021 2217 2410 0853 5122 5081
08.00 – 16.30 WIB cs@patendo.com

Bisnis Kosmetik Brand Sendiri, Cara Memulai Secara Online

Bagaimana cara memulai bisnis kosmetik secara online yang menguntungkan dengan modal kecil bahkan tanpa modal, peluang & tantangan membangun bisnis kosmetik. Usaha bisnis kosmetik ini meskipun banyak peminatnya, tetapi masih saja banyak yang meragukannya. Banyak dari mereka yang memikirkan apakah bisnis kosmetik tersebut bisa mendapatkan keuntungan? Nyatanya, ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari menjalani bisnis kosmetik yang satu ini.

8 Keuntungan bisnis kosmetik

8 Keuntungan bisnis kosmetik

1. Pemasaran yang tersegmentasi

Mempunyai bisnis kosmetik kecil-kecilan nyatanya sangat mudah dalam memberikan target segmen tertentu, jika dibandingkan dengan bisnis kosmetik yang sudah besar. Di mana anda akan merasa margin keuntungan yang didapatkan masih terlalu rendah bila menjual produk kosmetik khusus.

Contohnya saja, anda ingin membuat produk-produk kecantikan maupun perawatan kulit yang ditujukan kepada para konsumen yang mempunyai alergi terhadap kandungan-kandungan yang terdapat di bahan penyusun kosmetik.

2. Layanan konsumen yang dipersonalisasi

Menawarkan pelayanan konsumen yang dipersonalisasi merupakan suatu keuntungan yang utama dalam menjalani bisnis kosmetik. Contohnya menganjurkan suatu instruksi mengenai bagaimana cara memakai kosmetik dan membantu konsumen dalam menentukan jenis terbaik dan tentunya sesuai dengan warna dan jenis kulit, dapat memberikan anda metode demi menciptakan loyalitas konsumen.

Memacu konsumen untuk mengirimkan berbagai referensi dengan metode yang lebih mudah, sebab konsumen mempunyai konektivitas pribadi yang positif dan mengetahui bahwa anda tidak membeda-bedakan dalam memperlakukan konsumen.

3. Tidak memerlukan suatu keahlian khusus

Walaupun bisnis kosmetik tersebut sangat berkaitan dengan kecantikan dan penampilan, faktanya anda tidak harus menjadi seorang ahli untuk menyusun bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Karena, terdapat seorang jasa maklon kosmetik yang bisa dimanfaatkan, yaitu memanfaatkan produsen kosmetik yang sangat ahli dalam kegiatan produksi, berpengalaman, dan legalitas.

Anda hanya perlu memiliki keberanian untuk menciptakan suatu brand dengan konsep yang baru. Tentunya juga dengan strategi berpromosi yang dapat memperlancar bisnis kosmetik yang dijalani.

4. Mudah untuk dipamerkan

Berbeda dengan usaha bisnis lainnya, bisnis kosmetik ini yaitu tentang proses dari suatu produk agar bisa terlihat dan bekerja maksimal terhadap kulit konsumennya. Adapun keuntungan yang diambil dari konsep tersebut yaitu gampang dalam memperlihatkan produk dengan berbagai banyak cara.

Salah satunya yaitu menampilkan kemasan produk yang disertai foto-foto dengan keterangan sesudah dan sebelum sang konsumen memakai produknya. Gambar-gambar tersebut pun bisa ditampilkan di sosial media maupun situs toko.

5. Memiliki harga yang bervariasi

Di pasaran, produk-produk kosmetik mempunyai harga yang sangat beragam. Mulai dari nominal ribuan sampai jutaan rupiah bisa anda temukan. Seperti yang kita tahu bahwa kosmetik sangat berperan penting dalam menyempurnakan penampilan, jadi tidak sedikit para perempuan yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli produk-produk kosmetik yang diinginkan.

Hal itu mereka lakukan supaya kosmetik yang dipakai dapat terjamin keamanannya dan memberikan banyak manfaat. Untuk itulah, bisnis kosmetik ini terlihat begitu menguntungkan, sebab walaupun dibandrol dengan harga yang mahal, hal itu tidak mengurungkan niat para konsumennya untuk membelinya.

6. Tidak mengenal musim

Jika kebanyakan jenis usaha lain hanya laku di saat-saat tertentu saja, lain halnya dengan bisnis kosmetik ini. Bisnis kosmetik yang satu ini nyatanya selalu saja laris di setiap musimnya, entah itu musim panas ataupun musim hujan. Hal itu dikarenakan kosmetik tidak memiliki pengaruh yang berarti dalam musim yang terjadi.

7. Mempunyai banyak varian produk yang bisa dipilih

Anda sebagai produsen juga dapat menentukan sendiri variasi produk kecantikan mana yang ingin dijual. Pastinya juga harus sesuai dengan segmentasi pasar dan konsep yang dipakai. Dengan beragamnya jenis kosmetik di pasaran, peluang yang dimiliki untuk menjangkau banyak pasar tentunya akan semakin besar.

8. Memiliki konsep penjualan yang beragam

Pada dasarnya, terdapat banyak sekali metode yang dapat dilakukan dalam penjualan barang-barang kosmetik ini. Salah satu di antaranya yaitu dengan membuka outlet ataupun gerai di berbagai supermarket maupun pusat perbelanjaan.

Tidak hanya itu, anda juga bisa melakukan metode berkeliling komplek dan door to door. Adapun dalam bisnis kosmetik dengan penjualan online terdapat istilah dropship dan reseller. Dua metode tersebut nyatanya paling banyak dilakukan oleh para pemula karena tergolong mudah.

Cara memulai bisnis kosmetik tanpa memiliki pengalaman

7 Cara memulai bisnis kosmetik tanpa memiliki pengalaman

Dalam beberapa tahun ke depan ini, bisnis kosmetik dipercaya dapat dijadikan garda utama pada industri ritel. Hal tersebut pastinya menjadi kesempatan yang sangat baik bagi yang ingin memulai bisnis kosmetik. Nah untuk anda yg belum punya pengalaman, tetapi ingin sekali terjun ke dunia bisnis kosmetik ini, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memulai usahanya.

1. Mengikuti tren yang terjadi dan memahami keinginan konsumen

Hal pertama kali yang perlu anda pertimbangkan saat hendak memulai bisnis kosmetik  yang satu ini yakni dengan mengetahui tren apa yang sedang diperbincangkan. Anda pun dapat mengacu pada tren tersebut, apakah ingin menjual kosmetik ala Asia, Amerika, Timur Tengah, dan sebagainya. Ditambah lagi, setiap waktunya tren kosmetik ini selalu saja berubah.

2. Mempersiapkan modal

Berapakah jumlah modal yang anda sebagai pemula butuhkan jika ingin memulai suatu bisnis kosmetik? Jika ingin terjun ke dalam bisnis ini, faktanya tidak harus memerlukan modal yang sangat banyak. Hanya dengan modal sejumlah jutaan saja anda sudah bisa turun ke dalam bisnis kosmetik ini walaupun memiliki pengalaman yang sedikit.

3. Mengurus perizinan usaha

Mengurus perizinan tentunya harus dilakukan bagi setiap pelaku usaha bisnis kosmetik. Hal tersebut berguna supaya legalitas dari usaha yang anda jalani dapat terjamin. Tidak hanya itu, supaya produk-produk yang anda jual lebih mudah dipercaya dan memperoleh kredibilitas yang cukup baik.

Ada baiknya uruslah perizinan bisnis kosmetik ini dari pemerintah daerah setempat. Tidak lupa juga untuk mengurusnya dengan BPOM dan berusaha untuk mendapatkan sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia.

4. Mencari koneksi

Biasanya, para anggota di komunitas UMKM ini sangat rutin melaksanakan event pameran perdagangan. Dari event tersebut, anda dapat mempelajari dan mengambil banyak hal terkait apa saja yang diperlukan untuk memulai bisnis kosmetik.

5. Menemukan mitra kerja yang tepat

Jika di event pameran kecantikan tersebut anda telah memperoleh banyak inspirasi, selanjutnya kunjungilah pihak-pihak yang akan menjadi rekan kerja untuk bisnis kosmetik anda. Contohnya yaitu dengan melakukan pencarian laboratorium kosmetik yang sesuai.

Tentukanlah partner bisnis kosmetik yang visi misinya sesuai dengan keinginan anda. Meskipun bukan berasal dari background pendidikan kimia, tidak berarti anda harus sembarangan dalam menentukan partner kerja. Sebab, penentuan partner kerja juga dapat berpengaruh terhadap kualitas bahannya.

6. Menentukan metode penjualan produk

Menentukan metode penjualan produk yang sesuai juga salah satu langkah yang harus dipertimbangkan saat hendak memulai bisnis kosmetik ini. Apabila anda ingin menjual produknya secara offline, maka pastikan toko ada terletak di wilayah yang mudah dijangkau oleh target konsumen.

Namun jika ingin menjual produknya secara online, tidak ada salahnya bergabung ke situs-situs e-commerce. Bahkan bisa juga membuat situs toko online anda sendiri. Dengan mempunyai situs toko online pribadi tentunya anda akan lebih leluasa dalam mengendalikan bisnis kosmetik ini.

7. Melakukan promosi

Pada dasarnya di setiap usaha manapun, melakukan promosi merupakan sesuatu yang sangat penting dalam keberlanjutan suatu bisnis kosmetik. Semenarik apapun barang-barang yang dijual di pasaran, akan terasa sia-sia apabila dibarengi dengan metode promosi yang buruk.

Maka dari itu, sangat penting untuk produsen melakukan pemasaran yang optimal. Salah satunya yaitu hindari sikap malas untuk mengunggah foto-foto produk kecantikan anda di setiap sosial media.

Tips rahasia dan cara memulai bisnis kosmetik

9 Tips rahasia dan cara memulai bisnis kosmetik dari nol secara online

Di jaman yang sudah serba digital ini, tentunya sudah banyak sekali bisnis yang membuka tokonya secara online, tidak kecuali dengan bisnis kosmetik ini. Nah, jika anda berminat untuk memulai bisnis kosmetik secara online, lihatlah beberapa caranya di bawah ini!

1. Mempelajari ilmu bisnis

Jika ingin memulai suatu bisnis apapun, tentunya ilmu bisnis sangat penting untuk dipelajari. Ilmu ini nantinya akan memperkaya pengetahuan anda dari seluruh hal yang relevan dengan bisnis kosmetik yang akan dijalani, dalam hal ini yaitu produk kosmetik.

Metode membuka bisnis kosmetik secara online yang pas yaitu dengan mencari banyak wawasan dari berbagai cara. Dengan demikian, anda bisa mengetahui secara matang apa saja yang diperlukan di dalam bisnis kecantikan ini. Apalagi jika anda lebih memilih untuk mempunyai usaha kecantikan seorang diri, tentunya dari tahapan produksi sampai pengemasan harus anda ketahui dengan benar.

Dengan metode seperti itu juga anda bisa mengenal semua rekan sesama pelaku bisnis kosmetik yang sudah terlebih dahulu terjun ke industri produk kecantikan ini. Untuk itu, manfaatkanlah momen ini guna menambah banyak wawasan terkait ilmu di dunia kosmetik.

2. Mempersiapkan modal yang cukup

Modal merupakan salah satu elemen yang paling penting jika ingin memulai suatu bisnis kosmetik. Umumnya ketika hendak membuat sebuah bisnis kosmetik, para pelaku bisnis kosmetik harus menyiapkan terlebih dahulu jumlah modalnya. Modal awal ini akan mendukung segala kelancaran dalam perjalanan bisnis kosmetik. Untuk itu, sebagai tahap awal membuka bisnis kosmetik untuk mencapai target, buatlah rancangan untuk modal yang efisien.

Sebab apabila membuka bisnis kosmetik secara online, secara tidak langsung anda akan memangkas banyak biaya, seperti listrik, sewa ruang, pembangunan, hingga biaya pegawai. Karena dalam hal ini anda hanya menjual produk, tandanya tidak perlu lagi memikirkan biaya produksi.

3. Menentukan brand dan produk kosmetik yang sesuai

Setiap sektor usaha tentunya sangat perlu mengenali secara mendetail mengenai produk yang diperdagangkannya. Jika anda ingin membuka bisnis kosmetik, pastinya anda harus selalu update tentang dunia kecantikan di dalam setiap brand dan produk yang ada.

Supaya bisnis kosmetik dipercaya oleh customer, maka anda perlu menyuguhkan produk yang lengkap dan tentunya berkualitas. Untuk itu, pastikanlah terlebih dahulu brand dan produk kecantikan yang akan dijual.

4. Menentukan target pasar

Pada dasarnya membuka bisnis kosmetik secara online adalah hal yang sangat praktis. Hal itu karena metode pemasaran yang dipakai tergolong mudah dan bisa menjadi pekerjaan sampingan. Supaya produk anda laku di pasaran, ada baiknya tentukan juga target pasar sejelas mungkin guna memasarkan produk kecantikan.

5. Menentukan sentral bisnis

Meskipun anda sedang menjalankan bisnis kosmetik secara online, tetapi masih harus tetap menentukan sentral bisnis kosmetik sebagai wilayah guna menyimpan berbagai stok penjualan produk supaya tetap aman dan tidak hancur. Anda sangat membutuhkan suatu ruangan khusus untuk proses packing supaya kebersihan produk tetap terjaga. Dengan begitu, terdapat servis optimal untuk pelanggan setia.

Apalagi jika anda menciptakan sendiri produknya, jadi sangat perlu menyediakan tempat produksi serta menentukan lab untuk proses produksi. Maka hal itu tergantung kepada anda yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan brand ciptaan sendiri atau menjual kembali produk dari merek yang sudah terkenal.

6. Membuat situs pribadi

Situs atau website pemasaran tentunya sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan bisnis kosmetik secara online. Anda perlu mengenalkan setiap produk yang ditawarkan ke khalayak. Cara ini tentunya sangat perlu dilakukan dalam mengawali bisnis kosmetik online guna mendapatkan banyak pelanggan dari pengenalan produk tersebut.

7. Mendaftarkan usaha ke toko online

Toko online merupakan metode pemasaran khusus dalam menjalankan suatu bisnis kosmetik secara online. Pada toko online ini, anda dapat memasarkan berbagai produk yang dijual dengan disertai foto produk beserta informasi yang jelas dan detail. Untuk harganya, yakinkan kepada calon konsumen kalau harga yang dipasang sudah sesuai dengan harga pasaran.

8. Membuat akun sosial media

Karena bisnis kosmetik secara online, maka pembuatan akun media sosial benar-benar diperlukan guna mengenalkan produk yang dijual secara keseluruhan. Anda bisa memasarkannya melalui Facebook, Instagram, maupun Twitter dengan akun bisnis kosmetik sebagai metode untuk mendapatkan rekan online. Tentunya metode tersebut akan sangat efektif apabila dikerjakan secara optimal.

9. Melakukan promo

Jika anda sudah menjelaskan perihal produknya, membuat website perusahaan, serta mendaftarkan di online store, saatnya melakukan promosi. Untuk langkah permulaan ketika hendak mendirikan suatu bisnis kosmetik online, anda tentunya sangat perlu membuat promo secara optimal.

7 Alasan membuka bisnis kosmetik brand sendiri

1. Lebih bebas dalam berkreasi dan berinovasi

Jika anda teliti lebih mendalam, saat ini sudah banyak sekali di pasaran produk kecantikan yang terlihat menarik dan unik. Contohnya seperti lip serum, bath bomb, sampai berbagai macam produk yang memiliki kemasan dan tekstur yang lucu.

Nah dengan brand kosmetik yang dihasilkan sendiri, maka anda dapat lebih bebas dalam melakukan inovasi maupun kreasi dalam menciptakan produk yang unik. Bisa jadi produk yang dibuat menjadi inovasi terbaru di pasaran. Hingga akhirnya akan membangkitkan rasa penasaran dan minat dari calon konsumen.

2. Kualitas dari produk dapat lebih terkontrol

Dikarenakan anda terjun sendiri dalam proses membuat konsep ide, mengembangkan formula produk, sampai proses produksinya. Tentunya produk yang anda hasilkan sendiri memiliki kualitas yang sejatinya jauh lebih terkontrol dan terpercaya.

Anda juga dapat menjamin tentang keamanan dan kelayakan dari produk kecantikan yang nantinya akan diperjualbelikan. Hal itu tentunya akan sangat berbeda jika anda merupakan pihak kedua yang hanya mengedarkan sebuah produk yang sudah jadi. Pastikan akan sulit bagi anda untuk benar-benar bisa menjamin kualitas dan keamanan dari produk.

3. Mempunyai target pasar yang lebih jelas

Dengan menciptakan konsep produk sendiri dan menjamin keamanannya, hal itu juga akan berpengaruh kepada target pasar yang terbukti lebih jelas. Karena, dari adanya produk yang dijual tersebut, anda sebagai produsen mengetahui jelas bahan yang dikandungnya tidak boleh diaplikasikan untuk orang-orang yang memiliki suatu masalah kesehatan.

Begitu pula sebaiknya, diperbolehkan untuk dipakai oleh perempuan di suatu kalangan usia dan sebagainya. Hingga akhirnya anda dapat membuat suatu strategi marketing yang tentunya lebih terfokus dan lebih jelas. Dengan demikian, promosi yang anda gencarkan juga akan tepat pada sasaran dan membawa pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan produk.

4. Legalitas dan jaminan produk dapat diusahakan lebih mendalam

Saat ini para pemakai produk kosmetik dinilai lebih peduli terhadap keaslian dan keamanan dari produk yang ada di pasaran. Mereka tentunya akan benar-benar menimbang bahan-bahan apa saja yang dipakai dalam resep produk, bahkan kelegalan produk tersebut. Dengan membuat sendiri brand kosmetik, anda juga dapat memperjuangkan legalitas dan jaminan dari produk yang diciptakan.

Salah satunya dengan memasukkan secara resmi produk tersebut ke Halal MUI maupun BPOM. Sertifikat dari kedua badan hukum tersebut tentunya akan memverifikasi keamanan resep dan pemakaian produk kecantikan yang dihasilkan dari label bisnis kosmetik anda. Hal ini juga sangat berkaitan dengan kepercayaan konsumen yang semakin meningkat dan dapat mempermudahkan anda dalam mempromosikan produk yang akan dibuat.

5. Dapat disesuaikan dengan tren pasar maupun kebutuhan konsumen

Keunggulan berikutnya dari membuka bisnis kosmetik dengan brand kosmetik buatan sendiri, yaitu spesifikasi produk kecantikan yang dijual akan disesuaikan dengan kebutuhan para konsumen dan tren pasar. Setiap memakai produk dari bisnis kosmetik anda, pastinya ada beberapa konsumen yang secara sukarela menyebarkan pengalaman mereka selama memakai produk anda.

Adapun hal-hal yang mereka nilai yaitu, keefektifan resep produk, tekstur produk, sampai berbagai faktor yang membuat mereka kurang memuaskan.

6. Mendapat dukungan dari berbagai pihak

Dalam beberapa tahun ke belakang, industri kosmetik sedang mengalami suatu peningkatan yang begitu signifikan. Bahkan terdapat banyak pihak yang menyatakan bahwa tahun-tahun berikutnya fenomena ini akan senantiasa menaik. Dengan jumlah angka yang tidak sedikit tersebut, pada akhirnya industri kosmetik ini diperhatikan oleh pemerintah dan UMKM ataupun start up dengan industri yang sama juga mendapatkan dukungan dari pemerintah.

Selain dukungan dari pemerintah, terdapat beberapa perusahaan lokal juga menyatakan dukungannya kepada para pelaku bisnis kosmetik pemula, terutama kepada millennial yang menggunakan waktunya untuk menciptakan produk dan brand kosmetik sendiri.

7. Kemudahan dalam berproduksi

Masih banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa kini banyak orang yang sepertinya sangat gampang dalam menciptakan suatu produk kecantikan sendiri. Jawaban dari pertanyaan tersebut yaitu adanya jasa maklon kosmetik. Dengan adanya perusahaan maklon kosmetik ini, pastinya akan memotong usaha dan banyaknya jumlah modal yang akan dikeluarkan demi menciptakan merek kosmetik sendiri.

Contohnya, anda sudah tidak perlu ribet lagi mendirikan pabrik produksi, menggunakan jasa karyawan dan tenaga ahli, serta tidak terlalu sibuk dalam mengurus sertifikasi dan legalitas produk yang anda hasilkan sendiri.

Nah, dengan memperhatikan penjelasan di atas, apakah kamu berminat untuk memulai bisnis kosmetik dengan ciptaan dari brand sendiri? Segera lindungi merek bisnis kosmetik anda agar tidak digunakan pihak lain, hubungi konsultan merek Patendo.

Bagikan :
There are currently no comments.