jasa yang ingin didaftarkan.
3. Nama pendaftar
4. Nomor WA pendaftar.

Dalam bisnis, merek dagang memiliki manfaat yang berlipat ganda. Sebagai informasi, hak merek merupakan perlindungan hak kekayaan intelektual berupa pemberian hak eksklusif bagi pemilik merek terdaftar, sehingga bisa memakai sendiri merek tersebut.

Selain sebagai identitas bisnis, apa saja sih manfaat merek dagang? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya hanya di sini!

15 Manfaat Cek Merek Dagang dan Mendaftar Merek

15 Manfaat Cek Merek Dagang dan Mendaftar Merek

Berikut ini 15 manfaat yang akan didapatkan jika kamu terdaftar sebagai pemilik merek, yaitu:

1. Sebagai Identitas Resmi

Jika merek sudah didaftarkan, tentu memiliki status resmi. Sehingga, kondisi tersebut dapat menguntungkan kamu.

Dengan memiliki identitas resmi, artinya merek yang kamu miliki bisa dipercaya dan lebih profesional. Maka dari itu, kamu dapat fokus untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar.
Di samping itu, kamu tidak perlu khawatir merek tersebut akan dicuri oleh orang lain atau kompetitor.

2. Antisipasi Adanya Pelanggaran Hak

Munculnya fenomena plagiat dalam dunia bisnis, baik merek maupun produk merupakan hal yang sering ditemui. Kondisi tersebut timbul karena adanya persaingan pasar yang ketat. Sehingga, perlu langkah pencegahan untuk menghindari sengketa hukum di masa mendatang.

Jika terjadi pelanggaran hak, seperti plagiat atau peniruan, pihak atau oknum yang melakukannya akan dikenai sanksi hukum. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu untuk melakukan cek merek dagang sebelum mendaftarkan merek.

3. Perlindungan Hukum

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cek merek dagang memberikan keuntungan bagi kamu berupa perlindungan secara hukum.

Jika menemukan pihak yang melanggar hak merek terdaftar, maka kamu bisa mengajukan banding untuk memberikan sanksi kepada oknum tersebut. Karena secara hukum, kamu sudah memiliki identitas resmi. Maka dari itu, kamu tidak usah takut, karena akan mendapat perlindungan secara hukum.

4. Melindungi Pencipta Karya

Manfaat cek merek bagi pelaku bisnis yang berikutnya adalah mampu melindungi pencipta karya. Sebab, dewasa ini pembajakan dan plagiat dapat dilakukan oleh siapa saja dengan mudah. Sehingga, perlu perlindungan secara hukum untuk mengantisipasi munculnya kerugian dan dampak buruk bagi perusahaan.

Seperti yang kita ketahui, menciptakan sebuah karya, baik berupa produk atau yang lainnya pasti membutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Namun sayangnya, nilai dari karya tersebut akan menjadi turun jika terjadi pembajakan dan plagiat. Oleh karena itu, cek merek dagang akan membantu kamu mengurangi resiko penolakan saat mendaftar merek.

5. Menghindari Sengketa

Sengketa yang disebabkan kesamaan atau kemiripan nama merek dagang atau produk sering terjadi yang berdampak buruk bagi perusahaan. Nah, jika sudah memiliki identitas resmi yang terdaftar, kamu tidak perlu khawatir.

Sebab, kamu bisa menghindari penyelesaian sengketa secara hukum. Penyelesaian alternatif pun dapat ditempuh, karena sudah pasti kamu terlindungi oleh hukum. Maka dari itu, segera lakukan cek merek dagang dan mendaftar merek agar tidak mengalami sengketa.

6. Meningkatkan Kredibilitas

Manfaat yang akan kamu dapatkan selanjutnya adalah mampu meningkatkan kredibilitas perusahaan atau bisnis. Kredibilitas bisa diartikan sebagai kualitas, kekuatan, dan kapabilitas yang berfungsi menimbulkan kepercayaan.

Jika sudah memiliki identitas resmi dan terdaftar, pasti masyarakat umum akan memiliki kepercayaan terhadap bisnis yang sedang dibangun. Sehingga, sudah semestinya kamu akan mendapatkan keuntungan dari kondisi tersebut.

7. Bukti Keabsahan dan Kepemilikan

Cek merek dagang dan pendaftaran merek akan memberikan keuntungan berupa sertifikat merek yang merupakan bukti yang menyatakan merek kamu sudah terdaftar melalui HKI.

Dengan bukti tersebut, kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis, seperti meningkatkan kualitas produk maupun menyusun strategi marketing. Sehingga, bisnis bisa mengalami kemajuan yang pesat dan mendatangkan keuntungan.

8. Mencegah Penggunaan Merek yang Sama

Manfaat yang tak kalah penting adalah mencegah adanya penggunaan merek yang sama.
Kondisi tersebut sesuai dengan yang tercantum pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Dimana pihak yang menggunakan nama merek orang lain yang sudah terdaftar akan dikenai sanksi paling lama 5 tahun penjara atau denda paling banyak Rp2.000.000.000,00.

Dengan demikian, apabila muncul nama merek yang sama, kamu bisa mengajukan penyelesaian melalui jalur hukum. Sebab, sudah ada hukum yang mengatur perkara tersebut.

9. Dasar Penolakan Merek yang Sama

Selain mencegah penggunaan merek dagang yang sama, dengan cek merek dagang dan pendaftaran merek terdaftar, kamu mempunyai dasar atas penolakan terhadap merek yang sama. Sehingga, merek kamu bisa dilindungi secara hukum. Jadi, tak perlu khawatir, ya!

10. Prinsip Keadilan

Dengan mendaftarkan merek dagang, artinya kamu sudah memiliki prinsip keadilan yang melindungi hajat orang yang berkaitan dengan bisnis atau perusahaan.

Oleh karena itu, dengan melakukan cek merek dagang, kemudian mendaftarkannya, kamu akan mendapat penilaian yang positif di mata masyarakat umum. Sehingga, manfaat tersebut bisa kamu alihkan untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

11. Jaminan Atas Mutu

Tak hanya 10 manfaat di atas, jika melakukan cek merek dagang dan mendaftar merek, kamu telah mendapat penilaian positif, yaitu jaminan atas mutu produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga, target pasar akan lebih percaya terhadap perusahaan atau bisnis yang sedang kamu kelola. Dengan demikian, kamu bisa meraup keuntungan yang berlimpah.

12. Tingkatkan Kompetisi Pasar

Manfaat cek merek dagang dan mendaftarkan merek dalam hal komersialisasi pasar adalah meningkatkan kompetisi pasar. Dengan adanya pengakuan haki, akan membuat pelaku bisnis berlomba-lomba berinovasi untuk menguasai pasar. Tentunya, kondisi tersebut merupakan langkah yang baik untuk mengembangkan bisnis.

13. Pembeda dengan Kompetitor

Selain meningkatkan kompetisi pasar, manfaat cek merek dagang dan registrasi merek adalah menjadi pembeda dengan kompetitor, baik yang sejenis maupun yang lintas merek.

Dewasa ini, banyak produk yang memiliki kemiripan dan beredar di pasaran. Kabar baiknya, konsumen cerdas dalam memilih. Salah satunya dengan membeli produk yang sudah memiliki identitas resmi dan hak kekayaan intelektualnya sudah diakui.

14. Membuka Peluang Bisnis

Keuntungan cek merek dagang dan mematenkan brand yang sudah diakui adalah membuka peluang bisnis yang lebih besar. Pasalnya, dengan adanya brand atau merek yang sudah terdaftar akan membuat bisnis kamu mudah dikenali. Sehingga, peluang bisnis berupa kolaborasi maupun kerjasama akan terbuka lebar.

15. Lebih Mudah Menjual

Saat pebisnis berhasil melakukan branding, keuntungan yang akan diperoleh adalah produk mudah dikenal masyarakat dan dapat laku terjual. Sementara itu, cek merek dagang dan mendaftar merek juga merupakan salah satu bentuk branding bisnis yang mampu meningkatkan value perusahaan. Terlebih lagi, jika produk atau jasa yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus, maka sudah pasti akan mudah diterima oleh masyarakat.

Nikmati Manfaat Cek Merek Dagang

Ingin Segera Nikmati Manfaat Merek Dagang

Nah, itulah 15 manfaat yang akan menguntungkan bagi pelaku bisnis. Jika kamu ingin segera menikmati manfaat tersebut, mintalah bantuan jasa pendaftaran merek atau konsultan HKI agar lebih mudah dan terpercaya.

Dengan demikian, bisnis yang kamu kelola akan memiliki kredibilitas yang tidak perlu ditanyakan dan meningkatkan value perusahaan. Siap mencoba? Untuk cek merek dagang terbaik silahkan hubungi Patendo, terima kasih.

Bagikan :
There are currently no comments.